sign up SIGN UP search


nama-bayi

3 Cara Mendapatkan Nama Bayi Laki-laki Islam yang Tidak Pasaran

Tim HaiBunda Senin, 24 May 2021 18:30 WIB
A 12 day old newborn baby boy sleeping on a beige flokati rug and swaddled in a gauzy light blue wrap. caption
Jakarta -

Sebagai orang tua pastinya menginginkan nama bayi laki-laki Islam yang tidak pasaran untuk anaknya. Namun, bagaimana cara mencari nama-nama tersebut?

Tenang saja, Bun di bawah ini akan kita bahas seluruh cara mendapatkan nama-nama Islami yang anti-mainstream, yaitu sebagai berikut:


1. Mencari Istilahnya dengan Menggunakan Al-Qur'an Secara Langsung

Bunda bisa mulai dengan mencarinya dengan menggunakan istilah-istilah yang ada di Al-Qur'an. Jika Bunda sedang membaca Al-Quran sebaiknya jangan asal baca menggunakan huruf Arabnya saja. Bunda harus membaca dengan memperhatikan arti dan juga tafsirnya.

Banner Tanaman Hias Pengusir NyamukFoto: HaiBunda/ Mia Kurnia Sari

Nah, saat Bunda membaca Al-Quran kemudian menemukan suatu istilah yang sangat enak untuk diucapkan dan memiliki arti yang bagus, maka dipertimbangan untuk digunakan. Cari beberapa istilah yang menurut Bunda bagus digunakan untuk nama Si Kecil dan simpan untuk dipelajari lebih dalam lagi.

Ingat ya Bunda harus mencari istilah tersebut mulai dari arti hingga maknanya. Jangan berhenti di arti karena belum tentu maknanya sama dengan yang Bunda inginkan. Cari semaksimal mungkin agar tidak menjadi doa yang salah.

2. Mencari nama sahabat Nabi yang kurang terkenal tetapi miliki kisah bagus

Selanjutnya, Bunda bisa mencari nama sahabat Nabi yang mungkin kurang terkenal tetapi memiliki kisah yang sangat bagus. Anda bisa mendapatkannya dengan membaca buku Islami terpercaya atau internet dengan sumber yang juga sahih.

nama bayiIlustrasi nama bayi laki/ Foto: iStock

Ya, sahabat Nabi itu ada banyak sekali jumlahnya dan kisahnya juga sangat beragam. Namun, kisahnya hanya mencuat untuk segelintir sahabat saja.

Belum banyak orang yang mengekspos nama sahabat lain dengan kisah yang tak kalah luar biasa. Dengan memberikan nama sesuai nama sahabat tersebut diharapkan anak bisa mencari arti namanya sendiri. Ia bisa mengetahui bagaimana kisah tersebut dan itulah yang nantinya orang tua harapkan untuknya.

3. Tidak melulu Bahasa Arab, Bunda bisa gunakan bahasa negara Islam lainnya

Nama Islam itu tidak melulu soal Arab saja. Ada banyak tanah yang pernah didatangi oleh Nabi Muhammad dalam penyebaran Islam. Negara-negara itu pun saat ini masih menjunjung tinggi ajaran Islam dengan segala kisah masa lalunya.

Beberapa contoh negara Islam itu adalah Turki, Khazaktan, Palestina. Negara-negara ini memiliki bahasa yang mirip tetapi tidak sama. Nah, Bunda bisa juga memanfaatkan beberapa kata atau istilah dalam negara tersebut sebagai nama.

Nantinya, Bunda akan mendapatkan nama bayi laki-laki Islam yang tidak pasaran. Nama-nama ini nantinya akan terdengar Islami, tapi sangat jarang ada yang menggunakannya.

Demikian ya, Bun mengenai beberapa cara untuk mendapatkan nama bayi laki-laki Islam yang tidak pasaran dengan mudah. Dengan cara di atas, menemukan nama yang bagus anti-mainstream akan sangat cepat. (PK)

Simak juga video berikut mengenai nama bayi Islam berawalan Sham.

[Gambas:Video Haibunda]



(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi