sign up SIGN UP search

moms-life

Pneumonia 'Misterius' Tewaskan 4 Orang, Simak Penyebabnya Bun

Tim HaiBunda   |   Haibunda Minggu, 04 Sep 2022 11:13 WIB
Doctor in protective medical mask showing pen on x-ray in clinic. Diagnosis of pneumonia covid 19 concept caption
Jakarta -

Beberapa waktu lalu, kasus pneumonia 'misterius' yang melanda Argentina terus meningkat. Menurut laporan, hingga Sabtu (3/9/2022) tercatat ada 11 kasus dan empat di antaranya meninggal dunia, Bunda.

Hal ini tentunya menjadi perhatian banyak pihak karena dikhawatirkan akan terus meningkat, dan menjadi sesuatu yang berbahaya seperti COVID-19. Lalu, apa penyebab penyakit pneumonia 'misterius' yang sudah menewaskan 4 orang tersebut?

Otoritas kesehatan Argentina menduga, kemungkinan besar penyakit yang menyerang saluran pernapasan itu disebabkan oleh bakteri. Selanjutnya, memicu penyakit Legionnaires, yaitu salah satu jenis penyakit pneumonia yang disebabkan oleh bakteri Legionella.


Sebelumnya, Legionella ditularkan bukan dari kontak orang ke orang, Bunda. Namun, Legionnares bisa menyebar melalui udara, seperti misalnya dari ruangan berpendingin.

Badan kesehatan setempat kemudian mengumumkan bahwa sudah mengidentifikasi bakteri Legionella pada empat sampel. Terdiri dari tiga sampel pernapasan dan satu lainnya biopsi dari kasus kematian.

"Kecurigaannya adalah wabah Legionella Pneumophila. Data ini masih awal, dan menunggu diagnosis akhir," kata Dr Carla Vizzotti, Menteri Kesehatan negara itu, dalam sebuah pernyataan, dikutip dari CBS News.

Penularan Legionella

Legionella berbeda dengan wabah COVID-19 yang awal mulanya ditularkan melalui droplet manusia. Melansir NBC News, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS menyebut bahwa Legionella ditularkan ketika seseorang menghirup tetesan kecil air atau tidak sengaja menelan air yang mengandung bakteri ke dalam paru-paru.

Legionella sendiri merupakan salah satu jenis pneumonia yang serius. Pada 11 orang yang diobservasi dan menerima perawatan, salah satunya berusia 64 tahun dengan komorbidit. Pada saat didiagnosa Legionella, pasien tersebut menunjukkan gejala yang berat.

Penyakit ini pun terus berkembang dan menularkan tiga petugas klinik di mana mereka dirawat, Bunda. Seberapa bahaya bakteri Lagonella ini menular?

LANJUTKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Bunda, simak juga ISPA akut pada anak dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!