nutrisi

Banyak Pantang Makanan Saat Hamil Bikin Bayi Mudah Alergi?

Yuni Ayu Amida Minggu, 17 Mar 2019 - 18.30 WIB
Banyak Pantang Makanan Saat Hamil Buat Bayi Mudah Alergi? /Foto: Istock Banyak Pantang Makanan Saat Hamil Buat Bayi Mudah Alergi? /Foto: Istock
Jakarta - Mungkin bukan hal aneh lagi kalau ibu hamil biasanya menghindari makanan tertentu karena khawatir janinnya terkena alergi. Di sisi lain, banyak pula ibu menyusui tidak makan makanan tertentu karena khawatir ASI bisa tercampur dengan zat yang kurang baik.

Tapi, tahukah Bunda bahwa terlalu memantang makanan saat hamil bisa membuat anak rentan alergi?


Dokter spesialis alergi imunologi dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Dr. dr.Zakiudin Munasir, Sp.A(K), mengatakan bahwa ibu hamil dan ibu menyusui dilarang memantang makanan hingga anaknya berusia 2-3 tahun. Kecuali makanan yang menyebabkan alergi pada sang ibu sendiri.

"Pada anak yang punya bakat alergi, selama belum timbul alerginya tidak boleh pantang-pantang. Ini akan menyebabkan bayi justru tidak akan toleran dengan makanan. Dan kalaupun sudah timbul, hanya boleh pantang makanan pencetus alergi tersebut," tutur dokter yang biasa disapa Zaki, dikutip dari CNN Indonesia.

Secara umum, alergi disebabkan faktor keturunan atau genetika dan faktor lingkungan. Berdasarkan penelitian, anak dengan ibu pengidap alergi akan lebih rentan 30 persen terkena alergi.

Senada dengan Zaki, ahli gizi dr.Marudut BS, MPS. memaparkan bahwa mengonsumsi makanan yang dipantang justru bisa menghilangkan alergi. Ia pun menyarankan agar pelan-pelan mencoba terus makanan hingga akhirnya sensitivitas menurun. Hal ini juga bisa dilakukan bagi yang alergi pada udang dan ikan.

"Orang yang alergi, terutama alergi makanan tertentu, itu kan sensivitas dalam tubuhnya amat tinggi. Nah, kalau dikasih terus, sensivitasnya jadi menurun," jelas Marudut, seperti dilansir detikcom.

Meski demikian, ini bukanlah satu-satunya obat atau cara untuk menghilangkan alergi. Bukan berarti juga pengidap alergi bisa sembuh dengan langsung makan makanan yang jadi pantangan dalam jumlah banyak.

"Bukannya sekali langsung banyak atau terus-terusan banyak setiap hari, tapi pelan-pelan. Pelan dan sedikit-sedikit, baru nanti lama-lama bisa," ujar Marudut.



Namun, Zaki punya pendapat pula soal ini, menurutnya mungkin beberapa orang yang membiasakan makan makanan itu, alergi bisa hilang. Tapi ada juga yang malah shock dan dibawa ke rumah sakit.

Menurut Zaki, alergi bisa diatasi dengan tiga cara. Pertama dengan menghindari pemicu alergi atau alergennya. Kedua, pemberian obat pada saat alergi sudah muncul. Terakhir, pemberian penghilang gejala, yakni obat yang sifatnya menyembuhkan dalam jangka panjang dan aman. (yun/muf)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi