sign up SIGN UP search


moms-life

Setianya Suami Dampingi Kiki Fatmala Lawan Kanker, Rela Dipecat Demi Temani Berobat

ANNISAAFANI   |   Haibunda Sabtu, 14 May 2022 18:05 WIB
Kiki Fatmala caption
Jakarta -

Beberapa waktu yang lalu, artis Kiki Fatmala membagikan kisah soal perjuangannya melawan kanker, Bunda. Kabar tersebut pertama kali ia share melalui postingan di Instagram.

Belum lama ini, wanita kelahiran 52 tahun silam ini membongkar soal pengalamannya di masa-masa tersebut. Pada Maia Estianty, Kiki mengungkap bahwa vonis kanker ini datang secara tiba-tiba, padahal tak ada gejala sama sekali.

Kiki akui bahwa selama ini ia selalu memeriksakan kesehatan secara rutin setiap setahun sekali. Namun setahun terakhir, rutinitas itu ia lewatkan karena situasi pandemi COVID-19 yang amat tinggi.


Sampai pada akhir tahun 2021 lalu, Kiki dan suami bulenya, Christoper, kembali memeriksa kesehatan tubuh secara general. Kebetulan pula, temannya menambahkan pemeriksaan kanker dalam sesi tersebut.

Bagai petir di siang bolong, ternyata kanker benar-benar bersarang dalam tubuhnya, Bunda. Saat itu, dokter tak bisa memastikan stadium sebelum melakukan pemeriksaan lanjut. Meski begitu, prosedur tersebut tetap dilakukan demi menghindari hal yang tak diinginkan dan bisa segera dapat perawatan yang dibutuhkan.

Saat ditanya soal perasaan, Kiki mengakui bahwa ia dan suami saat itu tak bisa menerimanya begitu saja. Keduanya sama-sama tak nafsu makan, tidak bisa tidur, dan khawatir karena menjadi pikiran.

"Itu bener-bener enggak nafsu makan, enggak bisa tidur," akunya, dikutip dari channel YouTube MAIA ALELDUL TV pada Sabtu (14/5/2022).

Risiko-risiko terburuk pun sempat terpikirkan oleh pasangan tersebut, Bunda. Kiki bahkan menyebut bahwa sang suami sudah mengingatkannya untuk menentukan pemakaman dan warisan.

Bagaimana tidak, semua pikiran yang dianggap terlalu jauh itu pasti muncul, terlebih saat tahu kanker paru-paru itu sudah di tahap stadium empat dan divonis meninggal dalam waktu 6 bulan jika tak melakukan perawatan intensif.

"Itu bener-bener enggak nafsu makan, enggak bisa tidur. Dia sampai ngomong 'Kamu mau dikubur di mana?', terus 'Kamu juga belum bikin warisan, kamu enggak punya jadi tetap harus bikin warisan karena yang ditinggalin biasanya suka ribut'," kenangnya.

Kiki ingat, saat itu ia dan suami sama-sama berduka dan terus menangis bersama selama dua hari. Hingga pada akhirnya, mereka pun memilih untuk optimis dan fokus pada pengobatan yang harus dilalui.

"Saya harus fokus ke depannya, apa pengobatannya. Kita janji enggak mau nangis, enggak boleh keluar air mata. Kita harus pikirin ke depannya harus seperti apa, kita cari dokter, apa pengobatannya, seperti itu."

Simak kelanjutannya di halaman berikut ya, Bunda.

Bunda, simak juga 7 fakta tentang vaksin kanker serviks yang akan diwajibkan di Indonesia dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

BERSYUKUR PADA TUHAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!