parenting

Saat Bunda Hamil Boleh Kok Pelihara Hewan, Tapi...

Yuni Ayu Amida Kamis, 04 Apr 2019 11:32 WIB
Saat Bunda Hamil Boleh Kok Pelihara Hewan, Tapi...
Jakarta - Saat hamil, mungkin Bunda merasa takut memelihara hewan karena khawatir bisa membahayakan kandungannya. Nah, sebenarnya boleh enggak sih memelihara hewan saat hamil?

Dikatakan dokter hewan, drh. Elvinkan Ruth, tidak apa-apa ibu hamil memelihara hewan. Yang terpenting, hewan yang dipelihara tersebut harus dipastikan bersih dan sehat.


"Boleh, enggak ada masalah (pelihara hewan)," kata Elvinkan saat ngobrol dengan HaiBunda, baru-baru ini.


"Kita harus pastikan dulu ini hewan sehat apa enggak, kalau aman, oke tinggal bareng enggak apa-apa," lanjutnya.

Elvinkan menambahkan, secara spesifik memang tidak ada hewan yang dilarang dipelihara saat Bunda hamil. Misal, Bunda ingin memelihara kucing, tapi takut terkena toksoplasma dan menularkan ke janin. Gimana ya?

"Toksoplasma bukan di rambut kucing, tapi di kotorannya. Maka dari itu, kalau kucing baru pup harus langsung dibersihkan karena bibit tokso itu nyebar dari kotorannya, bukan dari bulunya," jelas Elvinkan.

Yang terpenting, menurut Elvinkan, sebelum kita memelihara hewan, kita harus tahu dulu kebutuhannya. Salah satunya tentang kesehatannya.

Elvinkan pun menyarankan, sebaiknya dilakukan vaksin rutin terhadap hewan peliharaan. Selain itu, pemberian obat cacing dan memerhatikan kebersihan juga jadi poin penting.

"Kalau dari vaksinasi otomatis dia udah dilindungi, ada barrier-nya (pembatas). Jadi lebih aman untuk hidup bersama di rumah dengan manusia," papar Elvinkan.


"Yang pasti, vaksin, obat cacing, dan kebersihan, kalau itu udah terpenuhi, udah sih aman-aman aja hidupnya," tutupnya.

[Gambas:Video 20detik]

(yun)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi