sign up SIGN UP search


nama-bayi

Lengkap! Inilah Panduan Memilih Nama Bayi Laki-laki Islam Modern Beserta Pilihannya

Tim Haibunda   |   Haibunda Minggu, 05 Jun 2022 07:20 WIB
Adorable baby boy, lying on the floor, toy cars around him , looking at the camera, shot from above caption
Jakarta -

Jakarta - Ketika akan mendekati hari kelahiran Si Kecil, Bunda dan Ayah tentunya sudah mulai mencari dan memilih nama bayi yang bagus dan memiliki makna yang baik.

Memilih nama bayi memang hal yang susah-susah gampang, apalagi jika Bunda menginginkan Si Kecil memiliki nama yang unik dan berbeda daripada biasanya. Pastinya ada banyak pertimbangan yang perlu dipikirkan secara matang sebelum tentukan nama bayi yang nantinya dipakai.

Memilih nama bayi memang perlu dilakukan dengan matang, terlebih ke depannya nama bayi tersebut akan jadi identitas Si Kecil selamanya dan tak dapat dipisahkan.


Nama bayi yang baik akan menjadi doa dan harapan Bunda serta Ayah untuk sang buah hati, begitu pula sebaliknya. Jadi, perlu berhati-hati memberi nama bayi karena mungkin di masa mendatang anak akan merasa rendah diri karena nama yang diberikan tak bagus atau bahkan mempunyai arti tak baik.

Kita bisa belajar dari para orang tua sebelumnya yang tak sedikit memberikan nama bayi tanpa perhitungan yang matang. Karena kurangnya akses informasi, banyak orang tua zaman dulu yang tak sadar nama anaknya memiliki arti lain yang kurang bagus.

Kayu Putih Sebagai SkincareKayu Putih Sebagai Skincare/ Foto: HaiBunda/Annisa Shofia

Untungnya, saat ini Bunda dan Ayah dapat lebih mudah untuk memilih nama bayi yang baik karena dukungan internet yang kian pesat dan sekarang pun banyak buku mengenai inspirasi nama bayi yang baik disertai artinya.

Mencari serta memilih nama bayi sendiri pun dapat semakin mudah apabila berdasarkan pada jenis kelamin bayi. Jadi, jika Bunda sudah tahu jenis kelamin Si Kecil, dapat mulai cari nama-nama bayi yang cocok untuknya.

Misalnya jika bayi berjenis kelamin laki-laki, Bunda dapat mulai cari rekomendasi nama bayi laki-laki yang keren, atau jika Anda menginginkan nama bayi laki-laki yang islami tapi modern bisa mulai cari rekomendasi nama bayi laki-laki islam modern.

Seperti yang sebelumnya dikatakan, memilih nama bayi perlu berhati-hati sekali. Ada sejumlah hal yang dapat dikatakan sebagai alasan sekaligus pengaruh mengapa harus berikan nama baik ke anak. Pastinya alasan itu yang membuat pemilihan nama harus dipikirkan matang dan tak bisa secara sembarangan. Nah, apa saja alasan tersebut? Berikut pembahasannya.

Alasan-Alasan perlu berikan nama baik pada bayi

1. Nama merupakan doa

Orang tua pastinya tak ingin doakan anaknya yang kurang baik. Mendoakan hal baik ke anak bisa Bunda wujudkan dengan berikan nama yang baik. Oleh karena itu, memilih kemudian memberi nama anak yang bermakna baik adalah kewajiban dari orang tua. Entah nama tersebut dari bahasa Indonesia ataupun bahasa asing, terpenting adalah nama itu punya arti kebaikan serta dapat menjadi doa untuk anak.

2. Nama bisa tingkatkan percaya diri anak

Nama bisa berikan pengaruh ke anak saat tumbuh besar, terutama di perkumpulan sosial. Ada banyak orang yang saat dewasa mengganti namanya, kemudian memakai nama samaran karena merasa tak percaya diri dengan namanya yang asli.

Walaupun ada pula beberapa yang memakai nama samaran untuk tutupi identitas yang tak boleh diketahui oleh siapapun. Namun, memberikan nama anak yang bagus akan buat anak jadi lebih percaya diri, apalagi saat sedang bergaul.

Oleh karena itu, Bunda sebagai orang tua perlu cermat untuk pilih dan berikan nama anak supaya mereka kelak jadi bangga memakai nama asli yang diberikan orang tua.

Nah, itulah sejumlah alasan mengapa memilih nama bayi baik perlu sekali. Sebagai orang tua pastinya Anda inginkan semua yang terbaik bagi anak, maka senantiasa didoakan untuk kebaikan sang anak. Untuk itu, berilah nama anak yang tak hanya bagus tapi juga bermakna baik supaya selalu jadi doa bagi Si Kecil.

Supaya Bunda lebih mudah di dalam memberikan nama yang baik dan pastinya memiliki arti yang baik, di pembahasan kali ini HaiBunda akan memberikan beberapa rekomendasi nama bayi laki-laki Islam modern yang bisa dijadikan inspirasi.

Nah, berikut ini rekomendasi nama-nama tersebut:

Infografis nama bayiNama bayi laki-laki/ Foto: Infografis nama bayi

Nama bayi laki-laki islami beserta artinya dari abjad A

Jika sekarang Bunda sedang cari nama untuk bayi laki-laki, dapat simak beberapa inspirasi nama-nama anak lelaki islami dari abjad A di bawah ini:

  1. Akhtar: Bintang
  2. Akins: Berani
  3. Alfarizqi: Bawa rezeki
  4. Alfareezel: Kebaikan sempurna
  5. Anas: Cinta, kasih, kemesraan
  6. Arsakha: Seorang bangsawan dermawan
  7. Arhab: Seorang lapang hati
  8. Asraf: Sangat mulia
  9. Aqil: Seorang yang berakal
  10. Aulian: Pemimpin, teman, semangat

Nama bayi laki-laki islami yang modern abjad B sampai D

Selanjutnya ada rekomendasi beberapa nama bayi laki-laki islami yang modern dari abjad B hingga abjad D:

  1. Baihaqi: Seorang Iman perawi hadis
  2. Badzil: Berusaha sekuat tenaga
  3. Baaqir: Ilmu yang mumpuni
  4. Bahir: Tampan, rupawan, menawan
  5. Bahtiar: Kayam, sentosa, sejahtera
  6. Chairi: Kebaikan
  7. Dhahir: Lembah indah
  8. Dhiaulhaq: Sinar Cahaya
  9. Dafa, Daffa: Pembela
  10. Dhafir: Pemenang, juara
  11. Dzaka: Anak pintar, cerdas, dan pandai

Nama bayi laki-laki Islam modern dari abjad E sampai F

Berikutnya adalah ide-ide bayi laki-laki islam modern dari abjad E hingga F:

  1. Eman: Kepercayaan
  2. Fadhal: Kelebihan, kebaikan
  3. Faruq: Orang yang dapat bedakan mana yang benar dan mana yang salah
  4. Fahrian: Kemegahan, kebanggaan
A baby boy sitting in his high chair.He is holding a bottle in his hands.Nama bayi laki-laki/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Ivanko_Brnjakovic

Contoh rangkaian nama bayi laki-laki Islam modern 

Setelah rekomendasi beberapa ide nama bayi laki-laki di atas, berikut ini adalah contoh rangkaian nama bayi laki-laki islami dan modern yang bisa Bunda jadikan ide dan inspirasi:

1. Hafizh Noval Shafwann

Laki-laki yang berparas tampan serta cakap yang punya pribadi dermawan dan selalu memelihara kesucian hidup.

2. Hagla Fathar Ghazalah

Laki-laki berpengetahuan luas serta bisa ciptakan sesuatu yang bermanfaat dan berguna untuk banyak orang.

3. Alby Luthfy Fachry

Laki-laki yang baik, memiliki hati lembut serta bersahaja.

4. Izza Fannan Pramudya

Anak pertama laki-laki yang terlahir kaya raya serta mempunyai kedudukan terhormat.

5. Kaif Asla Uzair

Anak laki-laki yang selalu menolong dan mempunyai semangat yang tinggi dengan dipenuhi oleh kelembutan.

6. Akhdan Fahri Azhari

Laki-laki yang wajahnya berseri-seri selalu dan menjadi sahabat dan kebanggaan.

Sebetulnya mendapatkan ide untuk nama bayi Bunda dapat berasal dari mana pun. Terlebih sekarang sudah kian banyak referensi yang dapat dipakai untuk mencari nama-nama tersebut, seperti:

Referensi untuk dapatkan ide nama bayi

1. Film

Jika suka nonton film, Bunda bisa mendapatkan nama bayi dari nama-nama karakter yang ada di dalam film. Bunda bisa memasukkan nama karakter yang disukai ke dalam daftar calon nama anak.

2. Buku

Bunda bisa membeli buku-buku mengenai ide nama anak yang ada di pasaran. Ada banyak ide dan referensi nama anak bagus dan artinya baik di buku-buku tersebut.

3. Internet

Kemajuan teknologi dapat Bunda manfaatkan untuk mencari ide nama anak. Sekarang ini sudah banyak informasi mengenai nama bayi dan artinya yang bisa didapatkan dengan mudah di internet.

Itulah beberapa rekomendasi nama bayi laki-laki Islam modern yang dapat dijadikan sebagai ide dan inspirasi Bunda di dalam memberikan nama anak yang bagus, bermakna baik, dan bisa menjadi doa baik dari orang tua. Semoga bermanfaat!(PK)

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga video tentang nama bayi di bawah ini:

(pri/pri)
Share yuk, Bun!
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!