sign up SIGN UP search


parenting

Anak Nggak Mau Makan Saat Bepergian? Bisa Jadi Ini Sebabnya, Bun

Radian Nyi Sukmasari Jumat, 21 Jul 2017 10:19 WIB
Waktu diajak bepergian, anak jadi nggak mau makan nih. Duh, kenapa ya? caption
Jakarta - Lagi ajak jalan-jalan si kecil, tapi pas tiba waktu makan, duh, dia nggak mau makan nih Bun. Kita pun dibuat pusing karenanya. Soalnya, kalau di rumah anak gampang banget makannya tapi pas diajak pergi kok dia jadi susah ya makannya. Kenapa sih?

Menanggapi hal ini Bun, psikolog anak dan remaja Ratih Zulhaqqi bilang kalau ada anak yang kayak gitu, bisa jadi karena perbedaan situasi nih. Misalkan, kalau dia makan di rumah, biasanya pas makan anak sambil nonton TV dan karena sudah kebiasaan, dia jadi nyaman.

Atau, bisa juga situasi area tempat makannya yang berbeda. Kalau di rumah, berhubung cuma ada bunda, ayah, dan si kakak, otomatis rumah nggak terlalu ramai ya Bun. Nah, karena udah terbiasa makan dengan situasi sepi, waktu diajak bepergian dan makan di restoran yang ramai misalnya, anak jadi nggak nyaman dan nggak selera makan.


"Atau, bisa juga karena dia biasa makan makanan rumah yang tastenya beda, pas dibeliin di restoran atau rumah makan, rasanya beda, dia nggak mau," kata Ratih waktu ngobrol sama HaiBunda.

Makanya, Ratih menyarankan kalau kayak gitu lebih baik Bunda bawa makanan dari rumah nih buat si kecil yang kebetulan cenderung susah banget makannya kalau diajak makan di luar. Selain itu, kita juga perlu memperhatikan apa yang kita kasih ke anak selama perjalanan lho Bun.

Ya, sering banget kan dalam perjalanan supaya anteng anak pun kita kasih susu atau camilan yang berlebihan. Akhirnya, anak pun kenyang padahal itu belum waktunya makan. Kalau Bunda bepergian ke daerah yang waktunya berbeda sama tempat tinggal kita, itu juga bisa memengaruhi metabolisme anak sehingga tubuhnya perlu adaptasi lagi untuk urusan makan.

"Kalau makan, itu tergantung siap apa nggak perutnya, bukan di gimana tempatnya sih. Atau bisa jadi lebih berpengaruh menu makanannya, taste-nya. Kalau menu dan rasanya serupa dengan yang biasa dimakan di rumah, biasanya anak mau-mau aja kok," tambah Ratih yang praktik di RaQQi Human Development and Learning Centre ini.

Nah, kalau Bunda punya masalah soal si kecil yang susah makan, yuk tanyakan ke pakarnya dalam Live Chat yang digelar HaiBunda dan detikForum bersama dr Sandra Rompas Darmawan SpA dari RS Mayapada Lebak Bulus pada Selasa, 25 Juli 2017 mendatang. Jangan ragu, Bun, yuk sampaikan pertanyaan Bunda di sini. (rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi