sign up SIGN UP search


menyusui

20 Cara Mengencangkan Payudara Secara Alami dalam Waktu 1 Minggu

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Kamis, 28 Jul 2022 07:15 WIB
Ilustrasi Mengencangkan Payudara Cara Mengencangkan Payudara Secara Alami Dalam Waktu 1 Minggu/ Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Cara mengencangkan payudara secara alami dapat dilakukan setelah menyusui Si Kecil, Bunda. Tapi, payudara kendur juga bisa kok dicegah sebelum menyusui dengan menjalankan pola hidup sehat.

Banyak Bunda sering mengaitkan payudara kendur sebagai dampak menyusui. Sebenarnya, hal tersebut tidak terkait secara langsung ya.

Menurut dokter obstetri dan ginekologi, Dr. Sabiha Anjum, payudara kendur menandakan berakhirnya kehamilan. Penambahan berat badan ibu baru selama kehamilan untuk membuka saluran ASI akan mulai berkurang begitu payudara menyusut.


"Dikombinasikan dengan penurunan berat badan ibu hamil, hal tersebut bisa menyebabkan perubahan bentuk payudara menjadi kendur," kata Anjum, dilansir Parenting Firstcry.

Payudara Bunda mungkin akan kembali ke ukuran semula setelah berhenti menyusui. Tapi, bukan berarti keduanya saling terkait ya, Bunda. American Academy of Pediatrics (AAP) mengatakan bahwa usia, pola gravitasi, dan penambahan berat badan lebih mungkin menjadi penyebab perubahan ukuran payudara wanita, bukan hanya menyusui.

Cara mengencangkan payudara secara alami

Mengencangkan payudara kendur secara alami dapat dilakukan dalam waktu satu minggu. Melansir dari berbagai sumber, berikut 20 caranya:

1. Menggunakan bra yang tepat

Pastikan untuk menggunakan bra dengan ukuran yang tepat selama kehamilan dan usai melahirkan ya, Bunda. Mengenakan bra yang tidak pas dapat menyebabkan rasa sakit dan cedera.

Pilihlah bra yang dapat menyokong payudara dengan baik selama menyusui. Bra yang tepat bisa mencegah payudara kendur dan menjaganya tetap kencang.

2. Yoga untuk mengencangkan payudara

Bunda bisa melakukan yoga untuk mengencangkan payudara agar tidak kendur. Yoga tak hanya bisa mengencangkan payudara, tapi juga mengembalikan postur Bunda usai melahirkan dan menyusui.

Gerakan yoga yang bisa mengencangkan payudara

Berikut gerakan dalam yoga yang bisa diaplikasikan untuk mencegah payudara kendur:

  • Pose warrior (vrabhadrasana)
  • Pose kobra (bhujangasana)
  • Pose triangle (trikonasana)
  • Pose plank (phalakasana)
  • Pose pohon (vrikshasana)

3. Pijat dan kompres menggunakan es

Ilustrasi Mengencangkan PayudaraIlustrasi Mengencangkan Payudara dengan Es/ Foto: Getty Images/iStockphoto

Kompres dan pijat dingin dapat digunakan untuk mengatasi payudara kendur. Suhu dingin es bisa menyebabkan jaringan di payudara berkontraksi, sehingga membuatnya tampak lebih kencang.

Cara pijat dan kompres payudara dengan es

Berikut langkah pijat dan kompres payudara dengan es:

  • Bunda bisa menggunakan beberapa es batu dan membungkusnya dengan kain kasa.
  • Letakkan kain itu di payudara dan pijat dengan gerakan memutar.
  • Jaga agar tekanan pijat tetap lembut dan lakukan selama satu menit.
  • Bersantailah dalam posisi berbaring selama 30 menit.
  • Ulangi secara berkala untuk hasil terbaik.

4. Mengoleskan shea butter

Shea butter merupakan sumber vitamin E yang berfungsi mengencangkan kulit di sekitar payudara. Shea butter juga dapat mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.

Bunda dapat mengoleskan shea butter di payudara dan memijat ringan dengan gerakan melingkar selama sekitar 15 menit.

