sign up SIGN UP search

moms-life

Payudara Wanita Ini Tak Berhenti Tumbuh karena Gigantomastia, Kenali Gejalanya Bun

Tim HaiBunda   |   Haibunda Jumat, 20 Jan 2023 21:20 WIB
Pamelia J caption
Jakarta -

Pamelia J, mengidap kondisi langka yang disebut gigantomastia. Kondisi langka ini membuat payudaranya tak berhenti tumbuh dan terus membesar, Bunda.

Pamelia telah berusaha mencari pertolongan medis untuk mengatasi gigantomatia ini. Terutama setelah ia mengidap sakit punggung, leher, dan bahu.

Wanita dari Australia ini juga dirujuk ke ahli bedah setelah payudaranya berubah ukuran. Payudaranya tumbuh selebar 14 cm dalam waktu delapan bulan. Sementara itu, lingkar dadarnya juga membesar dari 39 inco (100 cm) menjadi 51 inci (130 cm).


"Itu sangat tidak nyaman, sangat berat, dan aku bisa sangat sakit. Aku kesulitan mencari pakaian yang cocok dan aku akhirnya hanya memakai t-shirt longgar," kata Pamelia, dikutip dari Dailystar.

Gigantomastia adalah kondisi langka yang memengaruhi pertumbuhan payudara. Lalu apa gejala dan penyebab kondisi langka ini ya, Bunda?

Apa itu gigantomastia?

Gigantomastia adalah kondisi langka yang menyebabkan pertumbuhan berlebihan pada payudara wanita. Seseorang yang mengidap gigantomastia akan mengalami pertumbuhan payudara yang cepat dan tidak proporsional.

Nah, kecepatan pertumbuhan payudara ini dapat bervariasi, dari beberapa minggu hingga tahun, Bunda. Gigantomastia dianggap sebagai kondisi jinak (non-kanker), yang dapat memengarui kondisi fisik bila tidak segera diobati.

Dalam beberapa kasus, gigantomastia dapat sembuh dengan sendirinya. Namun, banyak wanita dengan kondisi ini perlu menjalani operasi pengecilan payudara atau mastektomi.

Penyebab gigantomastia

Penyebab pasti gigantomastia belum diketahui, Bunda. Menurut praktisi kesehatan holistik, Debra Rose Wilson, Ph.D, gigantomastia kemungkinan terjadi karena pengaruh hormon dalam tubuh wanita.

"Genetika dan peningkatan sensitifitas tubuh terhadap hormon, seperti prolaktin atau estrogen, dianggap berperan dalam terjadinya gigantomastia. Bagi sebagian wanita, gigantomastia terjadi secara spontan tanpa sebab yang jelas," ujar Wilson, dilansir Healthline

Berikut beberapa kondisi yang dikaitkan sebagai penyebab gigantomastia:

  • Kehamilan
  • Pubertas
  • Penggunaan obat-obatan tertentu, seperti D-penicillamine, bucillamine, neothetazone, dan cyclosporine
  • Penyakit autoimun, seperti lupus eritematosus sistemik, penyakit Hashimoto, radang sendi kronis, myasthenia gravis, dan psoriasis

Gigantomastia dapat muncul dengan gejala-gejala yang khas, Bunda. Apa saja gejala gigantomastia?

TERUSKAN MEMBACA KLIKĀ DI SINI.

Simak juga 5 mitos seputar kanker payudara, dalam video berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/som)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!