sign up SIGN UP search


moms-life

Hobi Makan Mi, Ternyata Ini Rahasia Orang Jepang & China Tetap Sehat

Tim HaiBunda   |   Haibunda Sabtu, 16 Jul 2022 16:43 WIB
Bowl of cooked instant noodles with spices food ingredients on a grey wooden table tabletop view caption
Jakarta -

Bunda, pasti sudah sering dengar ya kalau mi disebut sebagai makanan yang enggak sehat. Apalagi kalau mi instan, yang banyak mengandung kalori sehingga cepat membuat tubuh gemuk.

Menurut beberapa riset, kalori di dalam sebungkus mi instan bisa lima kali lipat lebih tinggi dibanding nasi lho. Wah, pantas saja ya kalau makanan yang satu ini sering disarankan untuk dihindari.

Bahkan, beberapa orang mengeluh jadi sakit maag atau bahkan bisa terkena tipes jika kelebihan makan mi instan. Bumbu yang ada di dalam kemasan mi instan disebut sebagai bagian yang harus dihindari.


Namun, pernahkah Bunda terpikir mengapa orang Korea, Jepang, dan China tetap sehat padahal sering mengonsumsi mi? Sudah bukan rahasia lagi ya, mi menjadi makanan khas di ketiga negara tersebut.

Kuliner serba mi dari Korea, Jepang, dan China selalu menawarkan cita rasa yang susah ditolak. Bahkan, masyarakat Tionghoa memiliki kepercayaan tersendiri pada makna di balik makanan mi.

Kira-kira apa ya rahasia tubuh mereka tetap sehat meski sehari-hari makan mi instan? Ternyata, hal itu pernah dibahas oleh Dr. Zaidul Akbar, melalui sebuah ceramahnya lho, Bunda.

Bukan pada bahan atau cara mengolah mi, Bunda. Tapi, bagaimana gaya hidup mereka dalam keseharian yang lebih sehat dibanding masyakat Indonesia pada umumnya.

Kuncinya yaitu pada kemauan untuk membakar lemak, sehingga mereka tidak malas bergerak. Bahkan, masyarakat di negara tersebut dikenal sebagai orang-orang yang hobi jalan kaki nih. Wah, keren ya.

Jalan kaki dianggap sebagai olahraga ringan yang membawa banyak manfaat kesehatan. Serta bisa membakar lemak setelah mereka makan.

Salah satunya membakar lemak, menurunkan kolesterol, mencegah diabetes hingga menambah kekuatan otot. "Kalau yang pernah ke Hong Kong lihat orang jalan ke stasiun itu bisa 14.000 langkah," tutur dr Zaidul Akbar.

Tak hanya olahraga ringan, ada rahasia lain yang diterapkan orang-orang di negara Korea, Jepang, dan China tetap sehat meski makan mi. Apa saja?

LANJUTKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga yuk resep mi untuk tanggal tua dalam video di bawah ini:

(rap/rap)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!