sign up SIGN UP search

moms-life

Sejarah Mi Instan, Berawal dari Pengusaha Bangkit dari Bangkrut Usai PD II

Asri Ediyati Senin, 22 Nov 2021 20:16 WIB
Easy food, Dried instant noodles and hot water in a bowl. ilustrasi mi instan/ Foto: iStock
Jakarta -

Tahukah Bunda, Indonesia termasuk negara dengan konsumen mi instan terbesar kedua setelah China? Mengutip data World Instant Noodles Association, sekitar 12 miliar bungkus per tahun dikonsumsi oleh masyarakat di Indonesia, Bunda. Banyak banget ya?

Bicara soal mi instan, Bunda sudah tahu belum sejarah di baliknya? Mi instan 'lahir' di Jepang, tepatnya usai Perang Dunia Kedua. Ketika perang berakhir pada tahun 1945, penduduk Jepang masih hidup kelaparan.

Namun, seorang pengusaha gagal kelahiran Taiwan bernama Momofuku Ando menemukan ide brilian untuk mengentaskan kelaparan tersebut. Ando, kala itu sempat sukses dan kehilangan kekayaan, ia juga pernah masuk penjara karena penipuan.


Selepasnya dari penjara, Ando bertekad membangun kembali reputasi dan kekayaannya. Kemudian seseorang di kementerian pertanian Jepang mengatakan kepadanya bahwa mereka sangat ingin mencari cara untuk mendorong orang Jepang makan lebih banyak tepung gandum Amerika, bahan pokok dari bantuan AS pada saat itu.

Saat itulah,  Ando teringat sesuatu yang dia lihat di akhir perang, yaitu orang-orang yang kelelahan menunggu dengan sabar dalam antrean panjang untuk semangkuk sup mi ramen yang mengepul.

Namun, Ando berpikir, yang dibutuhkan adalah versi modern dan cepat dari comfort food kelas pekerja itu. Makanan yang mudah dibuat, dan tentunya menggunakan banyak tepung gandum Amerika.

Pada usia 48, Ando pun mencoba menjadi penemu makanan, Bunda. Dia 'menghilang' ke dalam gudang kayu di kebun belakangnya setiap hari selama setahun, di Ikeda, Osaka, Jepang.

Saat muncul kembali, Ando menemukan produk briliannya yaitu mi instan yang terlihat hampir identik dengan bata persegi panjang di tahun 1958. Ia kemudian namakan penemuannya Chikin Ramen.

Tempat Ando menemukan mi instan ini kemudian menjadi salah satu dari tiga museum mi instan di Jepang, Bunda. Kembali lagi ke kisah Ando, ia pada akhirnya mendirikan perusahaan makanan Nissin.

Tak cuma menemukan mi instan berbentuk balok, Mamofuku Ando juga menemukan produk mi instan lainnya. Baca ceritanya di halaman berikut.

Simak juga resep simpel mi instan carbonara:

[Gambas:Video Haibunda]



PENEMUAN MI INSTAN CUP & MI INSTAN LUAR ANGKASA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!