sign up SIGN UP search


moms-life

COVID-19 Melonjak Selama 5 Pekan Terakhir, WHO Tetapkan Jawa Bali Level 2

Amira Salsabila   |   Haibunda Jumat, 25 Nov 2022 15:42 WIB
ilustrasi masker katub COVID-19 Melonjak Selama 5 Pekan, WHO Tetapkan Jawa Bali Level 2/Foto: Getty Images/iStockphoto/oatawa
Jakarta -

Belum tuntas, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tetapkan level 2 untuk daerah Jawa dan Bali. Hal ini berkaitan dengan lonjakan kasus COVID-19 yang semakin bertambah selama lima pekan berturut-turut.

Meski sebagian besar masyarakat sudah menjalani aktivitasnya seperti biasa, virus corona masih terus menghantui setiap orang. Dalam waktu lima pekan ini, kasus akumulatif COVID-19 di Indonesia tercatat ada 143.405.

Sementara itu, WHO juga mengungkap jumlah kasus tertinggi yang dilaporkan pada 16 November dengan total 8.486 pasien, lho, Bunda.


Dengan adanya kasus yang melonjak ini, WHO kembali menetapkan level 2 untuk wilayah Jawa dan Bali.

COVID-19 di Indonesia naik selama 5 pekan

Tahukah Bunda bahwa kasus COVID-19 yang tercatat pada bulan ini meningkat 84,3 persen dari bulan Oktober? Angka kumulatif kematian COVID-19 selama lebih dari sebulan terakhir tercatat sekitar 999 orang.

Sementara itu, penambahan tertinggi kematian COVID-19 terjadi pada 14 dan 16 November, yakni 54 jiwa.

Lebih lanjut, WHO Situation Report yang dirilis pada 22 November itu juga menyinggung soal kasus tingkat nasional yang terus naik selama lima pekan terakhir. Laporan tingginya kasus ini hampir dilaporkan di sebagian besar wilayah Indonesia, kecuali Nusa Tenggara, Maluku, hingga Papua.

“Pada 20 November, insiden kasus per 100.000 penduduk adalah 15,0 di tingkat nasional; peningkatan yang signifikan dibandingkan dengan insiden kasus sebelumnya di 4,1 pada laporan WHO per Oktober,” ujar WHO dalam laporannya, dikutip dari Detikcom.

Ini berarti secara nasional pandemi masih berada di level 1, yakni kurang dari 20 per 100 ribu penduduk. Namun, jika diteliti lebih jelas, kasus COVID-19 yang tercatat di Jawa dan Bali sudah melebih level 1 dalam penularan atau transmisi komunitas.

Selain itu, WHO juga mencatat kasus Jawa Bali, yakni 22,5 per 100 ribu penduduk. Artinya, wilayah tersebut sudah masuk kategori level 2, lantaran level transmisi komunitas melampaui 20.

Lalu, bagaimana dengan wilayah Indonesia yang lainnya?

TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

Bunda, yuk, download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga video 6 pertolongan pertama atasi Si Kecil demam setelah di suntik vaksin yang ada di bawah ini, ya, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]

(asa/som)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!