nama-bayi

Jika Tempat Pertama Ketemu Suami Jadi Nama Anak, Maka Namanya...

Nurvita Indarini Senin, 02 Oct 2017 14:34 WIB
Jika Tempat Pertama Ketemu Suami Jadi Nama Anak, Maka Namanya...
Jakarta - Saat menyiapkan nama anak yang baru lahir, biasanya apa saja nih, Bun, yang jadi pertimbangan? Di dalam nama anak, pasti tersimpan doa dan harapan dong. Tapi terkadang kita juga suka menyisipkan hal-hal yang disukai atau yang menyimpan kenangan indah.

Ada lho orang tua yang memberi nama anaknya mirip nama kota atau negara untuk mengenang pada saat ibunya hamil pernah tinggal di sana, atau bahkan melahirkan di sana. Tapi adakah yang menjadikan tempat pertama ketemu suami jadi inspirasi nama anak?

Baca juga: Yang Bisa Dipertimbangkan Orang Tua Sebelum Beri Nama Anak


Beberapa waktu lalu, HaiBunda seru-seruan dengan para Bunda di Instagram dengan melempar pertanyaan: apa nama yang cocok untuk si kecil berdasarkan tempat pertama bertemu suami? Jawabannya lucu-lucu dan menghibur. Ada juga bunda-bunda yang kreatif banget memplesetkan tempat pertama ketemu sang suami sehingga menjadi nama yang kedengarannya cukup keren lho.

"Pasar malem," ujar Bunda @vhiiaryani.
"Ruma atau home," jawab Bunda @windy_hutasuhut88.
"Anak kita Rio gara-gara ketemunya di Riau ha-ha-ha," ucap Bunda @permataulfah.
"Rumi (rumah mami)," kata Bunda @mommy.and.nate.
"Haiskul karena teman SMA," cetus Bunda @siti.story.
"Kampus... Yes, nama anakku si kampus...," celetuk Bunda @asrisiregar90.
"Borneo Kala Senja," ujar Bunda @zohrah17.

Jangan terlalu serius ya, Bun, he-he-he. HaiBunda cuma ingin seru-seruan dan sekaligus bernostalgia tempat pertama dulu ketemu atau kencan sama suami.

[Gambas:Instagram]


Nah, soal memilih nama anak, itu memang hak kita sebagai orang tua. Karena ada doa dan harapan di nama anak kita, pasti dong kita akan memikirkan baik-baik apa arti nama anak kita. Nggak heran kalau kerjaan kita tiap hari membaca buku-buku kumpulan nama bayi.

Baca juga: Saat Orang Tua Dianggap Beri Nama Aneh untuk Anak

Psikolog anak dan keluarga Anna Surti Ariani MPsi, Psikolog atau akrab disapa Nina dari Tiga Generasi mengingatkan kita untuk tidak memberi nama anak hanya agar sama dengan nama penyanyi atau selebriti idola. Soalnya bisa jadi nih, itu hanya nama panggung yang ternyata artinya nggak ada atau malah artinya kurang oke.

Nina juga menyarankan agar kita memikirkan lebih lanjut alasan yang lebih filosofis dalam memberi nama anak. Sehingga, nama itu benar-benar nama yang keluar dari hati, nggak sekadar nama yang keluar gitu aja. Dengan begitu, nama yang kita kasih ke anak bisa jadi koneksi antara orang tua dan anak.

Oh iya kita juga perlu pertimbangkan juga soal susah atau tidaknya penulisan dan pengucapan nama anak kita, Bun. Soalnya bisa jadi saking susahnya nama anak, jadinya nanti sering salah tulis atau salah ketik.

Kalau si kecil di rumah, namanya siapa, Bun? Boleh share juga dong arti namanya, siapa tahu bisa menjadi inspirasi bunda-bunda lainnya yang sedang mencari nama untuk anaknya yang baru lahir. (Nurvita Indarini)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi