sign up SIGN UP search

moms-life

China Rilis Vaksin Booster COVID-19 Bebas Jarum Suntik, Bisa Dihirup Bun

Tim HaiBunda   |   Haibunda Selasa, 06 Sep 2022 16:50 WIB
Doctor in personal protective suit or PPE inject vaccine shot to stimulating immunity of woman patient at risk of coronavirus infection. Coronavirus,covid-19 and vaccination concept. caption
Jakarta -

Bagi beberapa orang, jarum suntik dianggap hal yang menakutkan. Apakah Bunda termasuk di antaranya? Jika iya, ada kabar baik nih, Bunda.

China baru saja menyetujui vaksin COVID-19 yang digunakan dengan cara menghirup lewat hidung. Pembuat vaksin CanSino menyebutkan produknya telah disetujui penggunaannya oleh regulator China sebagai dosis booster, yang mengikuti satu dosis yang disuntikkan sebelumnya.

Ini menjadi alternatif pertama untuk vaksin suntik yang digunakan selama pandemi COVID-19. Science Alert mencatat, vaksin inhalasi mengandung bahan yang sama dengan vaksin suntik digunakan di China. Namun, mesin nebulizer mengubahnya menjadi semprotan aerosol, dikutip Selasa (6/9/2022).


Uji klinis dari vaksin sebagai booster menunjukkan efektivitasnya sama seperti dua dosis yang digunakan di Asia dan benua lainnya.

Vaksin hirup ini dapat meningkatkan perlindungan di lapisan hidung serta saluran udara bagian atas. Tempat-tempat itu biasanya menjadi jalan virus masuk.

Vaksin CanSino mengandung potongan materi genetik. Dengan begitu tubuh manusia dapat mengenali virus tersebut.

Moderna dan Pfizer memperkenalkan bahan itu secara langsung. Namun CanSino menggunakan versi flu biasa yang tidak berbahaya untuk membawa informasi mengenai virus corona.

TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!