sign up SIGN UP search


nama-bayi

4 Tips Memberikan Nama Panjang Bayi Perempuan Islami

Tim HaiBunda Minggu, 23 May 2021 15:01 WIB
nama bayi caption
Jakarta -

Apakah Bunda segera memiliki anak perempuan dan bingung dengan nama yang akan diberikan untuknya? Tenang saja karena pada kali ini Bubun akan kita bahas lengkap mengenai tips memberikan nama panjang bayi perempuan Islami yang baik dan benar.

Inilah dia selengkapnya:

1. Pastikan Bunda hanya menggunakan istilah yang baik

Hal perdana adalah pastikan dahulu bahwa nama panjang bayi perempuan Islami ini menggunakan istilah yang baik. Terkadang ada beberapa kata yang terlihat baik ternyata jika diterjemahkan kembali ternyata sangat buruk atau kurang baik.


Ya, yang namanya istilah bukan berasal dari Indonesia dan kebudayaan sendiri maka perlu dipastikan dengan baik. Selain itu, ada beberapa istilah di Arab yang ternyata berarti berbeda di negara lain bisa baik, buruk, atau standar saja.

Coba pastikan di beberapa bahasa negara lain apakah istilah tersebut memiliki arti yang buruk? Walaupun niat Bunda adalah sesuai dengan yang ada di bahasa Arab namun jika maknanya buruk sebaiknya jangan digunakan.

Banner Penyakit Ain

2. Jangan gunakan istilah yang ekstrem

Selanjutnya, pastikan juga nama tersebut sesuai dengan keadaan si kecil. Artinya Bunda harus tahu siapa diri sendiri dan siapa Si Kecil di dunia. Jangan kemudian memberikan nama-nama yang ekstrem seperti Allah, Jibril, Isrofil, Izrail.

Terinspirasi dengan istilah bahasa Arab dan istilah-istilah Islam memang bagus tetapi tidak semuanya bisa digunakan. Namun ada juga yang memicu perbedaan pendapat seperti nama Nabi Muhammad.

Nama ini umum digunakan bagi bayi laki-laki Islami. Meski demikian, ada beberapa pandangan yang tidak melarang penggunaan nama Muhammad karena dikhawatirkan perilaku anak di masa depan malah akan mencoreng nama yang suci ini.

nama bayinama bayi perempuan/ Foto: iStock

3. Carilah nama dengan kata yang bermakna kompleks dan tidak terlalu panjang


Walaupun kita saat ini membahas soal nama panjang, akan lebih baik jika nama tak terlalu berlebihan. Gunakan maksimal tiga kata saja agar mudah diingat oleh guru-gurunya pada saat menuntut ilmu.

4. Pastikan nama mendeskripsikan Si Kecil nantinya

Terakhir adalah pastikan nama mendeskripsikan Si Kecil nantinya. Sebaiknya gunakan istilah-istilah yang baik seperti sifat-sifat nabi, julukan nabi, nama sahabat nabi yang memiliki kisah luar biasa.

Itulah beberapa tips untuk memberikan nama panjang bayi perempuan Islami. Dengan tips di atas dijamin Bunda akan mendapatkan nama yang sangat cantik. Semuanya bisa Bunda dapatkan dengan mencarinya di sumber terpercaya secara online, di Al-Quran, atau berkonsultasi langsung dengan tokoh agama. (PK)

Simak juga video berikut mengenai nama bayi perempuan Islami terunik, Bun!

[Gambas:Video Haibunda]

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi