sign up SIGN UP search


nama-bayi

50 Nama Bayi Perempuan yang Terinspirasi dari Hal-Hal Berbau Puisi

Khalishah Nabilah Selasa, 06 Apr 2021 08:43 WIB
Bunda menyukai hal-hal yang berbau puisi? Coba yuk mencari inspirasi nama bayi perempuan untuk Si Kecil melalui puisi. Cek artikel berikut ini ya Bun. caption

Nama bayi bukan hanya cerminan doa orang tua untuk anaknya. Tak jarang, nama tersebut adalah refleksi dari apa yang disukai oleh orang tuanya. Misalnya saja, jika Bunda menyukai karya sastra seperti puisi.

Ketika memiliki anak, bisa saja Bunda ingin memberi nama bayi yang inspirasinya terkait dengan puisi. Bisa kata dari penggalan puisi favorit, judul puisinya, atau bahkan penulisnya. 

Tidak secara spesifik menyukai puisi pun tetap bisa, Bun, memberi nama yang terinspirasi dari sana untuk Si Kecil. Coba simak di bawah ini ya. Dikutip dari MomJunction, inilah daftar 50 nama bayi perempuan yang bisa dijadikan referensi.


Angelou : Nama Yunani untuk 'malaikat' dan nama belakang dari penyair terkenal, Maya Angelou.

Annabel : Artinya 'keindahan anugerah' dan terinspirasi dari puisi terakhir Edgar Allen Poe yang berjudul 'Annabel Lee'.

Ariel : Nama dengan arti 'singa Tuhan' ini berakar dari koleksi puisi terkenal, Sylvia Plath yang terbit pada tahun 1965.

Auden : Nama populer ini dikaitkan dengan penyair terkenal, W.H Auden. Nama ini berarti 'setengah-Denmark'.

Audre : Ini adalah nama penyair, penulis, aktivis hak-hak sipil, dan feminis dari Amerika, Audre Lorde. Nama ini berarti 'kekuatan mulia'.

Blake : Ini adalah nama belakang dari penyair romantis terkenal, William Blake. Nama Inggris kuno ini memiliki arti 'seseorang dengan rambut hitam'.

Bridget : Bentuk anglicized dari Bridig ini adala nama Irlandia-Gaelik dengan arti 'kekuatan atau yang ditinggikan'.

Cadence : Nama dengan arti 'cara berkomunikasi yang pedih dan ritmis' atau 'puisi' adalah nama puitis yang populer untuk bayi perempuan.

Calliope : Nama ini terinspirasi dari elemen puitis dan berarti 'Muse yang mengamati seni puitis'. Berasal dari Yunani dan Latin.

Ceridwen : Nama dari Dewi puisi Celtic dan nama unik yang berasal dari Welsh ini berarti 'indah seperti puisi'.

Corinna : Ditemukan di dalam puisi Inggris Kuno, nama ini berarti 'gadis cantik'.

Dandelion : Nama yang berasal dari bahasa Inggris ini berarti 'gigi singa'. Nama ini dikaitkan dengan puisi Morgan Mercury, 'Dandelion'.

Dearbhla : Nama dengan arti 'putri penyair' ini merupakan bentuk alternatif dari Dervla. Nama ini berasal dari bahasa Irlandia dan Gaelik.

Dervia : Nama yang berasal dari bahasa Irlandia ini mempunyai arti 'putri seorang penyair'.

Dorie : Nama ini terinspirasi dari puisi, 'Dorie off to Atlanta' oleh Mark Halliday. Berasal dari Amerika yang berarti 'laut'.

Dorothy : Dalam bahasa Yunani artinya 'pemberian Tuhan'. Nama ini diambil sari satiris dan penyair Amerika, Dorothy Parker.

Dove : Merpati dikaitkan dengan kedamaian dan kemurnian. Rita Dove merupakan seorang penyair Amerika yang terkenal. Nama ini juga muncul dalam puisi John Keat, 'The Dove Poem'.

Edda : Berasal dari 'Poetic Edda' kumpulan puisi dari Norse Kuno yang ditulis oleh penyair anonim. Nama ini juga mengacu pada 'Prosa Edda', sebuah puisi Norse Kuno dari Islandia.

Eliot : Nama ini berarti 'Tuhan adalah Tuhanku', yang berasal dari bahasa Inggris. Nama ini adalah nama penyair modern terkenal, T.S. Eliot.

Emily : Pembawa nama terkenal ini adalah penyair Amerika, Emily Dickinson. Nama ini adalah nama Romawi yang berasal dari Latin, dan memiliki arti 'orang yang bekerja keras'.

Erato : Nama mitologis yang berasal dari Yunani ini memiliki arti 'Dewi puisi erotis'.

