sign up SIGN UP search


moms-life

Dijamin Ampuh, Ini 6 Tanaman Hias yang Bisa Bantu Usir Nyamuk di Rumah

Mutiara Putri   |   Haibunda Rabu, 01 Dec 2021 13:53 WIB
fresh basil herb in flowerpot on window caption
Jakarta -

Nyamuk adalah salah satu hewan paling menyebalkan yang ada di rumah, Bunda. Kalau sudah terkena gigitan nyamuk, Bunda tentu akan merasa kan gatal hingga bentol.

Banyak cara yang dilakukan untuk mengusir nyamuk, lho. Misalnya saja dengan menggunakan obat nyamuk bakar, oles, semprot, hingga menyiapkan raket nyamuk. Namun, ternyata ada banyak tanaman hias yang bisa mengusir nyamuk, nih.

Beberapa jenis tanaman hias memiliki aroma yang tak disenangi nyamuk, Bunda. Dengan begitu, Bunda bisa menempatkan tanaman hias ini di area tertentu yang banyak dihinggapi nyamuk.


Enggak perlu khawatir akan memperburuk penampilan rumah, Bunda. Tanaman hias pengusir nyamuk ini memiliki tampilan yang unik dan cantik sehingga cocok dijadikan dekorasi rumah.

Tanaman hias pengusir nyamuk

Bunda penasaran dengan jenis tanaman hias yang bisa mengusir nyamuk ini? Berikut ini Bubun bantu rangkumkan deretannya dari laman The Spruce.

1. Lantana

Bentuk bunga yang cantik dan variasi warna yang beragam, merupakan salah satu daya tarik yang dimiliki oleh tanaman hias bunga lantana. Tidak hanya itu, tanaman hias satu ini juga dikenal ampuh untuk mengusir serangan nyamuk lho Bunda.

The Journal of American Mosquito Control Association mengungkapkan bahwa, minyak ekstrak bunga yang terdapat dalam tanaman hias bunga lantana dikenal ampuh sekitar 94,5 persen untuk membasmi nyamuk.

Tidak hanya itu, minyak ekstrak bunga yang terdapat dalam tanaman hias bunga lantana juga mampu memberikan perlindungan terhadap gigitan nyamuk selama dua jam.

Banner Nola B3 Melahirkan di Usia 43 Tahun

2. Basil

Sebuah studi pada tahun 2009 mengungkapkan bahwa, kandungan minyak esensial yang terdapat dalam tanaman hias basil atau daun kemangi dikenal beracun bagi jentik nyamuk.

Tidak hanya itu, tanaman hias basil atau kemangi juga berfungsi ganda sebagai pengusir hama lho, Bunda. Bau tajam dari daun kemangi inilah yang dapat mencegah hama.

3. Catnip

Catnip merupakan tanaman hias yang masuk dalam keluarga mint yang sering tumbuh liar di halaman atau padang rumput. Walaupun begitu, tanaman ini juga dikenal populer sebagai pengusir nyamuk.

Dalam sebuah penelitian di Iowa State University, catnip atau yang juga dikenal dengan nama catmint ini ditemukan sepuluh kali lebih efektif daripada DEET, bahan kimia yang digunakan sebagai pembasmi serangga.

Nah, catnip ini merupakan tanaman hias yang bisa tumbuh tinggi. Oleh sebab itu, lokasi penanamannya perlu diperhatikan ya, Bunda, agar tidak menghalangi pandangan.

Klik baca halaman berikutnya untuk melihat deretan tanaman hias lainnya yuk, Bunda.

Bunda, lihat juga tanaman hias yang dianggap pembawa sial berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



LAVENDER HINGGA ROSEMARY
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!