moms-life

Sumbangkan Harta untuk Amal, Ini Alasan Mengharukan Miliarder Arab Saudi Rela Miskin

Amira Salsabila   |   HaiBunda

Rabu, 05 Apr 2023 17:15 WIB

Jakarta -

Sulaiman Al Rajhi adalah sosok miliarder asal Arab Saudi yang rela miskin kembali demi beramal, Bunda. Beliau adalah pendiri Al Rajhi Bank, bank Islam terbesar di dunia dan salah satu perusahaan terbesar di Arab Saudi.

Sulaiman memulai hidupnya dengan pas-pasan. Kemudian, ia bekerja keras dan mengumpulkan hartanya sampai bisa kaya raya.

Alih-alih menikmati kekayaannya itu, Sulaiman lebih memilih untuk membagikan hartanya sampai rela jatuh miskin lagi, Bunda.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT


Sebelum menjadi miliarder, Sulaiman memiliki hidup yang pas-pasan. Berbagai pekerjaan kasar pernah dilakukannya. Ia juga pernah bekerja sebagai porter yang membawa belanjaan di pasar Al Khadra Riyadh saat berusia 9 tahun.

Di usia 12 tahun, Sulaiman juga pernah menjadi pengumpul kurma dan bekerja sebagai tukang masak di salah satu hotel di Riyadh.

Kerja keras dan ketekunannya itu mengantarkan Sulaiman sampai menjadi salah satu orang paling kaya di dunia.

Melansir dari laman detik.com, Forbes pernah memperkirakan kekayaan Sulaiman mencapai US$ 7,7 miliar atau setara dengan Rp114,9 triliun, lho. Hal tersebut menjadikannya sebagai orang paling kaya di dunia urutan ke-120.

Pada 2015, kekayaan Sulaiman turun menjadi US$ 2,1 miliar atau setara dengan Rp31,3 triliun sebelum akhirnya pada 2016 ia tak lagi masuk ke dalam daftar orang terkaya versi Forbes.

Pada 2013, Sulaiman diketahui mentransfer hampir 20 persen sahamnya di Al Rajhi Bank ke lembaga amal yang menyandang namanya. Langkah ini diikuti oleh pengumumannya pada 2011 untuk menyumbangkan sebagian besar kekayaannya untuk amal, mendanai upaya anti-kelaparan, serta pendidikan di Arab Saudi.

Kemudian, Sulaiman memilih untuk menjadi miskin atas keinginannya sendiri tanpa memiliki uang tunai, real estate, atau saham yang dimiliki sebelumnya.

Dia juga tak punya uang usai mentransfer semua asetnya ke anak-anaknya dan untuk wakaf, Bunda. Sebelumnya, Sulaiman juga diketahui telah mendapat penghargaan sebagai King Faisal International Prize, pengakuan atas yang ia lakukan untuk Islam.

TERUSKAN MEMBACA KLIKĀ DI SINI.

Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

Saksikan juga video kisah hidup Erlyanie, mantan ART yang sekarang jadi miliarder yang ada di bawah ini, ya, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]

(asa/som)

TOPIK TERKAIT

HIGHLIGHT