sign up SIGN UP search


moms-life

35 Kata-Kata Ali bin Abi Thalib tentang Kesabaran yang Menyentuh Hati

Tim HaiBunda   |   Haibunda Kamis, 22 Sep 2022 12:30 WIB
An Arab-American woman reads and snuggles with her elementary age daughter in her lap. They are both wearing traditional headscarves. 35 Kata-Kata Ali bin Abi Thalib Tentang Kesabaran yang Bisa Menyentuh Hati/Foto: Getty Images/iStockphoto/FatCamera
Jakarta -

Tidak bisa dipungkiri lagi, beberapa kata-kata bijak mungkin bisa mengubah perasaan seseorang, seperti kata-kata bijak yang satu ini, yakni kata-kata Ali bin Abi Thalib tentang kesabaran yang bisa menyentuh hati Bunda.

Ketika sedang berada dalam kondisi marah atas sesuatu, mungkin Bunda ingin sekali meluapkannya kepada orang tersebut. Namun, Allah SWT tidak mengajari umatnya untuk melakukan balas dendam kepada seseorang.

Ali bin Abi Thalib adalah salah satu sahabat Nabi Muhammad SAW yang dijaminkan masuk surga. Beliau dikenal selalu memberikan kata-kata bijak, termasuk salah satunya adalah kata-kata tentang kesabaran.


Banner Kiat Pilih Botol Susu untuk Anak

Banyak sekali kata-kata Ali bin Abi Thalib tentang kesabaran yang mungkin bisa Bunda renungkan kembali. Tidak hanya menyentuh hati, kata-kata bijak tersebut juga bisa membantu Bunda menjadi orang yang lebih baik lagi dalam menahan amarah.

Hal ini karena kata-kata bijak tersebut dapat membantu Bunda untuk meredakan amarah dan kekesalan terhadap sesuatu atau seseorang. Kata-kata ini juga bisa mengubah hati Bunda untuk tidak melakukan balas dendam kepada seseorang.

Lalu, apa saja kata-kata Ali bin Abi Thalib tentang kesabaran yang bisa mengubah Bunda menjadi orang yang lebih baik lagi dalam menahan amarah? Yuk, simak berikut ini, ya, Bunda.

35 Kata-kata Ali bin Abi Thalib tentang kesabaran

Inilah kumpulan kata-kata Ali bin Abi Thalib seputar kesabaran yang menyentuh sampai ke hati. Simak berikut ini, ya, Bunda.

  1. Kesabaran yang teguh akan memadamkan api nafsu.
  2. Telanlah amarahmu sebab kau tidak pernah menemukan minuman yang dapat meninggalkan rasa lebih manis dan lebih lezat daripada itu.
  3. Kesudahan sabar adalah positif dan menyenangkan.
  4. Perolehlah kesabaran dan ketabahan dengan iman yang sejati, seperti hubungan antara kepala dengan tubuh. tubuh tidak ada gunanya tanpa kepala, demikian pula iman yang benar tidak akan berguna tanpa sifat kepasrahan, ketabahan, dan kesabaran.
  5. Ketika dunia mendorongmu untuk berlutut, kamu berada dalam posisi yang sempurna untuk berdoa.
  6. Jangan biarkan kesulitanmu mengisimu dengan kecemasan, lagipula hanya di malam yang paling gelap bintang-bintang bersinar lebih terang.
  7. Kesabaran itu memastikan kemenangan.
  8. Ketahuilah bahwa sabar, jika dipandang dalam permasalahan seseorang adalah ibarat kepala dari suatu tubuh. Jika kepalanya hilang, keseluruhan tubuh itu akan membusuk. Sama halnya, jika kesabaran hilang, seluruh permasalahan akan rusak.
  9. Tersenyumlah bahkan jika hatimu meneteskan darah.
  10. Kemarahan itu seperti bola api, tapi jika kamu menelannya, itu akan lebih manis daripada madu.
  11. Bersabarlah dan jangan biarkan keinginanmu membuatmu gila.
  12. Bagi setiap bencana pasti ada batas yang berakhir padanya, sedangkan obatnya adalah sabar terhadapnya.
  13. Seseorang yang tidak memperoleh manfaat kesabaran akan mati dalam kesedihan
  14. Keutamaan dalam kesabaran adalah salah satu nilai moralitas dan merupakan kebiasaan terbaik yang dapat dikembangkan seseorang.
  15. Rasa sabar yang datangnya dari Allah SWT sebanding dengan luasnya musibah yang kamu alami. Jika kamu menunjukkan keresahan, kejengkelan, dan keputusasaan dalam bencana, maka kesabaran dan usahamu sia-sia.
  16. Dua hal yang mendeskripsikanmu: kesabaran saat tidak memiliki apa-apa dan sikapmu ketika mempunyai segalanya.
  17. Seseorang yang bersabar tidak akan pernah kehilangan kesuksesan meskipun membutuhkan waktu yang lama untuk mencapainya.
  18. Yakinlah bahwa ada sesuatu yang menunggumu setelah banyak bersabar, yang akan membuatmu terpana hingga kau lupa betapa pedihnya rasa sakit.
  19. Orang yang bijak adalah penyimpan rahasia yang paling aman, keceriaan adalah kunci persahabatan, kesabaran, dan ketabahan menyembunyikan banyak kekurangan.
  20. Satu momen kesabaran saat marah akan mencegah seribu penyesalan.
  21. Buanglah darimu segala kesusahan yang menimpamu dengan kesabaran yang teguh dan keyakinan yang baik.
  22. Sesungguhnya di antara perbendaharaan kebajikan adalah sabar terhadap segala musibah dan menyembunyikan musibah itu.
  23. Sabar adalah kendaraan yang tidak akan menjatuhkan pengendaranya.
  24. Emas diuji dengan api, dan orang mukmin diuji dengan cobaan.
  25. Orang yang bersabar pasti akan meraih keberuntungan, meskipun itu diperoleh setelah waktu yang lama.
  26. Aku akan bersabar sampai kesabaran lelah dengan kesabaranku.
  27. Memaafkan adalah balas dendam terbaik.
  28. Ada kunci untuk setiap pintu, dan fajar untuk setiap malam yang gelap.
  29. Angin tidak berhembus untuk menggoyangkan pepohonan, melainkan menguji kekuatan akarnya.
  30. Lepaskanlah apa yang telah berlalu.
  31. Melalui kesabaran, hal-hal besar tercapai.
  32. Berpikirlah positif, tidak peduli seberapa keras kehidupanmu.
  33. Lepaskanlah apa pun yang membuatmu stres dan sedih.
  34. Kehidupan itu cuma dua hari. Satu hari berpihak kepadamu dan satu hari melawanmu. Maka pada saat ia berpihak kepadamu, jangan bangga dan gegabah, dan pada saat ia melawanmu bersabarlah. Karena keduanya adalah ujian bagimu.
  35. Kesabaran itu ada dua macam: sabar atas sesuatu yang tidak kau ingin dan sabar menahan diri dari sesuatu yang kau ingini.

Nah, itulah beberapa kumpulan kata-kata Ali bin Abi Thalib seputar kesabaran yang bisa menyentuh hati. Semoga bermanfaat, ya, Bunda.

Bunda, yuk, download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga video 15 nama bayi laki-laki Islami berawalan huruf A, B, dan C yang ada di bawah ini, ya, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]

(asa)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!