moms-life

Dear Bunda, Perhitungkan Hal Ini Sebelum War Tiket Konser Coldplay ya!

Amira Salsabila   |   HaiBunda

Selasa, 16 May 2023 17:21 WIB

Jakarta -

Indonesia tengah digemparkan dengan kabar konser band asal Inggris, Coldplay. Penjualan tiket dijadwalkan mulai tanggal 17 sampai 19 Mei dan terbagi dalam beberapa kategori. Apakah Bunda termasuk salah satu yang ingin ikut war tiket Coldplay?

Harga tiket yang dijual cukup beragam, Bunda. Mulai dari Rp800 ribu sampai Rp11 juta. Untuk fans yang menunggu puluhan tahun hingga band ini datang ke Indonesia, mungkin berapapun harga tiket tak masalah, ya.

Kendati demikian, alangkah baiknya Bunda juga Bunda cek lagi keuangan rumah tangga Bunda, terutama bila memiliki anak usia sekolah. Pembelian tiket konser Coldplay berdekatan dengan tahun ajaran baru 2023/2024, lho, Bunda.


Seperti yang diketahui, ujian kenaikan kelas dan pembagian rapot akan jatuh di bulan Juni dan Juli 2023, siswa-siswa akan masuk sekolah di hari pertama tahun ajaran baru 2023/2024.

Di masa ini, Bunda juga perlu mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk membayar biaya administrasi sekolah, membeli buku baru, hingga perlengkapan sekolah anak.

Jika sudah mempersiapkan biaya untuk sekolah anak dari jauh-jauh hari, Bunda baru bisa mengalokasikan sebagian dana untuk kegiatan yang disukai, seperti nonton konser Coldplay dan lainnya.

Akan tetapi, kalau belum menyiapkan biaya sekolah anak, ada beberapa hal yang perlu Bunda lakukan. Yuk, simak berikut ini.

1. Lakukan perhitungan biaya-biaya tersebut

Melansir dari laman cnbc, Bunda perlu menghitung secara rinci biaya-biaya yang rutin dibayar di tahun ajaran baru. Tidak ada salahnya pula untuk mendiskusikan hal ini dengan pihak sekolah agar Bunda mendapat gambaran yang cukup jelas seputar biaya yang perlu dibayar.

2. Cek tabungan

Biaya-biaya yang berkaitan dengan tahun ajaran baru adalah biaya yang wajib dibayar. Maka dari itu, sangat penting untuk memeriksa kembali kondisi tabungan Bunda saat ini.

Jika belum mengalokasikan dana tersebut dari jauh-jauh hari, tetapi masih memiliki tabungan, Bunda bisa menggunakan tabungan tersebut untuk membayarnya terlebih dahulu.

Sementara itu, apabila tabungan sudah menipis dan Bunda hanya memiliki tabungan dana darurat setara enam kali pengeluaran bulanan atau lebih kecil dari itu, tidak ada salahnya untuk menggunakannya juga.

Akan tetapi, jangan sampai lupa bahwa di bulan depan, Bunda perlu fokus mengembalikan jumlah tabungan dana darurat tersebut hingga terkumpul ke jumlah awal.

TERUSKAN MEMBACA KLIKĀ DI SINI.

Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

Saksikan juga video delapan tips keuangan untuk finansial yang lebih baik yang ada di bawah ini, ya, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]

(asa)

TOPIK TERKAIT

HIGHLIGHT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT