sign up SIGN UP search


moms-life

Cerita Wanita RI Dinikahi Bule, Komitmen Tanpa ART Dibantu Suami Urus Rumah Tangga

Annisa A   |   Haibunda Rabu, 20 Jul 2022 13:55 WIB
Pasangan Beda Negara Niken dan Suami Bule caption
Jakarta -

Menikah dengan bule dapat membawa banyak perubahan. Tak hanya menghadapi budaya berbeda, sebagian pasangan juga harus menetap di tempat yang baru.

Tak jarang, salah satu dari mereka harus mengalah dan mengikuti pasangan bule untuk menetap di negara mereka. Hal itu juga dialami oleh wanita Indonesia bernama Niken Havana.

Niken telah menikah dengan bule Australia bernama Justy, Bunda. Pasangan ini dikaruniai seorang putri cantik bernama Kimberly Grace Humphries.


Sejak dinikahi pria bule, Niken menjalani kehidupan barunya di Perth, Australia. Ia mengemban tugas sebagai seorang istri dan juga Bunda.

Tak hanya menghadapi perbedaan budaya, Niken juga harus beradaptasi dengan kehidupan rumah tangga. Ia perlu menjadi wanita yang mandiri ketika tinggal di negara asing, Bunda.

Tak pakai jasa ART karena mahal

Salah satu hal yang berbeda dari Indonesia adalah, asisten rumah tangga (ART) cukup jarang ditemukan di luar negeri. Tak hanya itu, biaya untuk menyewa jasa ART juga jauh lebih mahal dibandingkan di Indonesia. HaiBunda sudah mendapat izin untuk membagikan cerita Niken.

"Menikah dengan bule tinggal di negaranya memang semua harus bisa sendiri. Karena gaji ART di sini mahal. Dihitung per jam mulai dari Rp300 ribu," ungkap Niken, dikutip dari akun TikTok @kimberlyhumphries7.

Menyewa ART akan memakan biaya besar, Bunda. Oleh karena itu, banyak keluarga di luar negeri yang memilih untuk mengurus rumah tangga mereka sendiri.

Niken dan suaminya pun sepakat untuk mengurus rumah tangga secara mandiri. Meski begitu, bukan berarti bahwa Niken harus mengurus seluruh keperluan rumah tangga seorang diri.

Suami bule bantu urus rumah tangga

Niken bercerita, ia kerap dibantu oleh suaminya tercinta. Suami Niken akan membantunya mengurus rumah tangga untuk meringankan beban istri. Bagi masyarakat luar negeri, tugas seorang Bunda merupakan hal yang sangat berat sehingga membantu istri di rumah sudah menjadi kebiasaan para suami.

"Tapi bukan berarti semua pekerjaan rumah adalah tugas istri. Semua dikerjakan bersama, karena menurut mereka, tugas sebagai ibu adalah hal yang berat," ujar Niken.

Dalam video yang diunggah ke TikTok, suami Niken tampak senang mengurus kegiatan rumah tangga. Pria bule itu terlihat sedang merapikan kasur yang berantakan.

Tak hanya itu, suami Niken juga sering membuat masakan lezat. Dalam video,ia terlihat membuat berbagai macam hidangan mulai dari sandwich hingga steak.

Bagi tugas urus anak

Justy juga terlihat cekatan ketika menjemur pakaian, membersihkan lantai, hingga menjemur baju-baju bayi. Bahkan ketika putri mereka terbangun, ia dengan sigap bergantian mengurus anak. Di beberapa kesempatan, suami bule juga sering memberikan waktu me time untuk istri mereka.

"Makanya mereka sering ngajakin istri liburan agar tidak stres di rumah, dan memberi waktu istri buat belanja atau keluar sama teman dan gantian suami yang jaga anak," tutur Niken.

Bicara soal tinggal di luar negeri, ada juga kisah lainnya dari seorang Bunda asal Indonesia yang bekerja jadi cleaning service di luar negeri. Baca di halaman berikutnya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga video tentang kisah cinta bidan RI dengan pria Maroko:

[Gambas:Video Haibunda]



KISAH WANITA RI KERJA JADI CLEANING SERVICE
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!