nutrisi

3 Cara Memilih Alpukat yang Sudah Matang

Zika Zakiya Selasa, 25 Sep 2018 - 09.04 WIB
Ilustrasi cara memilih alpukat/Foto: iStock Ilustrasi cara memilih alpukat/Foto: iStock
Jakarta - Alpukat menjadi salah satu buah yang difavoritkan dalam hal diet. Selain karena rasanya enak, manfaat alpukat juga bisa mengontrol tekanan darah, mencegah stroke, dan serangan jantung.


Melansir detikcom, alpukat bahkan bisa memperlambat penuaan otak dan mencegah penyakit ginjal. Nutrisionis Jansen Ongko, MSc, RD menjelaskan bagi mereka yang memiliki masalah dengan penyakit ginjal, konsumsi buah alpukat sangat dianjurkan.

Menurut Jansen, salah satu kelebihan dari alpukat adalah buah ini memiliki kandungan beta-sitosterol yang tinggi. Kandungan ini diyakini dapat membantu mengurangi kadar kolesterol, yang membantu bagi pasien penyakit ginjal. Demikian dikutip dari artikel 4 Manfaat Alpukat yang Sudah Terbukti Secara Ilmiah.

Agar Bunda bisa memilih alpukat yang tepat dan sudah matang, ikuti tips berikut ya. Semoga bisa membantu ketika Bunda memilih buah berdaging hijau ini.

1. Warna Lebih Gelap

Ilustrasi cara memilih alpukatIlustrasi cara memilih alpukat Foto: Istimewa

Dikutip dari Love One Today, jika Bunda memilih sekumpulan alpukat, pilihlah yang warnanya lebih gelap. Alpukat dengan warna ini biasanya lebih matang dibanding alpukat berwarna terang. Tapi periksa juga dengan saksama jangan sampai kulitnya sudah terluka atau terbuka.

2. Taruh di Tangan

Ilustrasi cara memilih alpukatIlustrasi cara memilih alpukat Foto: Ilustrasi/thinkstock


Letakkan alpukat di telapak tangan Bunda.

3. Remas perlahan

Ilustrasi cara memilih alpukatIlustrasi cara memilih alpukat Foto: iStock


Untuk memeriksa kematangannya, tekan sedikit alpukat tapi tanpa menggunakan jari tangan. Cukup remas dengan telapak tangan. Namun ingat ya, jangan sampai meninggalkan luka pada kulit buah.

Alpukat yang sudah siap disantap akan terasa ringan-lembut tapi tidak terasa lembek. Simpan di dalam kulkas selama satu sampai dua hari untuk mencegah buah jadi terlalu matang.

Semoga tips ini membantu Bunda dalam memilih alpukat yang baik ya. Selamat mencoba, Bunda.

[Gambas:Video 20detik]

(ziz/rdn)

Share yuk, Bun!
Rekomendasi