sign up SIGN UP search


nama-bayi

Tips Memilih dan Rekomendasi Nama Bayi Laki-Laki Jawa Modern 2022

Tim HaiBunda   |   Haibunda Minggu, 17 Jul 2022 07:20 WIB
Cute little baby boy with little rabbit in bed after bath, baby after shower, cute child smiling at camera, bunny hext to  him Nama bayi laki-laki Jawa modern/Foto: iStock
Jakarta -

Nama bayi laki-laki Jawa modern banyak dicari oleh masyarakat, bahkan oleh mereka yang bukan keturunan dari suku Jawa.

Nama-nama khas suku Jawa memang terdengar unik dan 'Indonesia banget'. Untuk nama bayi laki-laki, biasanya inspirasinya diambil dari tokoh pewayangan atau nama-nama tokoh legenda dari kisah rakyat.

Arti dari nama-nama tersebut beragam, Bunda. Namun secara umum biasanya mengandung makna kekuatan, keberanian, maupun kebijaksanaan.


Banner 50 Tanda Hamil

Bagi Bunda yang merupakan suku Jawa asli, nama khas Jawa itulah akan menghadirkan kesan tersendiri, sebab itu akan mencerminkan identitas keluarga. 

Jangan sampai Bunda menyesal karena tidak memilih nama terbaik untuk bayi laki-laki Bunda, lho. Jauh sebelum hari kelahirannya, persiapkanlah dengan mencari referensi sebanyak mungkin.

Walaupun terkesan mudah, tetapi menemukan nama yang cocok untuk bayi laki-laki Bunda dan Ayah bisa jadi cukup rumit karena mencari yang terbaik.

Tips memilih nama bayi laki-laki

Nama untuk calon bayi Bunda dapat ditemukan dari berbagai macam sumber. Bunda dan Ayah hanya perlu banyak-banyak mencari referensi. 

Apabila ini adalah pengalaman pertama kali Bunda akan memberikan nama untuk calon buah hati, terdapat beberapa hal penting yang wajib diketahui.

1. Pastikan silsilah keluarga

Apabila Bunda bingung dalam memberikan nama buat si kecil, cobalah untuk mengecek silsilah keluarga terlebih dahulu. Biasanya terdapat banyak inspirasi nama tak terduga setelah Bunda mengeceknya.

Bunda juga bisa menemukan nama yang unik dan menarik ketika mengecek silsilah keluarga. Jika memungkinkan, Bunda bisa menggunakannya usai meminta izin pada yang bersangkutan.

2. Jangan cari nama setelah bayi lahir

Tips berikutnya dalam mencarikan nama buat si kecil adalah sebaiknya jangan dilakukan setelah mereka lahir. Sebisa mungkin mulai lakukan pencarian jauh sebelum mereka lahir. Sebab dengan begitu, Bunda dan Ayah akan mempunyai waktu banyak buat mencari inspirasi untuk pemilihan nama.

3. Pilih nama yang mudah ditulis

Kesalahan bagi banyak orang tua dalam memilihkan nama buat anak mereka adalah hanya memikirkan kosa kata atau kepenulisan yang unik dan berbeda dibandingkan dengan lainnya. Padahal sangat disarankan agar memilih nama dimana mudah buat ditulis. Agar tidak akan menyulitkan mereka di kemudian hari.

4. Pilih yang memiliki makna baik

Di samping itu, sebaiknya pemilihan nama juga harus diperhatikan makna yang terdapat di dalamnya juga. Jangan memilih nama karena unik saja tetapi di dalamnya tidak mempunyai makna atau bahkan bermakna buruk. Ingat bahwa pemilihan nama tersebut juga tersirat doa-doa baik dari para orangtua.

5. Jangan terlalu pendek atau panjang

Tips yang satu ini mungkin sering dilewatkan oleh para orang tua dimana tidak memperhatikan jumlah kata di dalamnya. Sebaiknya Bunda pilihyang tidak terlalu pendek ataupun panjang, ya. Rangkaian nama bayi laki-laki yang terdiri dari tiga suku kata sudah cukup ideal, kok.

Nama bayi laki-laki

Inspirasi nama bayi laki-laki Jawa modern

Dari sekian banyaknya inspirasi nama buat bayi laki-laki Jawa, ada lho yang masih terkesan modern sehingga tidak membuat nama Si Kecil terkesan lebih tua dari usianya. Simak daftarnya berikut ini:

1. Abimana

Inspirasi nama Jawa yang pertama adalah Abimana yang mempunyai makna berbudi tinggi. Nama ini ternyata juga dimiliki oleh salah satu aktor kawakan di Indonesia yakni Abimana Aryasatya. 

2. Abyasa

Abyasa merupakan nama laki-laki Jawa dengan makna cerdas. Nama ini sangat cocok disematkan pada buah hati dimana Bunda menginginkan mereka agar bisa tumbuh menjadi seorang pribadi yang cerdas.

3. Adikara

Adikara mempunyai makna berwibawa. Nama tersebut terdengar gagah ya, Bunda.

4. Banyu

Kata banyu ini pastinya sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar orang bukan? Mungkin Bunda sudah tahu, Banyu berarti air.

5. Damar

Nama Damar pastinya sudah sering Bunda dengarkan bukan? Tetapi apa sebenarnya maknanya? Maknanya sangat bagus lho, Bunda, yakni lampu atau penerang. Semoga kelak Si Kecil jadi penerang untuk hidupnya sendiri, juga untuk orang-orang di sekitarnya.

6. Danuja

Ingin memberikan nama unik dan berbeda pada buah hati Bunda? Danuja inilah dapat menjadi bahan perimbangan lainnya. Adapun makna dari Danuja sendiri adalah Ksatria Utama.

7. Endra

Makna dari nama Endra adalah tampan sehingga sangat cocok buat disematkan pada bayi laki-laki Bunda tersebut.

Inspirasi nama bayi laki-laki Jawa modern lainnya

Masih belum puas dengan daftar nama di atas? Jangan khawatir karena kami masih mempunyai beberapa inspirasi nama lainnya.

1. Galang

Inspirasi berikutnya adalah Galang dimana nama ini mungkin juga sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar orang. Adapun arti nama jawa ini adalah membuat atau menggerakkan.

2. Janitra

Janitra menjadi inspirasi nama berikutnya yang dapat dipertimbangkan untuk bayi laki-laki Bunda. Adapun makna dari Janitra sendiri adalah berwibawa. Di samping itu, makna lainnya adalah berderajat tinggi.

3. Luhur

Nama satu ini terdengar cukup unik dan berbeda dari lainnya. Luhur sendiri mempunyai makna cukup bagus juga yakni mulia. Nantinya diharapkan Si Kecil dapat menjadi sosok mulia di kemudian hari.

4. Mahasura

Mahasura berarti perjuangan besar. Ini bisa jadi punya nilai filosofis jika kelahiran Si Kecil punya cerita tersendiri. Nama Mahasura juga masih jarang terdengar, ya, Bunda.

5. Nalendra

Nalendra inipun wajib dipertimbangkan. Adapun nama tersebut berasal dari Bahasa Sansekerta yang mempunyai makna batu safir biru terang.

6. Rajendra

Nama ini terdengar cukup unik dan jarang dimiliki oleh banyak orang bukan? Selain anti mainstream, nama inipun mempunyai makna cukup bagus yakni sangat tampan.

7. Sambada

Inspirasi nama bayi laki-laki lainnya adalah Sambada ini. Sambada memiliki beberapa makna sekaligus yakni lebih, pantas hingga handal.

8. Wijaksana

Nama bayi laki-laki Jawa modern ini mempunyai arti bijaksana. Pemilihan nama untuk anak laki-laki memang tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena di dalam nama itulah ternyata terkandung doa sekaligus harapan bagi orang tua.

Semoga ada nama bayi laki-laki yang Bunda sukai dalam daftar ini, ya. 

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Tonton video berikut untuk inspirasi nama bayi lainnya:

[Gambas:Video Haibunda]



(fia/fia)
Share yuk, Bun!
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!