Erinna : Nama yang berarti 'Irlandia' ini adalah nama seorang penyair Yunani Kuno.

Evangeline : Nama puitis ini diperkenalkan oleh Longfellow dalam puisi naratifnya. Nama ini merupakan nama populer yang berarti 'kabar baik'.

Felicitas : Nama ini dikaitkan dengan Dewi Felicitas, Dewi keberuntungan Romawi dan inspirasi bagi banyak penyair. Nama ini berasal dari Romawi dengan arti 'bahagia'.

Banner Mantan Artis FTV Jadi Pengasuh

Gertrude : Nama dengan arti 'kekuatan tombak' ini berasal dari bahasa Jerman. Nama ini terkait dengan editor dan penyair terkenal, Gertrude Stein.

Gretel : Nama yang diambil dari puisi 'Gretel' oleh Andrea Hollander ini memiliki arti 'mutiara'. Dan berasal dari Jerman.

Gwendolyn : Nama ini berarti 'seseorang yang diberkati' dan berasal dari Welsh. Gwendolyn Brooks merupakan seorang penyair Amerika terkenal yang memenangkan hadiah Pulitzer.

Jhankar : Elemen puitis ini berarti 'ritme suara lembut' dan berasal dari bahasa Sansekerta.

Jia : Nama ini berarti 'baik, bertuah dan cantik'. Jia Dao adalah nama seorang penyair Tiongkok kuno.

Kavindra : Nama bayi perempuan unik ini berarti 'penyair', dan berasal dari bahasa Sansekerta.

Kavya : Nama dengan arti 'puisi' ini merupakan nama puitis yang unik untuk bayi perempuan asal Sansekerta.

Kyrie : Terkait dengan 'Kyrie' karya Thomas Transtomer. Nama ini berarti 'Tuhan' dalam bahasa Yunani Kuno.

Leighanna : Nama unik ini berasal dari bahasa Inggris dan berarti 'anggun, puitis'.

Lenora : Diambil dari puisi terkenal yang ditulis oleh penyair Amerika, Edgar Allen Poe. Yang artinya adalah 'cahaya'.

Lirita : Nama ini berarti 'puitis' dan merupakan kata Ibrani.

Lorca : Nama puitis lucu ini diambil dari penyair Spanyol, Federico Garcia Lorca. Ini merupakan nama sebuah tempat di Spanyol yang berarti 'kota dengan air yang baik'.

Lucasta : Diambil dari koleksi puisi Richard Lovelace, dan memiliki arti 'cahaya murni'.

Mariana : Berasal dari puisi 'Mariana' oleh Alfred Tennyson, ini memiliki arti 'laut' dalam bahasa Spanyol.

Marilis : Singkatan dari bunga Amaryllis, dan merupakan referensi puitis untuk seorang gembala sederhana atau gadis desa.

Marlowe : Nama ini berasal dari bahasa Inggris yang artinya 'kayu apung'. Nama ini adalah nama dari penulis drama, penyair, dan penerjemah Inggris dari era Elizabethan, Christopher Marlowe.

Maya : Digunakan dalam bahasa Spanyol, Ibrani, dan Yunani yang memiliki arti 'air'. Nama ini merupakan nama penulis dan penyair terkenal, Maya Angelou.

Meera : Meera Bai merupakan salah satu penyair mistik Hindu terkenal. Artinya adalah 'makmur atau luar biasa'.

Mirabai : Berasal dari Hindi dan merupakan nama penyair Hindu abad ke-16.

Miranda : Nama karakter terkenal dari 'The Tempest', dihidupkan kembali oleh penyair, W.H. Auden. Yang berarti 'orang yang layak dikagumi'.

Muse : Mengacu pada 'Dewa dan Dewi inspirasi puitis dari mitologi Yunani' ini berasal dari Perancis Kuno.

Naazima : Mengacu pada penyair dan merupakan nama bayi perempuan Muslim India.

Poem : Variasi puisi yang merupakan pilihan lirik, ini adalah nama bayi perempuan yang cantik.

Rumi : Dalam bahasa Jepang yang berarti 'keindahan, mengalir'. Rumi adalah nama terbaik dari mistikus dan penyair Muslim Sunni Persia abad ke-13.

Tallulah : Tallulah Flores adalah seorang penyair Amerika modern. Nama ini berarti 'air mengalir'.

Virelai : Nama ini merupakan nama puitis Perancis. Ini adalah bentuk syair puisi yang umum digunakan dalam puisi dan musik di Eropa dari akhir abad ke-13 hingga ke-15.

Indah ya, Bun? Semoga Bunda menemukan nama bayi perempuan yang disukai dalam daftar ini ya!

Simak juga tips memilih nama bayi di video ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(fia/fia)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi