nutrisi

8 Ide Snack Sehat agar Si Kecil Anteng Selama Penerbangan

Dwi Indah Nurcahyani Selasa, 12 Mar 2019 - 16.07 WIB
Tips makanan anak di pesawat/ Foto: iStock Tips makanan anak di pesawat/ Foto: iStock
Jakarta - Membayangkan si kecil duduk manis tanpa 'drama' selama penerbangan? Wah, rasanya semua ibu ingin anaknya bisa anteng selama penerbangan ya. Anak-anak cenderung cepat bosan, sehingga susah disuruh duduk diam dalam penerbangan yang memakan waktu jam.

Perjalanan dua hingga tiga jam, terasa seharian saat menghadapi polah si kecil yang banyak mau. Di antaranya ada yang cranky mau turun, ingin jalan-jalan di dalam pesawat, bahkan ada yang minta makan. Tentu khawatir kan, memberikan makanan sembarang untuk anak-anak.

Belajar dari pengalaman tersebut, sangat penting membuat perencanaan matang saat ingin membawa si kecil terbang. Seperti dikatakan Daniel Bagner, seorang psikolog di Center for Children and Families dan Direktur di Early Childhood Behavior Lab di Florida International University, orangtua harus mencari cara untuk menjaga anak-anak mereka duduk manis di kursi.


"Anak-anak juga perlu diajarkan sopan santun secara lembut ya, Bun, selama perjalanan udara dilakukan,"kata penulis buku anak Monsters Don't Ride on Airplanes, Hillarye Fuller dikutip dari laman Usa Today.

Dijelaskan Fuller, orang tua berperan penting dalam mengurangi perilaku buruk anak-anak selama di pesawat. Beberapa persiapan penting di antaranya dengan membawa makanan yang cukup, pakaian ganti, dan hiburan untuk anak-anak sehingga mereka duduk manis sampai tujuan.

8 Ide Snack Sehat agar Si Kecil Anteng Selama PenerbanganAnak di pesawat/ Foto: iStock

Berbicara soal makanan nih, Bun, memang penting banget untuk membawakan buah hati camilan kesukaannya. Beberapa camilan atau snack yang bisa Bunda bawakan tentunya dapat disesuaikan dengan usianya, Bun. Berikut ini beberapa ide snack sehat yang bisa dijadikan panduan, seperti dikutip dari laman Thekitchn.

Bayi - 1 tahun:

- Untuk bayi tentunya tidak membutuhkan apa pun selain ASI dan susu formula (jika si kecil minum susu tambahan). Siapkan botol susu dan susu di dalam botol sehingga memudahkan Bunda untuk membuatnya ketika di pesawat.

- Puff atau sereal. Makanan ini mudah dimakan dan tentunya sangatlah disenangi anak-anak.

- Tofu potong dadu, nggak cuma sehat tetapi juga makanan ini bisa tahan dengan suhu ruangan tanpa mengubah rasanya.

- Ubi panggang, snack kesukaan si kecil yang tidak hanya manis tapi juga sehat untuk si kecil, Bun.

1 - 2 tahun:

- Pasta. Snack praktis dan pastinya disukai si kecil dengan berbagai topping sehat yang bisa Bunda tambahkan di dalamnya.

- Sandwich. Snack ini mudah dikemas dan praktis membuatnya. Cocok dijadikan snack selama perjalanan udara untuk si kecil, Bun.

- Granola atau sereal

- Potongan buah mangga, irisan apel, atau buah kering lainnya.


Nah, ternyata enggak serepot yang dibayangkan bukan? Dengan persiapan yang terencana, si kecil pastinya akan menikmati penerbangan ditemani snack kesukaannya. Selamat mencoba, Bun.

[Gambas:Video 20detik]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait
Rekomendasi