nutrisi

Resep Lumpia Basah Udang Sayur, Menu Sehat untuk Diet

Zika Zakiya Jumat, 07 Des 2018 - 12.33 WIB
Resep Lumpia Basah Udang Sayur/ Foto: Semua Bisa Masak TransTV Resep Lumpia Basah Udang Sayur/ Foto: Semua Bisa Masak TransTV
Jakarta - Lumpia basah udang sayur, hmmm...nama dari masakan ini saja sudah menyehatkan untuk Bunda yang sedang mencari menu diet. Bentuknya yang transparan, membuat Bunda bisa melihat langsung isi lumpia yang terdiri dari udang dan beberapa jenis sayuran.

Lumpia atau spring roll memang merupakan panganan khas dari Asia Timur dan Asia Selatan. Isi dari lumpia ini sendiri bisa disesuaikan dengan selera si pembuat atau pun masyarakat sekitar.


Untuk resep Lumpia Basah Udang Sayur ini, Bunda akan dipandu oleh Chef Dea Vialdo dari program Semua Bisa Masak Trans TV. Perhatikan bagaimana hanya bahan udang dan bihun yang melalui proses masak. Sedangkan bahan lainnya adalah sayur alami yang langsung disantap. Untuk bagian kulitnya pun adalah kulit lumpia vietnam yang tidak membutuhkan proses penggorengan.

Resep Lumpia Basah Udang SayurResep Lumpia Basah Udang Sayur Foto: Semua Bisa Masak TransTV

Bahan:
15 buah udang kupas
Kulit lumpia vietnam
Air secukupnya
1 buah bawang bombai
1 buah wortel
50 gr kol merah
200 gr bihun kering
Daun mint secukupnya
10 lembar daun selada
Daun ketumbar secukupnya


100 ml air
1 sdm cuka beras
1 sdm hoisin
1 sdm selai kacang
Gula dan garam secukupnya

Cara membuat:
1. Belah dua wortel lalu potong panjang dan tipis. Hal yang sama juga lakukan pada kol dan bawang bombai. Sedangkan untuk daun selada cukup dipotong menjadi beberapa bagian.

2. Siapkan teflon, beri minyak secukupnya. Masukkan udang yang sudah dikupas lalu beri garam secukupnya. Tumis hingga matang. Angkat dan pisahkan.

3. Didihkan 100 ml air lalu masukkan bihun dan tunggu hingga tidak keras lagi.

4. Sementara menunggu bihun, Bunda bisa membuat kulitnya lebih dulu. Yakni dengan masukkan kulit lumpia beberapa detik ke dalam air hingga agak melunak tapi biarkan agak sedikit kaku. Jangan sampai terlalu lembek karena nantinya akan menyulitkan saat proses pelipatan.

5. Setelah direndam, bentangkan kulit lumpia di atas talenan lalu isi dengan udang dari poin (2), bihun dari poin (3), dan sayuran potong dari poin (1).

6. Setelah semua bahan masuk, lipat kulit berbentuk segi empat hingga semua tertutup. Lakukan hal yang sama berulang sesuai jumlah bahan.

7. Lanjut untuk membuat sausnya dengan cara siapkan mangkuk dan masukkan saus hoisin, selai kacang, cuka beras, dan 100 ml air. Lalu tambahkan garam dan gula secukupnya, aduk hingga merata.

8. Saatnya penyajian dengan tuangkan saus dari poin (7) ke atas piring saji dan letakkan lumpia basah dari poin (6). Bisa juga Bunda tambahkan saus tersebut di atas lumpia bersama dengan biji wijen dan daun mint.

9. Selamat menikmati.

[Gambas:Video 20detik] (ziz/muf)

Share yuk, Bun!
Rekomendasi