5. Mengonsumsi yogurt

Produk fermentasi susu, seperti yogurt dapat rutin dikonsumsi untuk membantu mengencangkan payudara. Yogurt mengandung asam laktat, vitamin B, seng, dan kalsium yang berfungsi untuk:

  • Meregenerasi sel-sel kulit
  • Meningkatkan pertumbuhan sel
  • Menjaga kulit agar selalu terhidrasi
  • Mengencangkan jaringan yang mengendur

6. Memperbaiki postur tubuh

Postur tubuh yang buruk dapat menyebabkan payudara kendur, Bunda. Misalnya, postur membungkuk dapat memberikan tekanan lebih banyak pada jaringan payudara sehingga memperparah kekenduran.

Sedangkan, postur yang baik akan mengurangi ketegangan pada ligamen dan otot pendukung di daerah payudara.

7. Berhenti merokok

Penelitian menunjukkan bahwa merokok secara signifikan dapat mengurangi kemampuan kulit untuk memperbaiki jaringan yang rusak. Regenerasi sel-sel kulit di tubuh terhambat oleh penggunaan tembakau yang berlebihan.

Tak hanya itu, merokok dapat menyebabkan penuaan dini dan kerutan. Untuk mengencangkan payudara, Bunda perlu menjalani hidup sehat dengan berhenti merokok ya.

8. Perbanyak minum air putih

Menurut para ahli di University of Wisconsin Hospitals, kulit adalah organ yang sel-selnya terdiri dari air. Artinya, kekurangan air bisa berdampak buruk pada kulit, termasuk kulit payudara.

Untuk mencegah penuaan diri di area payudara, Bunda dapat mengonsumsi setidaknya dua liter per hari. Kulit yang terhidrasi bisa menyingkirkan kulit kendur.

9. Pijat payudara dengan minyak zaitun

Selain dengan es, Bunda bisa melakukan pijat payudara dengan minyak zaitun nih. Pijat dengan minyak ini tidak hanya akan membuat payudara lembut, tetapi juga akan membantu mengencangkannya.

Cara mengaplikasikannya mudah, beberapa tetes minyak zaitun bisa langsung dioleskan untuk memijat payudara. Lakukan pijatan dengan tekanan yang ringan ya.

10. Diet sehat

Ilustrasi Mengencangkan PayudaraIlustrasi Mengencangkan Payudara dengan Diet Sehat/ Foto: Getty Images/iStockphoto

Menjalani diet sehat sangat penting untuk mencegah payudara kendur, Bunda. Konsumsi makanan yang sehat dan dapat menutrisi kulit agar tetap kencang.

Makanan yang bisa dikonsumsi untuk mengencangkan payudara

Berikut makanan yang bisa Bunda konsumsi untuk mengencangkan payudara:

  • Brokoli
  • Wortel
  • Biji rami (flax seed)
  • Biji bunga matahari
  • Labu

Selain itu, jangan lupa untuk menjaga berat badan optimal ya. Kelebihan berat badan dapat memberikan tekanan pada jaringan kulit sehingga menyebabkan payudara kendur.

11. Rutin push-up

Push-up dapat mengencangkan otot-otot di sekitar payudara tanpa mengurangi ukurannya.

Gerakan push-up yang dapat dilakukan di rumah

Berikut gerakan push-up yang dapat dilakukan di rumah:

  • Mulailah dalam posisi plank dengan tangan ditempatkan sedikit lebih lebar dari bahu Bunda. Sedangkan, kepala dan leher tetap netral.
  • Tekuk atau lipat siku dan mulai turunkan tubuh sampai dada sedekat mungkin dengan lantai. Pastikan siku tidak tertekuk pada sudut 90 derajat, siku sebaiknya ditempatkan lebih dekat ke tubuh.
  • Mulailah merentangkan tangan dan kembali ke posisi awal. Selesaikan tiga set repetisi atau sebanyak yang Bunda bisa lakukan.

12. Massage untuk mengencangkan payudara

Massage payudara dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas ASI dan mengencangkan payudara. Teknik pijat dapat meningkatkan aliran darah ke jaringan payudara.

Langkah massage payudara

  1. Letakkan empat jari di atas payudara dan satu jari di bawah payudara.
  2. Berikan tekanan lembut sambil menggerakkan jari-jari kedua tangan dengan gerakan melingkar yang halus.
  3. Posisikan jari-jari di setiap sisi payudara yang sama dan lanjutkan pijatan dengan pola melingkar.
  4. Ulangi langkah di atas pada payudara lainnya.

