sign up SIGN UP search

moms-life

12 Tips Frugal Living agar Cepat Kaya, Kontrol Biaya Makan hingga Catat Pengeluaran

Amira Salsabila   |   Haibunda Rabu, 16 Nov 2022 15:12 WIB
Ilustrasi tips keuangan atau resesi caption
Jakarta -

Banyak orang yang ingin cepat kaya, tetapi dengan gaya hidup mereka yang boros mungkin menjadi hambatan utamanya. Namun, dengan mengikuti jurus frugal living, Bunda bisa mencapai target keuangan yang diinginkan, lho.

Gaya hidup frugal living artinya Bunda menjalani kebiasaan hemat, sadar akan pengeluaran, dan mulai fokus pada prioritas keuangan. Dalam artian lain, Bunda perlu berhati-hati dalam memutuskan pengeluaran.

Gaya hidup frugal living terdiri dari beberapa jurus yang bisa Bunda ikuti. Nah, bagi Bunda yang penasaran bagaimana jurus frugal living demi mencapai target keuangan yang diinginkan, simak berikut ini, ya, Bunda.


12 Jurus frugal living

Melansir dari laman CNBC, menjalani gaya hidup ini membutuhkan keterampilan dan kreativitas tersendiri. Berikut adalah jurus frugal living yang dapat membantu Bunda kaya lebih cepat:

1. Catat pengeluaran

Membuat catatan pemasukan dan pengeluaran keuangan adalah hal utama yang dapat Bunda lakukan untuk hidup hemat. Bunda perlu tahu uang tersebut pergi ke mana. Bunda dapat mencatatnya dalam jurnal, menggunakan aplikasi pengelola keuangan, atau membuat tabel pengeluaran finansial.

2. Kontrol biaya makan

Bunda juga perlu mengontrol pengeluaran untuk makan sehari-hari. Terapkan disiplin diri bahwa budget uang makan tidak boleh melebihi aturan.

3. Jual barang yang sudah tidak terpakai

Jurus lainnya untuk cepat kaya adalah menjual barang-barang yang sudah tidak terpakai. Alih-alih menyimpannya dan menjadi sampah, lebih baik dijual agar lebih menguntungkan.

4. Cerdik memilih transportasi

Ketika ingin pergi menggunakan transportasi umum, Bunda juga perlu mempertimbangkan untuk menggunakan transportasi yang lebih murah dan aman.

5. Sortir biaya langganan platform

Dalam hal ini, Bunda perlu memilih salah satu platform yang sering digunakan. Hindari menghabiskan banyak uang untuk sesuatu yang jarang digunakan, ya, Bunda.

6. Manfaatkan diskon

Sebagian besar orang mungkin tidak akan melewatkan jurus yang satu ini, Bunda tetap bisa membeli barang yang diinginkan, tetapi dengan memanfaatkan promo atau diskon. Hindari membeli barang-barang hanya karena itu sedang menjadi trend, ya, Bunda.

TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

Bunda, yuk, download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga video tips hemat belanja bulanan yang ada di bawah ini, ya, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]

(asa/asa)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!