sign up SIGN UP search

moms-life

Kisah Tragis Miliarder Wanita Termuda, Kini Dipenjara 11 Tahun

Amira Salsabila   |   Haibunda Senin, 21 Nov 2022 19:17 WIB
Elizabeth Holmes caption
Jakarta -

Elizabeth Holmes adalah salah satu wanita yang sempat disebut sebagai miliarder wanita termuda di dunia. Namun, kini dirinya dijatuhi hukuman 11 tahun penjara akibat kasus penipuan yang ia lakukan.

Pendiri start-up Theranos ini dijatuhi hukum tersebut lantaran telah terbukti bersalah menipu investor mengenai tingkat efektivitas alat tes darah buatan perusahaannya itu. Karena hal ini, ia harus menanggung akibatnya.

Akibat ulahnya itu, Elizabeth menghancurkan perusahaan rintisan yang telah ia bangun dari 0, lho, Bunda. Holmes dinyatakan bersalah pada 11 Januari di Pengadilan Distrik AS untuk Distrik Utara California.


Menghabiskan waktu 11 tahun di balik jeruji besi bukanlah waktu yang sebentar, Bunda, Elizabeth terus menangis mengatakan bahwa dirinya sangat menyesal melakukan hal tersebut.

“Saya menyukai Theranos. Ia adalah pekerjaan saya. Tim saya sangat berarti bagi saya. Saya hancur karena kegagalan saya. Saya sangat menyesal. Saya memberikan semua yang saya miliki untuk membangun perusahaan saya,” ujar Holmes, dikutip dari laman CNBC.

Sebelumnya diketahui tim pembela Holmes menyarankan untuk memberikan Holmes hukuman maksimal 18 tahun. Namun, sebaliknya, dia diberikan hukuman selama 135 bulan atau 11 tahun 3 bulan penjara.

The Wall Street Journal mengungkap kisah bagaimana perjuangan Holmes memenuhi harapan investor pada 2015.

Pengungkap fakta dan saksi muncul memberikan laporan terperinci soal tindakan Holmes dan mantan kepala operasi, Ramesh “Sunny” Balwani, menipu pasien, mitra, investor, dan karyawan tentang perkembangan perusahaan dan kemampuan teknologinya.

Setelah mendapatkan US$9 miliar atau setara dengan Rp141 triliun dari investor swasta, Holmes resmi menutup Theranos pada 2018.

Setelah terbukti bersalah dan dinyatakan hukuman 11 tahun penjara, Holmes terus mengatakan bahwa dirinya merasa bersalah karena telah mengecewakan banyak pihak.

“Terima kasih sudah menerima saya. Terima kasih atas kesopanan dan rasa hormat yang telah Anda tunjukkan kepada saya,” ujar Holmes. “Saya merasakan rasa bersalah yang mendalam atas apa yang dialami orang-orang karena saya mengecewakan mereka. Kepada investor, pasien, saya minta maaf.”

Sementara itu, jaksa menuntut hukuman 15 tahun untuk mantan miliarder yang berusia 38 tahun itu, lho, Bunda.

TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

Bunda, yuk, download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga video kisah hidup Erlyanie, mantan ART yang sekarang jadi miliarder yang ada di bawah ini, ya, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]

(asa)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!