Sign Up search


moms-life

Heboh Virus Corona, Simak 4 Cara Pencegahannya

Siti Hafadzoh Jumat, 24 Jan 2020 18:09 WIB
Heboh Virus Corona, Simak 4 Cara Pencegahannya caption
Jakarta - Beberapa hari belakangan, masyarakat dikejutkan dengan penemuan virus corona (coronaviruses/ CoV) baru. Virus baru ini pertama kali ditemukan di Wuhan, China belum lama ini.

Melansir CNN Indonesia, wabah ini awalnya ditemukan pada 59 orang yang tinggal di dekat pasar ikan. Mereka menunjukkan gejala seperti pneumonia. Saat ini, di Indonesia sudah ada satu orang yang diduga alias suspect virus corona.

Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso mengisolasi satu pasien yang diduga terkena virus corona. Orang tersebut diketahui baru pulang ke Indonesia setelah pergi dari wilayah China.



Pasien ini mengalami demam di atas 38 derajat Celsius. Gejala lain yang dialaminya adalah radang tenggorokan, flu, dan batuk.

"Ketika masuk RS sudah demam di atas 38 derajat, radang tenggorokan dan flu batuk," kata Pompini Agustina, Pokja Penyakit Infeksi Emerging RSPI dikutip dari CNN Indonesia.

Pihak rumah sakit sedang melakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui kondisi pasien. Penelitian ini membutuhkan waktu 2-3 hari.

Saat ini pasien sudah masuk ruang isolasi. Uji laboratorium juga sedang dilakukan guna memastikan apakah pasien benar terjangkit virus corona.

Diisolasi, Satu Pasien di Indonesia Diduga Suspect Virus CoronaIlustrasi pneumonia/ Foto: iStock

"Saat ini sedang uji laboratorium untuk mengetahui lebih lanjut apa pasien benar-benar terkena Corona Virus atau tidak. Kita ambil sampel dahak dan cairan dalam hidung untuk penelitian," kata Pompini.

Dilansir situs resmi Badan Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO), terjadi sejumlah kasus pneumonia di Wuhan yang disebabkan oleh virus corona. Menurut pihak China, virus tersebut dapat menyebabkan sakit parah.

Selain China, virus ini juga teridentifikasi di Thailand dan Jepang. Bahkan, virus korona sudah menjangkit salah satu penduduk di negara tetangga, Singapura.

Dikutip dari Channel News Asia, korban virus ini adalah seorang pria berusia 66 tahun. Pria ini merupakan penduduk Wuhan yang datang bersama keluarganya ke Singapura.


Nah, supaya keluarga Bunda tidak tertular virus corona, ikuti langkah pencegahan berikut ini ya.

1. Mencuci tangan secara teratur.

2. Menutup mulut dan hidung ketika batuk dan bersin.

3. Memasak daging dan telur dengan matang.

4. Hindari kontak langsung dengan siapa pun yang menunjukkan gejala penyakit pernapasan seperti batuk dan bersin.

Bunda, ikuti tips membuat obat batuk alami berikut ini yuk:

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi