sign up SIGN UP search


moms-life

Gelar KUPI II, Ajak Masyarakat Sadar Pentingnya Peran Ulama Perempuan untuk Peradaban dan Keadilan

Amira Salsabila   |   Haibunda Rabu, 23 Nov 2022 15:26 WIB
Konferensi Pers KUPI 2 Gelar KUPI II, Ajak Masyarakat Sadar Pentingnya Peran Ulama Perempuan untuk Peradaban dan Keadilan/Foto: Konferensi Pers KUPI 2
Jakarta -

Setelah sukses menyelenggarakan kongres pertama pada 2017, KUPI hadir kembali dengan mengangkat tema ‘Meneguhkan Peran Ulama Perempuan untuk Peradaban yang Berkeadilan,’ pada 23-26 November 2022.

KUPI kedua ini diselenggarakan untuk merefleksikan perjuangan para perempuan dan memperjuangkan hak-hak perempuan dari perspektif Islami yang akan dipaparkan oleh para ulama perempuan.

Sesuai dengan tujuannya sebagai tempat meneguhkan keadilan masyarakat terutama para perempuan, KUPI mengangkat tema untuk meneguhkan peradaban ulama perempuan untuk membangun peradaban yang berkeadilan.


“Kongres ulama perempuan itu merupakan tempat, di kongres kedua itu mengangkat tema meneguhkan peradaban ulama perempuan untuk membangun peradaban yang berkeadilan,” ujar Pera Sopriyanti, direktur Rahima dalam Konferensi Pers Meneguhkan Peran Ulama Perempuan untuk Peradaban yang Berkeadilan.

Sementara itu, Pera juga menyampaikan bahwa KUPI kedua merupakan kelanjutan dari KUPI pertama yang mana eksistensi perempuan sudah mulai diakui dan diterima.

“KUPI II ini merupakan follow up dari KUPI pertama di mana eksistensi para perempuan sudah mulai diakui, sudah mulai diterima, bahkan tulisan tentang ulama perempuan, pemikirannya, gerakannya, sudah mulai diterima oleh pemerintah, ormas agama, dan masyarakat,” jelas Pera.

“Karena itu di KUPI kedua meneguhkan keberadaan ulama perempuan untuk mewujudkan peradaban yang berkeadilan,” tambahnya.

Banyak membicarakan isu-isu keadilan gender

Dengan adanya kongres ini, KUPI mengajak agar masyarakat sadar akan pentingnya peran ulama perempuan untuk mewujudkan peradaban dan keadilan masyarakat, terutama hak-hak perempuan.

“Ulama perempuan adalah orang-orang atau individu-individu yang beriman, punya pengetahuan, bergerak bersama-sama untuk membangun peradaban yang berkeadilan dengan sama sekali tidak boleh melupakan perempuan,” jelas Kyai Faqihudin Abdul Qodir, Sekretaris SC KUPI 2.

Sementara itu, Faqih juga menjelaskan bahwa kongres ini juga akan membahas banyak isu-isu, gagasan terkait dengan keulamaan perempuan.

“Kongres ini adalah konsolidasi, refleksi, dan pengetahuan serta gerakan. Jadi, dalam kongres ini kita akan membicarakan isu-isu gagasan terkait dengan keulamaan perempuan,” tambahnya.

KUPI 2 akan diselenggarakan mulai dari 23-26 November 2022 dengan membahas isu-isu pentingnya peran ulama perempuan. Yuk, lanjut baca halaman berikutnya, ya, Bunda.

Bunda, yuk, download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga video RUU TPKS disahkan setelah 10 tahun yang ada di bawah ini, ya, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]

KUPI 2 DIGELAR DI SEMARANG DAN JEPARA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!