sign up SIGN UP search

moms-life

13 Manfaat Madu untuk Wajah dan Cara Menggunakannya, Bisa Sembuhkan Jerawat

Amira Salsabila   |   Haibunda Minggu, 22 Jan 2023 07:30 WIB
Jar of liquid honey with honeycomb inside and bunch of dry lavender over old wooden table. Dark rustic style, selective focus Simak! 13 Manfaat Madu untuk Wajah hingga Cara Menerapkannya/Foto: iStock
Jakarta -

Sementara kebanyakan orang menggunakan madu untuk menambahkan rasa manis pada makanan dan minuman, madu juga memiliki nilai terapeutik untuk kulit. Bunda ingin tahu apa saja manfaat madu untuk wajah?

Madu adalah salah satu bahan alami yang paling kaya akan nutrisinya, Bunda. Ini sangat bermanfaat untuk kesehatan dan telah menjadi bahan pengobatan untuk perawatan kulit rumahan.

Banyak orang yang menggunakan pemanis ini untuk membuat kulit lebih bersinar dan mempertahankan tampilan yang lembut, terhidrasi, dan kencang. Selain itu, enzim alami yang ada di dalam madu menjadikannya bahan perawatan kulit yang penting.


13 Manfaat madu untuk wajah

Melansir dari laman Stylecraze, madu memiliki sifat anti-radang, anti-mikroba, dan penyembuhan terhadap luka. Berikut adalah beberapa manfaat madu untuk wajah:

1. Menyembuhkan jerawat

Studi in-vitro menemukan bahwa madu memiliki sifat anti-bakteri dan dapat menghambat pertumbuhan banyak mikroba penting secara dermatologis. Mereka termasuk P. acnes dan S. aureus yang menyebabkan jerawat. S. aureus juga dapat menyebabkan dermatitis atopik dan infeksi kulit lainnya.

2. Menyembuhkan luka dan memiliki efek terapi

Madu mengandung enzim, asam amino, mineral, dan vitamin yang membuatnya sempurna untuk penggunaan terapeutik. Ini dapat menyembuhkan luka bakar dan luka ringan, serta efektif untuk meredakan masalah kulit seperti psoriasis kulit, ketombe, dan dermatitis popok.

3. Menjaga kelembapan kulit

Madu adalah emolien dan humektan yang sangat baik dan dapat mengikat kelembapan pada kulit. Oleh karena itu, banyak digunakan dalam krim dan lotion pelembap.

4. Madu membantu menjaga pH kulit

Madu membantu mengatur pH kulit dan mencegah segala jenis infeksi. PH madu yang rendah menghambat pertumbuhan banyak patogen dan membantu luka lebih cepat sembuh.

5. Membersihkan pori-pori

Melansir dari laman Byrdie, madu secara alami bersifat anti-bakteri, salah satu alasan mengapa madu bisa menjadi pembersih wajah yang bagus. Buang kotoran dan serpihan hanya dengan sedikit madu mentah, cukup tambahkan air.

6. Efek anti-penuaan

Menurut seorang ahli, madu dapat membantu memperbaiki penampilan kulit. Dia menyatakan bahwa ini dapat membantu menghentikan pembentukan kerutan, menjaga kulit tetap awet muda, dan mencegah infeksi pada kulit yang dapat mempercepat penuaan.

7. Pengobatan kanker kulit

Beberapa bukti menunjukkan bahwa madu dapat membantu mengobati kanker kulit lainnya. Beberapa penelitian menunjukkan hasil positif penggunaan madu pada sel kanker. Studi sebagian besar berfokus pada kemampuan madu untuk membantu memperlambat pertumbuhan dan reproduksi sel kanker dalam tubuh.

8. Melembutkan dan menghaluskan kulit

Madu berfungsi sebagai emolien dan humektan alami. Itu artinya bisa membantu melembutkan kulit dan mengunci kelembapan. Terlepas dari semua sifat anti-buruknya, madu sangat lembut.

9. Memberikan efek glowing dan cerah

Tidak ada dalam madu yang memutihkan kulit, tetapi karena mendorong regenerasi sel dan mengurangi kemerahan dan peradangan, dapat membuat kulit tampak lebih cerah. Ditambah lagi, sifat lengketnya dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati dari kulit.

10. Bantu menenangkan kulit yang terbakar sinar matahari

Madu bersifat anti-bakteri dan anti-inflamasi yang dapat membantu melembapkan sekaligus merawat area yang terbakar sinar matahari.

11. Membantu mengurangi area yang bengkak

Mengoleskan madu secara langsung ke area yang bengkak juga akan mengurangi pembengkakan dan kemerahan. Bunda hanya perlu mengoleskan madu selama kurang lebih 15 sampai 30 menit agar kulit tetap menyerap madu.

12. Sebagai eksfoliasi

Madu juga bisa digunakan untuk eksfoliasi kulit karena dapat mengangkat sel-sel kulit mati. Bunda dapat menggunakannya sebagai masker yang dicampurkan dengan gandum dan air. Terapkan selama 10 menit dan bersihkan.

13. Membuat kulit lembut dan kenyal

Jika memiliki kulit kering, Bunda bisa menggunakan madu agar tetap lembut dan kenyal.

Lanjut baca halaman berikutnya untuk mengetahui cara penggunaannya yang tepat, yuk, Bunda.

Bunda, yuk, download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga video 3 resep ampuh cerahkan kulit ala Nabi Muhammad yang ada di bawah ini, ya, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]

3 CARA MENGGUNAKAN MADU UNTUK WAJAH
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!