sign up SIGN UP search

moms-life

Cara Menghilangkan Bruntusan dengan Bahan Alami, Wajib Coba Tea Tree Oil

Amira Salsabila   |   Haibunda Jumat, 26 Aug 2022 06:30 WIB
Girl with towel is lookin in a mirror caption
Jakarta -

Sama seperti kulit kusam, berminyak, atau berjerawat. Bruntusan adalah salah satu masalah kulit yang sangat mengganggu penampilan. Jika itu terjadi, simak cara menghilangkan bruntusan di artikel ini, Bunda. Baca sampai selesai, ya!

Di luar sana memang banyak produk komersial yang menjual berbagai macam skincare untuk menghilangkan bruntusan. Namun, tidak jarang beberapa produk tersebut membuat kulit menjadi iritasi dan memperburuk kesehatan kulit Bunda.

Hal ini mungkin bisa terjadi karena beberapa faktor, salah satunya karena kulit Bunda tidak cocok dengan bahan kimia yang terkandung di dalamnya. Tapi, Bunda tak perlu khawatir.


Banner Diet Nanas

Ada cara menghilangkan bruntusan yang alami dengan bahan-bahan yang bisa ditemukan di rumah. Seperti misal, dengan mengoleskan tea tree oil, menggunakan masker teh hijau, hingga mengoleskan gel lidah buaya.

Cara alami menghilangkan bruntusan dengan bahan alami

Melansir dari laman Healthline, berikut adalah 4 cara yang dapat Bunda lakukan untuk menghilangkan bruntusan pada wajah Bunda.

1. Menghilangkan bruntusan dengan tea tree oil

Tea tree oil yang diekstraksi dari daun pohon Melaleuca alternifolia ini berasal dari Australia. Minyak ini terkenal karena kemampuannya untuk melawan bakteri dan mengurangi peradangan pada kulit.

Satu studi menemukan bahwa 5 persen tea tree oil hampir empat kali lebih efektif dalam mengurangi jerawat hingga bruntusan yang ada pada wajah Bunda.

Perawatan bruntusan dengan tea tree oil ini juga menghasilkan lebih sedikit efek samping, termasuk kekeringan, iritasi, dan rasa terbakar pada kulit.

2. Menghilangkan bruntusan dengan memanfaatkan essential oil lainnya

Selain tea tree oil, banyak essential lainnya dengan sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang dapat membantu membersihkan jerawat hingga bruntusan dengan cepat, di antaranya essential oil dari cinnamon, mawar, lavender, dan cengkeh.

Mengutip dari Healthline, sebuah studi membandingkan kemampuan mengatasi jerawat antara essential oil dari cengkeh dan kemangi, dengan 10% benzoil peroksida, dan plasebo. Hasilnya menunjukkan penggunaan essential oil cengkeh dan kemangi lebih efektif dalam mengatasi bruntusan dan jerawat.

Perlu diingat, mengoleskan essential oil langsung ke kulit mungkin akan menimbulkan reaksi negatif. Jadi sebelum menggunakannya secara keseluruhan, coba dulu di sebagian kecil kulit ya Bun untuk mengetahui bagaimana respon kulit Bunda.

3. Menghilangkan bruntusan dengan mengoleskan teh hijau ke kulit

Banyak orang minum teh hijau untuk manfaat kesehatannya, tetapi tidak banyak yang tahu bahwa teh hijau juga bisa jadi perawatan kulit, lho, Bunda. Teh hijau yang mengandung flavonoid dan tanin, yang dikenal dapat membantu melawan peradangan dan bakteri yang dapat menyebabkan bruntusan.

Ada beberapa produk perawatan kulit di pasaran yang mengandung teh hijau, tetapi sangat sederhana dan hemat biaya untuk membuat campuran sendiri di rumah.

Bunda bisa menyeduh satu kantung teh hijau dengan air mendidih dan mendiamkannya sampai dingin. Setelah itu, aplikasikan ke wajah dengan menggunakan kapas yang dicelupkan ke dalam air teh hijau, atau masukkan ke dalam botol lalu semprotkan ke arah wajah.

4. Menghilangkan bruntusan dengan masker dengan lidah buaya

Aloe vera slices and moisturizer on a wooden table. Beauty treatment conceptsIlustrasi Cara Menghilangkan Bruntusan/ Foto: iStock

Lidah buaya dikenal sebagai salah satu gel yang terbukti dapat membantu melawan bakteri, mengurangi peradangan, dan mempercepat penyembuhan luka.

Gel lidah buaya adalah pengobatan populer untuk berbagai kondisi kulit, termasuk psoriasis, ruam, luka, luka bakar, dan bruntusan.

5 Faktor penyebab kulit bruntusan

Setiap masalah kulit, termasuk bruntusan, juga bisa terjadi dikarenakan beberapa faktor. Dirangkum dari laman American Academy of Dermatology Association, berikut adalah lima faktor yang dapat menyebabkan wajah Bunda menjadi bruntusan.

