sign up SIGN UP search


moms-life

Waspada Bun, Gejala Omicron Subvarian BN.1 Disebut Mirip dengan Flu Biasa

Amira Salsabila   |   Haibunda Sabtu, 19 Nov 2022 12:55 WIB
Ilustrasi wanita pakai masker diperiksa suhu saat pandemi COVID-19 Waspada Gejala Subvarian Omicron BN.1 yang Mirip Flu Biasa/Foto: Getty Images/iStockphoto/PeopleImages
Jakarta -

Bunda, pandemi COVID-19 belum usia. Semua masyarakat perlu berhati-hati dengan subvarian Omicron BN.1, mutasi virus corona yang gejalanya disebut hampir sama dengan penyakit flu biasa.

Meski saat ini Indonesia telah memasuki new normal, virus corona masih menyebar di lingkungan sekitar dan bisa bermutasi menghasilkan varian yang baru lagi. Oleh sebab itu, untuk memutus rantai penyebaran COVID-19 yang baru ini, Bunda perlu menerapkan protokol kesehatan dengan baik.

Subvarian Omicron BN.1 yang tengah menjadi perbincangan hangat ini perlu diwaspadai karena gejalanya hampir mirip dengan flu biasa, lho, Bunda.


Lalu, apa saja gejala yang ditimbulkan dari subvarian Omicron BN.1 agar masyarakat waspada? Simak berikut ini, ya, Bunda.

Gejala subvarian Omicron BN.1

Sejak munculnya virus corona pada akhir 2019 lalu, banyak mutasi baru yang menimbulkan banyak korban. Karenanya, untuk menghindari banyaknya pasien dan korban dari virus ini, Bunda perlu hati-hati dengan gejalanya dan terus menerapkan protokol kesehatan.

Sebelumnya, mutasi virus corona yang satu ini telah terdeteksi di beberapa negara, mulai dari Amerika Serikat hingga India. Meski Indonesia belum menemukan kasus subvarian Omicron BN.1, Bunda perlu mewaspadai gejalanya.

Secara umum, gejala COVID-19 yang ditimbulkan oleh subvarian ini sama dengan yang lainnya. Subvarian ini memicu gejala ringan hingga sedang. Melansir dari laman CNN, berikut beberapa gejala subvarian Omicron BN.1:

  • Sakit tenggorokan
  • Batuk
  • Kelelahan
  • Pilek
  • Sakit kepala
  • Nyeri sendi/otot

Beberapa gejala yang disebutkan tersebut hampir mirip dengan ciri-ciri flu biasa. Namun, yang membedakan flu biasa dengan COVID-19 adalah jenis batuk yang muncul.

Pada flu biasa, biasanya batuk cenderung mengeluarkan dahak, sedangkan pada kasus COVID-19, batuknya bersifat kering dan ada juga beberapa produksi lendir.

Meski gejala yang ditimbulkan dari varian ini berada di tingkat ringan hingga sedang, Bunda tetap perlu hati-hati, terutama pada anak-anak. Hal ini khawatir bisa menimbulkan kondisi yang lebih parah.

Lalu, jika merasakan beberapa gejala tersebut, apa yang perlu Bunda lakukan untuk memastikan itu hanya flu biasa dan bukan COVID-19?

TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

Bunda, yuk, download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga video penjelasan gagal ginjal akut yang disebut berkaitan dengan COVID-19 di bawah ini, ya, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]

(asa/pri)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!