13. Menggunakan masker dari bahan alami

Bunda dapat menggunakan masker mentimun dan kuning telur untuk mengatasi payudara kendur. Mentimun memiliki sifat yang bisa mengencangkan kulit, sedangkan kuning telur merupakan sumber protein dan vitamin yang dapat melawan kekenduran payudara.

Cara membuat masker ini mudah kok, Bunda. Kupas mentimun dan parut, lalu campurkan dengan kuning telur. Oleskan melingkar di payudara dan biarkan selama 30 menit. Bilas masker dengan air dingin.

14. Posisi tidur telentang

Posisi tidur telentang ternyata bisa mencegah payudara kendur lho, Bunda. Mengutip CNN, payudara dapat menjadi kendur dan berubah bentuk bisa tidur dalam posisi miring atau tengkurap karena ligamen yang meregang.

Posisi terbaik untuk payudara adalah telentang atau menyamping dengan meletakkan bantal di bawah.

15. Menurunkan berat badan secara perlahan

Ilustrasi Mengencangkan PayudaraIlustrasi Mengencangkan Payudara dengan Menurunkan BB Perlahan/ Foto: Getty Images/iStockphoto

Bunda enggak usah terburu-buru menurunkan berat badan usai melahirkan ya. Berikan kesempatan bagi tubuh untuk menyesuaikan dengan perubahan.

Menurunkan berat badan secara tiba-tiba bisa menyebabkan kulit kendur dan memengaruhi bentuk payudara. Bunda dapat menurunkan berat badan dengan menyusui eksklusif, olahraga rutin, dan mengonsumsi makanan bergizi.

16. Mandi air hangat-dingin

Suhu air mandi bisa digunakan untuk membantu menjaga kekencangan payudara. Caranya dengan bergantian menggunakan air hangat dan dingin terus-menerus saat mandi.

Teknik ini dapat merangsang sirkulasi darah di sekitar payudara. Meski cara ini mudah, sebaiknya jangan setiap hari mandi menggunakan metode ini ya, Bunda.

17. Mengoleskan krim fenugreek

Menurut pengobatan tradisional India, Ayurveda, fenugreek dianggap sebagai bahan herbal yang bagus untuk mengencangkan payudara kendur. Fenugreek mengandung vitamin dan antioksidan yang dapat mencegah kerusakan akibat radikal bebas dan membantu menghaluskan kulit di sekitar payudara.

Cara membuat dan mengaplikasikan krim fenugreek

  • Campurkan 1/4 cangkir bubuk fenugreek dengan air hingga membentuk pasta atau krim kental.
  • Pijat payudara dengan krim fenugreek dan biarkan selama 5 sampai 10 menit.
  • Bilas dengan air hangat.

18. Menyapih secara perlahan

Bunda bisa mencegah payudara kendur saat menyapih Si Kecil lho. Caranya dengan menyapih secara bertahap ketika bayi siap.

Menyapih perlahan memungkinkan jaringan lemak di payudara punya cukup waktu untuk kembali seperti dulu, sehingga menghindari kendur.

19. Oles dan pijat dengan lidah buaya

Lidah buaya memiliki sifat untuk mengencangkan kulit secara alami. Lidah buaya juga kaya akan antioksidan yang dapat membantu melawan radikal bebas dan mencegah penuaan.

Langkah pijat payudara dengan lidah buaya untuk mengencangkan payudara

Berikut langkah pijat payudara dengan menggunakan gel lidah buaya:

  • Ambil dan sisihkan gel lidah buaya segar
  • Oleskan gel lidah buaya
  • Pijat dengan gerakan melingkar selama 10 menit. Bilas dengan air dingin

20. Operasi payudara

Cara ini idealnya dilakukan sebagai pilihan terakhir bila Bunda merasa tidak puas dengan penampilan payudara. Bunda perlu pendampingan medis untuk melakukan operasi payudara ini.

Ada banyak prosedur bedah untuk memilih bentuk dan ukuran payudara yang diinginkan. Pastikan untuk mendapatkan informasi yang memadai tentang prosedur dan memilih ahli bedah plastik yang berpengalaman sebelum melakukannya ya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga 4 solusi tepat puting lecet, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/pri)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!