nutrisi

Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Beri Anak Finger Food

Radian Nyi Sukmasari Kamis, 06 Sep 2018 - 17.59 WIB
Ilustrasi anak makan finger food/ Foto: iStock Ilustrasi anak makan finger food/ Foto: iStock
Jakarta - Finger food bisa mulai diberi ke anak setelah dia berusia 6 bulan. Apalagi, ketika berlatih mengonsumsi finger food pada dasarnya ada kemampuan anak yang sedang berkembang, Bun. Boleh-boleh saja Bunda mencoba mengenalkan anak finger food, tapi perhatikan dulu beberapa hal ini ya.

Seperti dirangkum HaiBunda, berikut ini 5 hal yang perlu Bunda perhatikan ketika hendak beri si kecil finger food. Mari disimak, Bun.

1. Tanda Anak Siap Dapat Finger Food

Ahli nutrisi Crystal Karges mengatakan bayi disebut sudah siap mendapat finger food ketika mereka sudah bisa duduk mandiri dan tegak untuk menghindari risiko tersedak. Kemudian, mereka bisa mengambil sesuatu memakai tangannya dengan baik kemudian memasukkan ke mulut. Bahkan, kadang anak yang sudah siap mendapat finger food terlihat ingin sekali ketika melihat orang tuanya makan, Bun.

"Kadang orang tua khawatir. Sebagai orang tua percayalah pada insting kita. Ketika kita menawarkan anak finger food dan mereka belum siap biasanya mereka akan mendorong makanan itu dengan lidah mereka," tutur Crystal.

2. Apa Finger Food Terbaik?

Crystal merekomendasikan pisang, kentang kukus, alpukat bahkan scrambled egg sebagai finger food. Jangan lupa beri anak finger food yang bervariasi untuk menekan kemungkinan anak menjadi picky eater. Kita juga bisa lho, memberi finger food pada bayi berupa buah yang dipotong-potong. Jangan lupa untuk menghindari risiko tersedak beri makanan dengan potongan yang nggak terlalu kecil.

"Hindari anggur utuh, tomat ceri utuh, kacang, roti kering keras dan makanan berbentuk koin utnuk mengurangi risiko tersedak," ujar Crystal.



3. Ingat Nutrisi Finger Food

Ingat, Bun, finger food hanyalah makanan pelengkap. Artinya, kita tetap perlu memastikan si kecil mendapat nutrisi seimbang yakni mengandung 4 bintang yaitu kacang-kacangan, protein hewani, karbohidrat dan buah serta sayur. Apalagi, ketika awal makan finger food anak cenderung nggak menghabiskan makanan yang diberikan kan, Bun?

4. Nggak Melulu Diberi Saat Usia Anak 6 Bulan

Ketika anak berusia di atas 6 bulan dan belum bisa diberi finger food, nggak masalah, Bun. Biasanya di umur 9 bulan si kecil sudah bisa memegang sesuatu hingga ia mulai bisa memegang makanannya sendiri. Di usia 9 bulan bayi sudah mengembangkan keterampilan motorik halus sehingga memiliki kemampuan untuk membuat gerakan kecil yang tepat seperti memegang potongan kecil makanan dan makan sendiri. Bayi akan memegang makanan antara jari telunjuk dan juga jempolnya dengan cara menjepit. Cara makan ini juga sekaligus mengembangkan kemampuan motorik serta kemandirian bagi bayi.

5. Tetap Awasi Bayi

"Jangan pernah tinggalkan bayi tanpa pengawasan dan pastikan mereka selalu duduk tegak," jar Crystal. Bagaimanapun, saat makan finger food bayi sedang dalam proses belajar, Bun. Sehingga, akan lebih aman ketika kita menghindari risiko yang bisa berbahaya bagi anak.


(rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi