sign up SIGN UP search


moms-life

Ingin Merdeka Finansial di Usia 50 Tahun Bun? Ini Tips dari Pakar

Amira Salsabila   |   Haibunda Selasa, 16 Aug 2022 19:10 WIB
Women hands holding saving account passbook. financial report passbook saving money finance and business rich concept. financial problems, unemployment due to pandemic covid-19. caption
Jakarta -

Siapa yang tidak ingin hidup dengan kebutuhan yang tercukupi walaupun sudah tidak bekerja lagi? Pastinya semua orang menginginkan hal ini, termasuk Bunda. Namun, dengan mencapai tujuan tersebut tentunya Bunda perlu mempertimbangkan banyak hal.

Hidup berkecukupan walaupun sudah tidak bekerja lagi bisa disebut dengan Merdeka Finansial atau sederhananya adalah kebebasan dari tanggungan keuangan yang perlu dipenuhi.

Nah, untuk membantu Bunda mencari tahu apa itu Merdeka Finansial dan bagaimana tips menyiapkan perencanaan untuk mencapai Merdeka Finansial. Yuk, simak artikel selengkapnya berikut ini, ya Bunda.


Apa itu Merdeka Finansial?

Ilustrasi tips keuangan atau resesiFoto: Getty Images/iStockphoto/PRImageFactory

Merdeka Finansial adalah kondisi saat seseorang memiliki investasi dan tabungan yang dapat menanggung kebutuhan sesuai dengan standar gaya hidupnya tanpa perlu tetap bekerja.

Rata-rata orang yang bisa mencapai Merdeka Finansial adalah orang-orang yang sudah berusia di antara 40 sampai 50 tahun. Namun, hal ini juga tergantung dengan gaya hidupnya, seperti bagaimana dia menabung selama ini, investasi apa saja yang sudah dilakukannya, dan sebagainya.

"Perjalanan menuju Merdeka Finansial bukanlah sesuatu yang mudah dilakukan dan tentunya membutuhkan pengorbanan gaya hidup, motivasi dan disiplin," kata Erick Marlissa, perencana keuangan dari Finante.id, kepada HaiBunda.

Untuk mencapai Merdeka Finansial tentunya Bunda perlu memperhatikan situasi keuangan saat ini, apakah situasi keuangan saat ini cukup memungkinkan untuk mencapai Merdeka Finansial atau belum? "Untuk itu kita terlebih dahulu perlu melakukan financial checkup," kata Erick.

Indikator merdeka finansial

Ada beberapa indikator yang bisa menjadi alat ukur apakah gaya hidup Bunda saat ini bisa mendukung untuk tercapainya Merdeka Finansial atau belum. Berikut adalah beberapa indikatornya:

  1. Nilai aset bersih
  2. Portofolio investasi
  3. Situasi utang
  4. Dana darurat
  5. Asuransi
  6. Cash flows

Bunda, hidup nyaman sesuai dengan kebutuhan bisa dikatakan Merdeka Finansial bila potensi income yang diterima dan akan diterima sudah berada dalam kendali, bukan dikendalikan oleh pihak ketiga.

"Contohnya, kita menerima passive income dari investasi yang dimiliki, dan bukan bergantung pada pemberi kerja, bisnis atau usaha, apa lagi tunjangan dari orang tua," kata Erick.

Lalu, bagaimana cara mencapai kemerdekaan finansial tersebut? Yuk, simak artikelnya berikut ini, ya Bunda.

Bunda, yuk, download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga video 5 tips mengatur keuangan rumah tangga para pasangan suami istri pekerja, di bawah ini, ya Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]

TIPS MENCAPAI MERDEKA FINANSIAL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!