sign up SIGN UP search


moms-life

Musim Hujan, Hati-hati 7 Tanaman Ini Rentan Mati Jika Kelebihan Air Bun

Nisa Hayyu Rahmia   |   Haibunda Selasa, 30 Nov 2021 04:00 WIB
Aloe Vera Plant in a light yellow pot in bright natural light. caption

Seperti yang telah Bunda ketahui, musim hujan kini tengah melanda berbagai daerah di Indonesia. Bunda mungkin khawatir akan tanaman kesayangan Bunda menjadi overwatering atau kelebihan air hingga menjadi busuk.

Tak dapat dihindari, beberapa tanaman memang rentan mati ketika musim hujan datang. Sebab, beberapa tanaman justru membutuhkan tanah yang kering dan tak memerlukan terlalu banyak air.

Hal ini perlu Bunda antisipasi secepatnya. Dikarenakan, melansir dari situs resmi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika milik pemerintah, Indonesia kabarnya telah memasuki musim hujan sejak Oktober lalu.


Disebutkan pula bahwa musim hujan diprakirakan akan terus berlanjut dengan puncaknya berada di Januari hingga Februari 2022 di sebanyak 244 (71,3%) zona musim atau ZOM. 

Wah, Bunda harus segera rencanakan langkah penyelamatan nih untuk tanaman Bunda yang tak bisa terkena banyak air. Bunda tentu menginginkan tanaman Bunda tetap hidup dan tumbuh dengan baik selama musim hujan.

Banner Nola B3 Melahirkan di Usia 43 Tahun

Dilansir dari The Spruce dan SF Gate, berikut tanaman yang rentan mati ketika musim hujan melanda.

1. Lidah buaya (Aloe spp.)

Lidah buaya atau aloe vera merupakan salah satu tanaman yang mudah mati jika terkena air terlalu banyak. Sebab, tanaman yang kaya manfaat ini tumbuh subur di iklim panas dan kering.

Lidah buaya akan mulai mengerut dan membusuk jika berada di tanah yang basah, apalagi jika hujan terus-terusan mengguyurnya.

2. Artichoke (Cynara cardunculus)

Sejatinya, artichoke yang merupakan jenis sayur merupakan tanaman yang berasal dari Mediterania selatan. Daerah tersebut memiliki iklim subtropis.

Tanaman ini sebenarnya hanya dapat bertahan di tanah yang kering dan membutuhkan sinar matahari penuh. Artichoke juga sangat tidak disarankan untuk terkena terpaan angin yang berlebihan. 

3. Geranium (Pelargonium × hortorum)

Kebanyakan varietas geranium atau pelargonium justru toleran terhadap panas dan kekeringan, bukan terhadap genangan air. Tanaman yang bunganya berwarna ungu ini membutuhkan tanah dengan kelembapan sedang dan pengeringan yang baik.

4. Kangaroo Paw (Anigozanthos spp.)

Anigozanthos adalah genus tanaman yang berhabitat asli di Australia. Tanaman ini tumbuh secara alami di daerah kering berpasir dan hanya dapat bertahan hidup di musim kemarau yang berkepanjangan berkat getah yang tersimpan di akarnya.

Masih ada empat tanaman lainnya yang mudah mati saat musim hujan karena kelebihan air. Klik baca halaman selanjutnya.

Cek 5 manfaat garam untuk tanaman berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



TANAMAN YANG RENTAN MATI DI MUSIM HUJAN: PATAH TULANG
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!