sign up SIGN UP search

moms-life

Perhatikan Gejala COVID-19 Terbaru, Ini yang Paling Banyak Dikeluhkan Pasien

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Selasa, 29 Nov 2022 11:50 WIB
Ilustrasi Ibu Hamil Batuk caption
Jakarta -

Kasus positif COVID-19 terus meningkat di Indonesia. Varian COVID-19 yang paling dominan saat ini memang disebut cepat menular, Bunda.

Masyarakat pun diimbau untuk tidak mengabaikan gejala-gejala yang mungkin muncul. Meski terbilang ringan, gejala sulit dibedakan dengan sakit ringan lainnya.

Menurut dokter di RSUP Persahabatan, Praseno Hadi, meski kasus konfirmasi positif meningkat, tapi gejala yang dirasakan pasien sebenarnya memang tidak terlalu parah. Gejala ini biasanya hanya seputar demam hingga batuk kering.


Gejala yang dialami pasien juga umumnya sembuh dalam waktu singkat. Setidaknya, gejala dapat sembuh dalam waktu maksimal lima hari.

"Gejala-gejala ini juga bisa sembuh dalam tiga atau lima hari setelah dinyatakan positif," ujar Hadi dalam siaran YouTube BNPB, beberapa waktu lalu.

Gejala khas COVID-19 yang dominan saat ini

Hadi sendiri melihat bahwa COVID-19 yang dominan saat ini memiliki gejala yang khas, Bunda. Gejalanya adalah nyeri otot dan sendi.

Banyak pasien yang terinfeksi SARS-CoV-2 mengeluhkan nyeri otot dan pegal linu. Gejala lainnya juga tubuh yang terada lemas.

"Demam yang disertai nyeri otot. Nyeri otot itu jadi salah satu gejala Covid-19," kata Hadi.

Seiring berjalannya waktu, gejala COVID-19 memang bisa berubah. Bahkan, infeksi virus yang pertama kali ditemukan di Cina ini juga dapat menyebabkan masalah pada organ lain di tubuh.

Di awal penyebaran, gejala khas virus ini adalah sesak napas dan demam. Salah satu yang cukup mencolok adalah kondisi anosmia, yakni hilangnya kepekaan seseorang untuk mencium bau yang ada di sekitarnya.

Gejala lain yang juga dapat dialami pasien adalah masalah pencernaan. Banyak pasien COVID-19 yang sudah sembuh mengeluh diare, Bunda.

Lalu benarkah virus COVID-19 dapat menyerang organ lain selain pernapasan? Lalu bagaimana cara mencegah penularan virus ini?

TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

Simak juga fakta-fakta ilmiah terkait COVID-19 varian Omicron yang disebut cepat menular, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/fia)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!