sign up SIGN UP search


nama-bayi

Ini Bun, Filosofi Makna dari Nama Bayi Perempuan Jawa

Tim HaiBunda Rabu, 20 Jan 2021 17:07 WIB
Ilustrasi bayi perempuan caption
Jakarta -

Nama bayi perempuan Jawa menjadi pilihan nama yang tak biasa bagi Ayah dan Bunda. Pemilihan nama yang cocok untuk anak bisa menjadi hal yang menyulitkan. Tidak seperti yang Bunda kira, memilih sebuah nama merupakan sebuah keputusan yang penting. Bunda tentu ingin sang anak memiliki nama yang indah dan terkesan unik.

Dengan banyaknya referensi nama yang ada akan membuat Bunda semakin bingung menentukan pilihan yang tepat. Mungkin Bunda sudah memiliki pilihan nama yang menarik namun setelah digabungkan dengan nama tambahan lainnya ternyata Bunda kurang yakin.

Rasanya Bunda ingin memasukkan semua referensi nama demi mendapatkan nama yang sempurna. Bahkan Bunda juga ingin memasukkan nama keluarga untuk mengikuti tradisi yang ada. Eits, tidak perlu khawatir, Bun.Bunda tetap bisa menggunakan nama keluarga dan menyatukannya dengan nama yang sudah Bunda pilih. Caranya dengan memilih nama bayi perempuan Jawa yang jarang digunakan di zaman sekarang ini.


Rangkaian nama bayi perempuan Jawa

Meski menggunakan nama daerah bukan berarti nama tersebut bersifat kuno. Justru Bunda dapat menemukan filosofi di balik nama tersebut. Bunda dapat menjadikan Kenes sebagai bagian dari nama yang telah dipilih. Kenes sendiri berarti menawan hati dan lincah.

The baby was excited and delighted in the pink cloth.Ilustrasi nama bayi perempuan/ Foto: iStock

Atau nama Maheswari yang mana artinya adalah bidadari. Jadi nama Maheswari cocok diberikan untuk menggambarkan kecantikan yang ada pada bayi Bunda.

Ada lagi nama yang cocok diberikan untuk bayi perempuan yaitu Nayaka. Jika Bunda baru melahirkan putri pertama maka nama Nayaka cocok diberikan karena memiliki arti pemimpin. Diharapkan bayi perempuan Bunda mendapatkan doa yang baik sesuai dengan makna nama-nama yang diberikan seperti di atas.

Rangkaian nama dari tokoh pewayangan

Nama tokoh-tokoh pewayangan mengandung makna yang dalam. Sehingga nama ini cocok digunakan sebagai referensi pilihan nama bayi perempuan Bunda. Bunda bisa menggabungkan nama ini dengan nama yang sudah dipilih sebelumnya. Bunda juga bisa menggabungkan dengan nama keluarga yang mungkin memang harus disertakan dalam pemberian nama.

Arimbi menjadi pilihan nama yang cantik untuk bayi perempuan Bunda. Dalam pewayangan, Arimbi merupakan ibu dari Gatot Kaca yang berhati jujur.

Selanjutnya ada Anjani yang bermakna ketekunan. Dalam pewayangan, tokoh Anjani memiliki paras yang cantik dan rupawan. Diharapkan anak Bunda kelak menjadi seorang anak yang rupawan, cantik, dan tekun.

Larasati juga merupakan nama yang cukup populer digunakan. Dewi Larasati merupakan istri pertama dari Dewa Arjuna yang memiliki sifat patuh, setia dan juga berbakti. Dengan pemberian nama bayi perempuan jawa dari beberapa tokoh di atas diharapkan dapat membawa dampak positif bagi Si Kecil ya, Bun. (PK)

Lihat juga video berikut mengenai pemberian nama bayi perempuan bermakna berkah dari Tuhan berikut ini.

[Gambas:Video Haibunda]

Banner Cerbun Suami Gadai SKFoto: Mia Kurnia Sari
(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi