sign up SIGN UP search

moms-life

Ingin Merdeka Finansial di Usia 50 Tahun Bun? Ini Tips dari Pakar

Amira Salsabila   |   Haibunda Selasa, 16 Aug 2022 19:10 WIB
TIPS MENCAPAI MERDEKA FINANSIAL
Tips Keuangan caption

Tips mencapai Merdeka Finansial

Ilustrasi Pengelolaan KeuanganFoto: Shutterstock/

Merdeka Finansial bisa dicapai dengan perencanaan keuangan yang sesuai dengan diri sendiri, tujuan hidup, dan termasuk persiapannya juga. Untuk mencapai Merdeka Finansial, Bunda perlu memperhatikan perencanaan keuangan yang dirangkum dari dari Finante.id, sebagai berikut:

1. Financial Checkup

Bunda perlu melakukan finansial check up agar bisa mengetahui di mana posisi dimulainya perjalanan menuju Merdeka Finansial.

2. Buatlah anggaran atau budget

“Dengan adanya budget, kita dapat mengatur pola pengeluaran yang berfokus pada kebutuhan dan meminimalkan pengeluaran yang berlebihan pada keinginan,” kata Erick. Oleh karena itu, untuk mencapai Merdeka Finansial, Bunda perlu mengatur pengeluaran dan pemasukan kebutuhan Bunda.


Banner Telapak Kaki Bayi

3. Lunasi utang

Jika ingin tercapai Merdeka Finansial, Bunda perlu secepatnya lunasi utang agar tidak menjadi beban keuangan di masa yang akan datang.

4. Siapkan dana darurat

Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Oleh karena itu, Bunda juga perlu memperhitungkan dampak situasi keuangan yang tidak diinginkan seperti pengeluaran dadakan di luar rencana.

5. Siapkan asuransi

Pikiran dan badan yang sehat berdampak pada produktifitas mencari penghasilan, financial behavior dan keputusan investasi. Dengan adanya asuransi, Bunda dapat melindungi aset agar tidak habis terpakai untuk membayar biaya obat dan fasilitas kesehatan.

6. Maksimalkan investasi

“Mencapai Merdeka Finansial membutuhkan disiplin dan komitmen berinvestasi reguler dengan kemampuan maksimal dari sumber income dan surplus yang ada,” jelas Erick.

7. Komunikasi dengan pasangan hidup atau keluarga

Bunda, komunikasi dengan pasangan juga sangat penting dalam hal ini. Hal ini perlu dilakukan agar Bunda dan pasangan dapat memiliki frekuensi pemikiran dan gaya hidup yang sama demi tujuan yang ingin dicapai.

8. Menghubungi perencana keuangan

Untuk mencapai target Merdeka Finansial, Bunda perlu menghubungi perencana keuangan untuk membantu Bunda mendapatkan panduan perencanaan keuangan profesional agar kita tetap berada dalam jalur yang tepat menuju tujuan yang ingin dicapai.

Nah, bagaimana Bunda? Sudahkah siap untuk mencapai Merdeka Finansial? Semoga bermanfaat, ya Bunda.

(asa)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!