sign up SIGN UP search


nama-bayi

Rekomendasi Nama Bayi Perempuan Kristen Terinspirasi Tokoh Terbaik di Alkitab

Tim HaiBunda Selasa, 23 Nov 2021 07:50 WIB
nama bayi Ilustrasi nama bayi perempuan Kristen/Foto: iStock
Jakarta -

Anak merupakan sebuah anugerah yang diberikan Tuhan bagi pasangan suami istri. Berbagai macam cara yang perlu dipersiapkan para calon orang tua saat anaknya hadir ke dunia ini, salah satunya memberikan nama.

Pasangan suami istri yang memeluk agama Kristen disarankan untuk memberikan nama bayi perempuan Kristen yang tidak asal-asalan. Melainkan memilih nama bayi yang berasal dari Alkitab, tokoh agama, atau pun sosok yang memiliki nilai kebaikan.

Ini karena di dalam nama ada doa dan harapan agar kelak kehadiran Si Kecil membawa keberkahan hidup dalam segala aspek. Baik dari sisi agama, keluarga, hingga pendidikan. Nama- nama yang ada di Alkitab sebagian besar menggunakan bahasa Ibrani.


Bukan hanya mengandung sebuah doa, nama-nama yang diambil dari Alkitab juga berasal dari tokoh Kristiani yang menjadi panutan semasa hidupnya. Panutan yang dimaksud bisa berasal dari kebaikan orang maupun ajarannya.

Dalam memilih nama untuk Si Kecil memang bukan suatu hal yang mudah. Nama yang akan diberikan biasanya memerlukan diskusi dengan keluarga bahkan pemuka agama untuk mendapatkan nama bayi cocok dan tepat. Hal ini sebagai suatu harapan Bunda dan Ayah agar suatu saat Si Kecil bisa meneladani sifat kasih dari yang diajarkan oleh Kristus.

Berikut ini rekomendasi nama-nama bayi perempuan Kristen beserta maknanya

Child's hand with a crucifix on a white cloth.nama bayi kristen/ Foto: iStock

1. Abigail

Nama tersebut berasal dari bahasa Ibrani yakni Avigayil, yang artinya 'Ab' artinya Bapa dan 'Gyl' yang berarti suka cita. Jika akar kata tersebut digabungkan artinya 'Bapaku ialah suka cita' atau bisa juga 'Tuhanku merupakan kegembiraan'.

Nama Abigail ini ada dalam Alkitab, 1 Samuel ayat 25:3. Abigail di dalam Alkitab mengarah pada istri Daud yang menjadi raja kedua di kerajaan Israel. Istri Daud merupakan sosok perempuan yang dikenal sebagai wanita cantik, cerdas, bijak, dan mempunyai perilaku yang baik. Nama Abigail menyiratkan kelak Si Kecil mempunyai sifat yang sama dengan istri dari Daud.

2. Adriella

Nama ini mempunyai dalam bahasa Kristiani diartikan sebagai 'Pengikut Tuhan'. Nama Adriella ini merupakan harapan bagi para umat Kristiani supaya kelak Si Kecil menjadi pengikut Tuhan yang taat, patuh, dan senantiasa menebarkan kasih di mana pun dia berada.

3. Ailsie

Nama Ailsie bisa digunakan untuk bayi perempuan, baik nama di depan, tengah, maupun akhir. Ailsie adalah nama bayi perempuan Kristen mempunyai arti 'Mengabdi kepada Tuhan'. Dalam bahasa lain nama Ailsie bisa diartikan sebagai wanita yang baik hati dan mencintai Tuhan.

Nama tersebut adalah doa kebaikan untuk Si Kecil agar selalu ingat dan mengabdi kepada Tuhannya. Tak lupa ia akan menjadi sosok yang mengaplikasikan ajaran agama di kehidupannya.

4. Beth

Nama ini banyak diambil dari berbagai macam bahasa dan nama yang merupakan kepanjangan dari Ratu Elizabeth. Dalam sejarahnya, sebelum abad ke 19 nama tersebut pernah populer di Amerika Utara setelah dipublikasikannya sebuah novel karya Louisa M. Alcott, Little Women, pada tahun 1868.

Dalam bahasa Ibrani Beth diartikan sebagai Tuhan adalah 'Perkataanku'. Dalam bahasa-bahasa lain bisa juga diartikan 'sebuah rumah, sumpahku, Tuhan sebagai penunjuk jalanku'. Pemberian nama Beth pada bayi perempuan diharapkan kelak menjadi anak yang mencintai Tuhannya, baik hati, dan teguh dengan perkataan Sang Pencipta.

5. Bethany

Nama Bethany berasal dari bahasa Inggris yang tercatat dalam Alkitab dalam Perjanjian Baru. Sejarah muasal nama tersebut berasal dari zaman Perang Salib.