1. Menggunakan terlalu banyak produk skincare

Tahukah Bunda? Terlalu banyak menggunakan produk skincare secara sekaligus dapat menyebabkan wajah Bunda menjadi bruntusan. Produk skincare yang mengandung bahan aktif seperti benzoil peroksida dan asam salisilat, memberikan efek samping kering dan kasar pada kulit.

Jika terlalu banyak menggunakan skincare dengan kandungan tersebut pada saat yang sama, kulit Bunda rentan terkena iritasi dan membuat wajah jadi bruntusan.

2. Tidur tanpa membersihkan riasan

Setiap selesai beraktivitas dari luar, kebanyakan orang malas untuk menghapus make-up dan membersihkan wajah sebelum tidur. Namun, kebiasaan yang seperti ini ternyata juga bisa memicu timbulnya bruntusan pada wajah, lho, Bunda.

Make-up dengan jenis apapun, termasuk 'non-komedogenik', dapat menyebabkan kulit bruntusan dan jerawat jika tidak dibersihkan saat Bunda tidur. Oleh karena itu, Bunda perlu membersihkan riasan terlebih dahulu setelah selesai beraktivitas, ya, Bunda.

3. Terlalu sering mencuci muka sepanjang hari

Young woman at homeCara menghilangkan bruntusan/ Foto: iStock

Nah, Bunda, walaupun dianjurkan untuk rutin membersihkan wajah, bukan berarti Bunda membersihkannya sepanjang hari, ya, Bunda. Sering mencuci muka selama sepanjang hari bisa menyebabkan wajah bruntusan juga, lho, Bunda.

Bunda hanya perlu mencuci muka sebanyak dua kali sehari, saat bangun dan sebelum tidur.

4. Tidak menggunakan pelembap

Setelah membersihkan wajah, Bunda juga perlu menggunakan pelembap untuk melengkapi rutinitas cegah wajah menjadi bruntusan. Mengoleskan pelembap pada wajah adalah salah satu langkah yang tidak boleh dilewati, lho, Bunda.

Hal ini dikarenakan pelembap dapat membantu melonggarkan sebum yang menumpuk di dalam pori-pori, sehingga lebih kecil kemungkinan bruntusan akan timbul di area wajah Bunda. Namun, dalam memilih pelembap, Bunda juga perlu berhati-hati.

Carilah pelembap lembut yang direkomendasikan khusus untuk kulit berjerawat, ya, Bunda.

5. Menggosok kulit terlalu kasar

Ketika membersihkan wajah atau menggunakan skincare, Bunda perlu menggosoknya secara perlahan dengan lembut. Hal ini karena menggosok terlalu kasar dapat membuat wajah menjadi iritasi, kemerahan, bahkan bruntusan, lho, Bunda.

Bunda, selain menggunakan cara alami Bunda juga perlu mengenal beberapa produk skincare yang bisa membantu menghilangkan kulit bruntusan. Sebagai berikut ini.

Skincare untuk menghilangkan kulit bruntusan

Berikut adalah beberapa produk yang bisa bantu Bunda untuk menghilangkan kulit bruntusan.

1. Pembersih wajah

Pembersih wajah adalah salah satu produk skincare utama untuk membantu menghilangkan bruntusan, lho, Bunda. Inilah sebabnya Bunda perlu mencuci muka sebanyak dua kali sehari.

Jika Bunda memiliki kulit kering, sebaiknya gunakan yang tanpa mengandung alkohol atau pewangi. Jika memiliki kulit yang berminyak, Bunda bisa menggunakan pembersih wajah yang bebas minyak.

Bunda, perlu diingat bahwa sangat disarankan untuk tidak melewati rangkaian skincare yang satu ini, ya, Bunda.

2. Toner

Toner adalah produk skincare yang dapat mengisi dan mengembalikan nutrisi ke kulit Bunda dan dapat mengurangi kemerahan hingga bercak kering. Selain itu, toner juga dapat membantu menghilangkan minyak berlebih, noda, hidrat, dan dapat membantu melawan komedo pada wajah Bunda.

3. Pelembap

Skincare yang satu ini juga tidak boleh dilewatkan, ya, Bunda. Hal ini dikarenakan pelembap wajah berguna untuk mencegah kulit Bunda menjadi kering dan membuat kulit terhidrasi. Dengan demikian, Bunda juga dapat meminimalisir timbulnya bruntusan pada wajah.

4. Tabir surya

Untuk memastikan kulit terlindungi dari teriknya sinar matahari, Bunda perlu menggunakan tabir surya. Banyak pelembap yang mengandung SPF dan juga memberi perlindungan dari sinar matahari, lho, Bunda.

5. Serum

Serum mengandung bahan-bahan seperti antioksidan atau retinol yang mendukung kesehatan kulit dalam berbagai macam cara, seperti menenangkan kemerahan dan meningkatkan tekstur kekencangan pada wajah.

Nah, Bunda, itulah beberapa cara menghilangkan bruntusan. Jika ingin maksimal, selain mengobatinya setelah muncul, Bunda juga harus melakukan langkah pencegahan, ya. Semoga bermanfaat, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga video serba-serbi mengatasi kulit berjerawat, skincare saja tak cukup, di bawah ini, ya Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]

(asa)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!