moms-life

5 Tips Pakai Robot Vacuum Cleaner untuk Bersihkan Lantai

Danica Adhitiawarman   |   HaiBunda

Selasa, 13 Dec 2022 18:40 WIB

Jakarta -

Membersihkan lantai menjadi kegiatan yang cukup menyita waktu, terutama kalau ruangan yang dibersihkan cukup besar. Hal ini dapat diatasi dengan menggunakan vacuum cleaner berjenis robot agar lantai tetap bersih tanpa perlu menghabiskan waktu.

Alat penyedot debu ini berfungsi secara otomatis tanpa perlu digenggam. Sebab, ada sensor kamera atau inframerah yang dapat memantau debu dan kotoran di lantai. Berikut beberapa cara menggunakan vacuum cleaner berjenis robot yang bisa dilakukan.

1. Pastikan Tidak Ada Kabel Berserakan

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT


Meskipun vakum ini dirancang untuk membersihkan debu secara otomatis, gulungan kabel dapat menghalangi jalannya serta menjerat sikat dan roda robot. Jadi, pastikan untuk merapikan seluruh kabel di lantai sebelum menyalakan vacuum cleaner robot.

2. Waspadai Karpet Tebal

Walaupun karpet bisa membuat ruangan menjadi terasa hangat, robot vacuum cleaner tidak dapat membersihkan lantai secara maksimal jika ada karpet tebal. Alat vakum bisa macet dan tersangkut ketika melewati karpet yang tebal.

Sebaiknya gulung tepi karpet sebelum menyalakan vakum. Namun, jika tidak ingin repot, focus bersihkan lantai terlebih dahulu, kemudian pindahkan vakum ke atas karpet untuk proses pembersihan selanjutnya.

3. Bersihkan Air yang Tersisa

Air adalah masalah utama yang harus dihindari ketika menggunakan vacuum cleaner robot saat membersihkan lantai. Sebab, mesin vakum bisa rusak dan mengalami korsleting seketika jika melewati air. Jadi, pastikan lantai dalam keadaan kering sebelum menyalakan vakum.

4. Pastikan Sensor Vakum Bersih

Vacuum cleaner robot menggunakan sensor elektronik khusus menyerap debu yang ada di lantai. Seiringin penggunaan vakum, maka sensor pun akan ikut kotor dan berdebu.

Kotoran tersebut dapat merusak kemampuan vakum untuk menemukan debu di lantai. Gunakan lap microfiber untuk membersihkan sensor robot.

5. Kosongkan Kantong Vakum secara Rutin

Setelah membersihkan lantai menggunakan vakum ini, pastikan untuk selalu mengosongkan kantong kotorannya secara rutin agar tidak menumpuk. Jika tidak, debu yang menumpuk dapat menyumbat lubang vakum untuk menyedot kotoran.

Itulah beberapa tips dan cara menggunakan vacuum cleaner robot untuk memastikannya bekerja dengan baik. Mudah dan praktis, bukan? Ayo beli vacuum cleaner, melalui ACE Online atau toko offline Ace Hardware.

Di sini, kamu juga bisa membeli peralatan yang elektronik berkualitas lainnya, seperti air cooler danĀ air purifier.

(alk/ziz)

TOPIK TERKAIT

HIGHLIGHT