Jika sekarang Yerusalem dikenal dengan nama itu, dulu orang-orang menyebutnya kota Al-Eizariya atau sama dengan Al-Izzariya yang artinya 'kediaman Lazarus terletak di sebelah tenggara dari Bukit Zaitun'. Di zaman Perang Salib, Al-Eizariya disebut juga sebagai Betania oleh umat Kristiani dalam bahasa Ibrani artinya rumah (rumah untuk bernyanyi).

Dalam Alkitab, Lazarus disebutkan sebagai saudara sepupu dari Maria dan Marta. Lazarus pernah dibangkitkan Yesus dari kematiannya. Maria adalah sosok perempuan yang pernah meminyaki Yesus dengan memberikan minyak narwastu yang mahal dan menyeka-Nya dengan menggunakan rambut.

Makam Lazarus sendiri saat ini dijadikan tempat yang dianggap keramat oleh orang-orang Kristen dan Islam. Nama tempat lain Bethany dalam Alkitab terletak di seberang sungai Yordan yang merupakan tempat Yohanes membaptis.

6. Carlissa

Nama Carlissa mempunyai arti sebagai 'gadis kecil yang suci', atau nama dalam bentuk lainnya Carlise. Nama Carlissa melambangkan sebagai perempuan yang mempunyai karakter yang baik dan suci. Kehadiran nama ini diharapkan dapat memberikan cahaya bagi sekitarnya melalui kebaikan-kebaikan perilakunya.

7. Chesa

Nama ini melambangkan sosok perempuan yang ulet, terampil, dan kompeten. Kelak, ia menjadi perempauan yang mempunyai kelembutan hati dan murah hati perihal uang. Perempuan dengan nama ini diharapkan menjadi seorang pembicara dan mempunyai bakat khutbah secara alamiah.

Nama Chesa dalam bahasa agama Kristen diartikan sebagai pelindung. Selain dapat menjadi pelindung untuk dirinya, keluarganya, orang sekitarnya, maupun agamanya.

nama bayiIlustrasi nama bayi perempuan Kristen/ Foto: iStock

8. Gloria

Nama Gloria dalam bahasa Latin diartikan sebagai kejayaan, dalam beberapa bahasa yang lain bisa diartikan sebagai kemenangan ataupun keagungan. Karakteristik dari nama Gloria pada bayi perempuan memberikan arti memiliki jiwa penyembuh dan pembimbing, lembut, baik, mempunyai keinginan yang kuat dan berkuasa, fokus dengan tujuan, dan selalu diberkati.

9. Helga

Nama Helga bisa diartikan dari berbagai bahasa. Dalam bahasa Jerman diartikan sebagai 'orang yang saleh', sedangkan dalam bahasa Skandinavia diartikan 'suci, diberkati'. Lain lagi dalam bahasa Rumania yang diartikan 'keramat'.

Secara karakteristik nama ini merujuk pada kreativitas dan urusan bisnis. Jika dalam bahasa sejarah diartikan kemakmuran dan sukses. Nama ini diberikan kepada Si Kecil supaya menjadi wanita yang suci dan memiliki karakter sesuai dengan yang disebutkan dari berbagai bahasa.

10. Judith

Dalam bahasa Kristiani, nama Judith diartikan sebagai 'memuji nama Tuhan atau dia yang nantinya diberkati'. Dalam bahasa lain, Judith diartikan sebagai dia yang akan dipuji, baik hati, dan berjiwa penolong.

Nama Judith yang diberikan kepada bayi perempuan diharapkan menjadi sosok anak yang disayang oleh Tuhan, keluarga, maupun membawa kebahagiaan orang-orang yang bertemu dengannya.

11. Magdalena

Nama Magdalena berasal dari Magdala yang artinya orang yang bertobat, perempuan yang takut akan Tuhannya. Karakter dari nama Magdalena yakni perempuan yang cerdas, berani, dan sosok pekerja keras.

12. Michelle

Dalam ajaran umat beragama Kristen, nama-nama seperti Gabriel, Rafael, dan Michael merupakan nama-nama malaikat Tuhan. Dalam Alkitab dijelaskan Michael ditugaskan menjadi pemimpin dari bala tentara surgawi yang berperang melawan iblis.

Michael yang dimaksudkan dalam versi feminim yaitu Michelle yang memiliki arti orang yang menyukai Tuhannya dan membawa keadilan Tuhan. Karakternya sebagai pemberi rezeki dan kebaikan kepada orang lain.

Itulah tadi rekomendasi nama bayi perempuan Kristen yang bisa digunakan saat mencarikan nama Si Kecil yang tepat sesuai dengan Alkitab dan mempunyai arti ataupun makna yang bagus sebagai doa dan harapan bagi Bunda dan Ayah kelak. (PK)

Simak juga video berikut mengenai rangkaian nama bayi perempuan kristen berikut ya, Bun.

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!