parenting

Snack yang Disarankan Dokter untuk Balita Saat Mudik

Asri Ediyati Rabu, 22 May 2019 17:30 WIB
Snack yang Disarankan Dokter untuk Balita Saat Mudik
Jakarta - Mudik membawa anak berarti kita perlu mengutamakan kenyamanannya. Termasuk menyediakan makanan camilan atau snack selama perjalanan. Menurut dr.Ameetha Drupadi, persiapan makanan mudik dibuat yang memudahkan Bunda saja.

"Kalau ibu-ibu nanti mudik bersama anak yang sudah mulai makan sebenarnya lebih enak. Jadi persiapan makanan buat mudik jangan ribet-ribet. Mungkin misalnya yang makanan berkarbohidrat tempatnya dipisah sama makanan yang berprotein," ujar dokter yang berpraktik di Mayapada Hospital itu kepada HaiBunda.


Untuk snack, Ameetha mempersilakan Bunda untuk memberikan biskuit MPASI instan, lalu buah-buahan, makanan rumahan yang biasa dikonsumsi orang tuanya.


"Kudapan seperti tempe, kentang, kolak kalau memang ada kan ada labu, ubi, atau pisangnya. Bayi sudah bisa makanan sama seperti makanan dewasa, apa yang Bunda makan boleh dimakan tapi teksturnya dilumat," kata Ameetha.
Cara Mengecat Dinding Seperti Wallpaper
Ameetha menjelaskan, bayi enam sampai sembilan bulan boleh dilumat. Lalu, sembilan sampai 12 bulan kita cincang saja snack-nya, Bun. Yang penting menurutnya adalah yang bebas MSG. Jadi usahakan jangan beli snack ringan yang memiliki MSG ya, Bun.


Jika mau yang lebih praktis lagi, Bunda bisa siapkan buah kering. Buah kering bisa jadi pilihan camilan sehat anak selain buah potong. Buah kering bisa berupa kurma, kismis, atau aprikot.

Bunda juga bisa memilih buah yang sudah dijadikan keripik, misalnya keripik nangka atau apel. Kalau Bunda memilih kurma sebagai buah kering camilan anak, keuntungannya adalah daya tahan tubuh anak bisa meningkat.

[Gambas:Video Haibunda]

(aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi