sign up SIGN UP search


moms-life

5 Gejala COVID-19 yang Aneh, Salah Satunya Muncul 'Bulu' di Lidah

ANNISAAFANI   |   Haibunda Rabu, 23 Nov 2022 15:35 WIB
Toothache, Beautiful Woman with Tooth Infection Ilustrasi/ Foto: Getty Images/iStockphoto/yourstockbank
Jakarta -

Umumnya terinfeksi COVID-19 ditandai dengan beberapa gejala, yakni demam, sakit tenggorokan, batuk, hingga anosmia. Tapi di luar itu, ternyata ada gejala tidak biasa yang bisa dialami orang saat terpapar virus tersebut, Bunda.

Gejala-gejala ang muncul ini pun memiliki kesan yang aneh.Bahkan, ini terdengar seperti kutukan dalam dongeng pengantar tidur. Beberapa Gejala itu mulai dari muncul bulu di lidah, jari kaki berubah warna, dan tanda-tanda aneh lainnya.

"Setiap penyakit menular memiliki manifes yang umum dan tidak biasa," kata dokter spesialis penyakit menular di NYU Langone Health, Mark Mulligan, sebagaimana dilansir dari New York Times.


Para dokter memang belum bisa memastikan kenapa ada orang yang bisa mengalami gejala tidak biasa dari infeksi SARS-CoV-2 ini. Genetika pun dianggap jadi salah satu biang kerok gejala-gejala aneh ini bisa bermunculan.

Berikut beberapa gejala aneh COVID-19 yang tidak biasa:

1. Muncul bulu di lidah

Sel-sel di lidah yang sehat biasanya beregenerasi dengan cepat. Tapi, sel ini ternyata bisa bertahan dan menumpuk satu sama lain. Sel itu akan membentuk pertumbuhan berlebih yang gelap, tebal, dan tidak jelas, mirip seperti bulu lidah.

Bulu lidah ini sebenarnya sudah dikenal jauh sebelum COVID-19 muncul. Dokter bisa menemukan lidah berbulu pada pasien dengan infeksi virus tertentu, perokok, penggunaan antibiotik, dan orang-orang yang tidak menjaga kebersihan.

Gejala sensasi seperti ada bulu di lidah ini umumnya bersifat sementara. Ada juga beberapa kasus yang dibarengi dengan sensasi terbakar di area mulut.

Untuk menghilangkannya, Bunda bisa menggunakan pengikis lidah atau sikat gigi. Menjaga kebersihan mulut yang baik untuk mencegah penumpukan juga perlu dilakukan.

2. Kesemutan

Kesemutan bisa terjadi karena sel kekebalan tubuh sedang berusaha melawan infeksi. Para peneliti di Washington University menemukan bahwa orang yang dinyatakan positif COVID-19 tiga kali lebih mungkin mengalami kesemutan hingga mati rasa atau kebas.

3. Ruam

Virus dapat menyebabkan ruam. Berbagai macam penyakit kulit juga bisa dialami pasien COVID-19. American Academy of Dermatology Association menemukan benjolan yang gatal, melepuh seperti cacar air, ruam yang membentuk pola pada kulit, dan benjolan sebagai kondisi kulit potensial yang terkait dengan COVID-19.

TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI. 


Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen. 

Simak juga 6 pertolongan pertama atasi demam anak pasca vaksin dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(AFN/som)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!