sign up SIGN UP search

moms-life

Bruntusan di Jidat Ganggu Penampilan? Sembuhkan dengan Cara Ini

Amira Salsabila   |   Haibunda Jumat, 25 Nov 2022 06:50 WIB
CARA MENYEMBUHKAN BRUNTUSAN DI JIDAT
day time caption

Cara menyembuhkan bruntusan di jidat

Ada beberapa hal yang dapat Bunda lakukan untuk mengobati benjolan kecil atau bruntusan yang membandel di jidat Bunda.

1. Bersihkan wajah secara teratur

Melansir dari laman Healthline, membersihkan wajah dengan pembersih yang lembut dapat menghilangkan minyak berlebih, keringat, dan kotoran lainnya yang bisa memicu munculnya bruntusan.

Namun, meski pembersih tersebut lembut, Bunda juga perlu hati-hati bila kulit teriritasi atau meradang. Sebaiknya gunakan pembersih yang diformulasikan untuk kondisi khusus.


Banner GTM

2. Menggunakan pelembap

Setelah membersihkan wajah, lembapkan dengan krim atau lotion yang lembut. Produk ini perlu bebas minyak dan non-komedogenik, artinya tidak menyumbat pori-pori Bunda.

Pelembap dapat membantu menenangkan benjolan yang disebabkan oleh iritasi. Itu juga dapat menjaga kesehatan kulit Bunda dengan mempertahankan hidrasi dan mencegah kekeringan, lho, Bunda.

3. Rutin melakukan eksfoliasi pada wajah

Eksfoliasi asam glikolat dan salisilat adalah pilihan perawatan yang umum untuk bruntusan di jidat. Mereka bekerja sebagai exfoliator untuk menghilangkan lapisan atas kulit dan memperlihatkan kulit yang tampak lebih sehat dan bercahaya.

4. Gunakan obat untuk mengobati bruntusan

Bunda dapat mencoba obat bebas tertentu seperti gel atau salep. Produk ini perlu mengandung asam salisilat, retinol, benozil peroksida, atau resorsinol. Namun, jika Bunda memiliki kondisi bruntusan yang parah, hindari menggunakan produk apa pun pada wajah dan segera konsultasi dengan dokter kulit.

5. Pertahankan rutinitas

Pertahankan rutinitas perawatan kulit yang tepat, termasuk membersihkan wajah, menggunakan toner, pelembap, tabir surya, dan serum atau minyak esensial. Ini akan mengurangi kotoran dan bakteri pada kulit, membantu mencegah bruntusan dan jerawat, dan mengurangi noda yang ada.

Nah, itulah beberapa cara yang dapat Bunda lakukan untuk menyembuhkan bruntusan pada jidat Bunda. Semoga bermanfaat, ya, Bunda.

(asa)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!