sign up SIGN UP search

moms-life

5 Minuman untuk Turunkan Asam Urat, Bisa Dicoba Bun

ANNISAAFANI   |   Haibunda Senin, 28 Nov 2022 16:42 WIB
Carrot juice in glass and fresh carrots Healthy food on a grey stone background. caption
Jakarta -

Asam urat merupakan kondisi yang membuat tak nyaman ya, Bunda? Ini terjadi karena tubuh menghasilkan banyak zat purin dari asupan makanan harian.

Kondisi tersebut akan semakin parah jika fungsi ginjal menurun dan volume urine berkurang. Lambat laun, ini akan membentuk kristal di jaringan sendi ataupun ginjal.

Jika sudah begitu, seseorang terancam mengalami komplikasi penyakit fatal. Bagaimana tidak, penderita asam urat berisiko mengalami batu ginjal dan radang sendi.


Penyebab utama kadar asam urat naik adalah mengonsumsi makanan yang mengandung banyak purin, misalnya daging merah, ikan laut, dan alkohol. Meski terdengar sederhana, nyatanya masih banyak orang abai terhadap hal ini.

Normalnya, kadar asam urat pada pria dewasa berjumlah 3,4-7,0 mg/dL dan wanita berkisar 2,4-6,0 mg/dL. Jadi, bila kedapatan kadar asam urat melebih batas aman segera laporkan ke dokter atau lakukan penanganan mandiri di rumah.

Minuman penurun asam urat

Bunda bisa mencoba rekomendasi minuman berbahan alami untuk menurunkan asam urat. Apa saja? Simak rangkuman yang dikutip dari Times of India sebagai berikut, ya.

1. Jus timun

Selain rasanya yang segar, timun berfungsi sebagai detoksifikasi organ-organ vital manusia dan mengurangi kadar asam urat dalam darah. Dikarenakan kandungan potasium dan fosfor yang tinggi, timun dipercaya bisa meningkatkan fungsi ginjal karena membantu membuang racun di dalam tubuh.

2. Jus wortel

Jus wortel dapat membantu menstabilkan kadar asam urat. Ini dikarenakan wortel mempunyai sederet nutrisi penting berupa zat antioksidan, vitamin A, serat, dan beta karoten. Kandungan mineralnya yang tinggi juga berguna mengurangi kerusakan organ akibat penyakit asam urat.

3. Jus lemon

Sama halnya dengan wortel, air lemon pun mempunyai banyak zat antioksidan dan vitamin C untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan meregenerasi sel secara alami. Dikutip dari Healthsite, vitamin C diketahui bisa menetralkan kadar asam urat dalam tubuh.

4. Teh

Dari beragam jenis teh, teh hijau dan teh jahe merupakan jenis yang paling bagus untuk meredakan asam urat tinggi. Sebab, teh hijau mengandung antioksidan dan senyawa bioaktif guna mengurai penumpukan asam urat hanya dalam beberapa hari.

Sementara itu, teh jahe bersifat antiinflamasi dan antiseptik sehingga dapat menyembuhkan peradangan atau nyeri sendi secara alami.

TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI. 

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen. 

Simak juga 5 obat batuk herbal dan alami untuk Si Kecil dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(AFN/som)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!