sign up SIGN UP search


moms-life

Bruntusan di Jidat Ganggu Penampilan? Sembuhkan dengan Cara Ini

Amira Salsabila   |   Haibunda Jumat, 25 Nov 2022 06:50 WIB
woman look mirror with acne problem in the bath room Bruntusan Tak Kunjung Hilang? Ini Penyebab dan Cara Menyembuhkannya, Bun/Foto: Getty Images/iStockphoto/RyanKing999
Jakarta -

Salah satu masalah kulit yang sering dialami kebanyakan orang adalah bruntusan di jidat. Masalah kulit yang satu ini memiliki banyak faktor penyebab, baik itu faktor internal maupun eksternal.

Kebanyakan orang mengira bahwa bruntusan disebabkan oleh jerawat, tetapi faktanya ini bukan satu-satunya penyebab. Bruntusan di jidat bisa disebabkan oleh sel kulit mati hingga alergi.

Secara umum, perawatan kulit untuk menghilangkan bruntusan di jidat tidak sulit kok, Bunda. Bunda masih bisa menyembuhkannya sendiri di rumah melalui rangkaian skincare yang disarankan.


Namun, sebelum mengetahui bagaimana cara menghilangkannya, Bunda perlu tahu terlebih dahulu apa saja faktor yang bisa menyebabkan bruntusan.

Penyebab bruntusan di jidat

Meski bruntusan lebih menonjol di antara mereka yang memiliki kulit berminyak, itu bukan satu-satunya alasan mengapa seseorang mengalami bruntusan. Salah satu area umum bruntusan, sebagian besar adalah jidat.

Berikut adalah beberapa faktor yang menyebabkan munculnya bruntusan pada jidat:

1. Perubahan hormonal

Melansir dari laman Times of India, ketidakseimbangan dan perubahan hormon adalah salah satu alasan terbesar munculnya jerawat di jidat. Perubahan tubuh pada masa pubertas dapat menimbulkan berbagai variasi pada tubuh dan bruntusan adalah salah satunya.

2. Stres

Stres juga dapat memicu munculnya bruntusan di jidat. Stres bisa menyebabkan banyak masalah kulit seperti penuaan dini, kerutan, dan mempengaruhi regulasi sebum yang ideal. Saat produksi minyak menjadi rusak, sebum yang berlebih dapat memicu jerawat dan bruntusan, lho.

3. Kelebihan minyak

Penyebab bruntusan hampir sama semua gejala jerawat, yakni dimulai dengan kelebihan minyak yang diproduksi oleh kelenjar sebaceous. Minyak ekstra yang dikirim melalui pori-pori untuk melindungi dan melembapkan kulit, terkadang bisa tersumbat saat menuju permukaan kulit, dan menciptakan bruntusan.

4. Iritasi riasan

Iritasi dari bahan kimia pada kosmetik juga bisa menyebabkan bruntusan, terutama jika kulit Bunda sensitif. Mungkin Bunda akan mengalami breakout setelah menggunakan merek make up baru.

5. Terlalu sering menyentuh wajah dengan tangan kotor

Menyentuh wajah dengan tangan kotor juga dapat menyebabkan bruntusan dan jerawat, lho. Jari-jari Bunda menyimpan minyak dan bakteri ke kulit, dan masuk ke dalam pori-pori Bunda.

Itulah beberapa hal yang menyebabkan munculnya bruntusan pada jidat Bunda. Lalu, bagaimana cara menyembuhkannya?

Lanjut baca halaman berikutnya untuk mengetahui bagaimana cara menyembuhkan bruntusan di jidat, yuk, Bunda

Bunda, yuk, download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga video 5 faktor penyebab kulit bruntusan yang ada di bawah ini, ya, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]

CARA MENYEMBUHKAN BRUNTUSAN DI JIDAT
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!