sign up SIGN UP search


nama-bayi

10 Nama Bayi Perempuan Kristen dengan Makna Mendalam

Tim HaiBunda Jumat, 22 Jan 2021 17:31 WIB
Ilustrasi bayi perempuan caption
Jakarta -

Nama adalah sebutan yang diberikan kepada manusia, benda, tempat, gagasan, agar dapat dibedakan antara satu dengan yang lainnya. Khusus untuk nama manusia biasanya terdiri dari nama depan dan nama keluarga. Akan tetapi dalam beberapa budaya di dunia tidak menggunakan konsep tersebut dalam pemberian nama.

Satu hal yang nyaris semua sama di seluruh dunia adalah pemberian nama dilakukan saat masih berusia bayi. Nama bayi laki-laki dan nama bayi perempuan biasanya memiliki ciri yang berbeda. Hal ini juga tidak terlepas dari kebiasaan pemberian nama dari dulu. Misalnya saja nama dengan akhiran -wan cenderung untuk laki-laki dan akhiran -wati untuk perempuan.

Penamaan juga sering didasari dari agama yang diyakini. Misalnya saja nama Muhammad untuk agama Islam dan nama Kristian bagi pemeluk agama Kristen. Dalam agama Kristen, pemberian nama antara anak perempuan dan laki-laki juga berbeda.


Pemberian nama di agama Kristen

Di dalam agama Kristen, nama baptis diberikan kepada seseorang dengan proses pembaptisan. Pembaptisan adalah salah satu aturan dari Yesus yang diberikan kepada gereja agar melanjutkan ajaran-Nya supaya memohon hubungan baik dengan Allah.

Dalam ajaran Kristen seseorang lahir dalam keadaan berdosa, penghapusan dosa disimbolkan dengan pembaptisan ini. Pembaptisan di depan umum dilakukan sebagai ikrar bahwa seseorang membaktikan diri untuk melakukan segala kehendak-Nya selama hidup.

Biasanya proses pembaptisan dilakukan saat seseorang masih bayi. Namun bisa juga dilakukan saat seseorang sudah menginjak usia dewasa di saat sudah sanggup belajar tentang Allah dan menjadi murid Yesus. Saat proses inilah biasanya diberikan nama sebagai nama bayi perempuan Kristen dan laki-laki.

Nama baptis yang diberikan dalam agama Kristen biasanya berasal dari tokoh-tokoh yang berpengaruh di agama tersebut. Sebagai contoh nama Yusuf dan Petrus untuk bayi laki-laki. Nama Yusuf dipakai agar diteladani ketulusan hatinya.

Nama bayi perempuan Kristen saat dibaptis yang sering digunakan adalah Maria. Maria adalah orang suci yang merupakan ibu Yesus yang melahirkan, merawat, dan menemani sampai akhir hayat Yesus. Hal yang bisa diteladani adalah penyabar, penuh kasih, penolong, dan perhatian.

Contoh nama bayi perempuan bagi umat Kristen

Selain pemberian nama baptis tentu saja seseorang diberikan nama lain sebagai identitas dan bisa sebagai doa. Memang pemberian nama bayi perempuan Kristen tidak harus selalu merujuk pada kitab. Namun dengan memberi nama dan berpedoman pada kitab bisa menjadikan nama sebagai. doa untuk anak sepanjang hidupnya.

Selain sebagai doa, nama bayi haruslah enak didengar dan memiliki makna. Berikut ini ada beberapa nama bayi perempuan Kristen beserta maknanya yang bisa menjadi pilihan saat pemberian nama:

1. Aalona memiliki arti sekuat pohon oak
2. Naomi memiliki arti yang menyenangkan
3. Samara memiliki arti dilindungi Tuhan
4. Dalila memiliki arti yang lembut
5. Yaffa memiliki arti keindahan

6. Kerrin memiliki arti kecantikan
7. Jocelin memiliki arti yang riang gembira
8. Carlissa memiliki arti gadis kecil yang suci
9. Ester memiliki arti bintang
10. Grace memiliki arti kemurahan hati

Pemberian nama juga biasanya menggabungkan beberapa nama yang keseluruhannya akan memiliki arti yang indah dan sebagai permohonan atau doa. (PK)

Simak juga video berikut mengenai perjuangan istri Indra Bekti yang melahirkan bayi mungil namun hanya berusia beberapa menit.

[Gambas:Video Haibunda]

Banner Fanny Fabriana Sekeluarga Terkena Covid-19Foto: Mia Kurnia Sari
(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi