sign up SIGN UP search


parenting

Anak Sering Nggak Fokus? Mungkin Dia Kurang Minum, Bun

Nurvita Indarini Senin, 24 Jul 2017 15:54 WIB
Diminta ambil pisau, yang diambil sendok. Ada pelajaran matematika, tapi bukunya malah ketinggalan. Duh, kok nggak fokus, Nak? caption
Jakarta - Pernah mendapati anak kita nggak fokus, Bun? Misalnya ketika kita minta ambil pisau tapi yang dia ambil malah sendok. Di saat yang lain, dia ketinggalan buku matematika dan malah membawa buku bahasa Indonesia yang hari itu nggak ada jadwalnya?

Hmm, kalau anak nggok fokus, kita harus cari tahu nih, Bun, apa masalahnya. Keseringan nggak fokus tentunya bisa bikin kegiatan dia belajar terganggu dong. Nah, salah satu yang bisa bikin anak nggak fokus adalah saat dia kurang minum alias dehidrasi ringan.

"Dalam jangka pendek, kalau dehidrasi ringan berhubungan dengan daya konsentrasi anak. Akibatnya anak jadi kurang fokus. Pasti ini akan mengganggu kegiatan sekolah dan belajar," terang perwakilan Indonesian Hydration Working Group (IHWG), dr Budi Wiweko, SpOG.


Hal itu disampaikan pria yang akrab disapa dr Iko itu dalam konferensi pers 'bermain bersama karakter kemasan baru AQUA kegemaran anak' di Kidzania Pacific Place, Jl Jend Sudirman, Jakarta, Senin (24/7/2017).

Apa hubungannya sih kurang minum dengan fokus menurun? Ternyata kurangnya pasokan air bisa bikin asupan oksigen ke otak berkurang, Bun. Itu makanya kemampuan otak menurun, jadinya sulit konsentrasi deh.

"Dalam jangka panjang, dehidrasi bisa mempengaruhi metabolisme tubuh, sehingga 10 sampai 20 tahun kemudian bisa meningkatkan risiko penyakit seperti gagal ginjal kronis, darat tinggi, maupun kencing manis," sambung dr Iko. Duh, serem banget ya dampaknya.

Nggak cuma itu, Bun, ternyata nggak cuma lapar aja yang bisa bikin mudah emosi. Kehausan berlebihan juga bikin emosi gampang meledak. Dampak lainnya tubuh anak jadi lebih mudah lelah, tenggorokan kering dan tubuh anak juga lebih rentan terkena infeksi kandung kemih.

Ada lagi nih, Bun. Kadang badan anak teraba sumeng alias agak panas? Sebelum buru-buru dikasih obat penurun panas, coba beri dulu air minum yang cukup. Siapa tahu si kecil dehidrasi ringan. Soalnya kurang minum juga bisa meningkatkan suhu tubuh lho. (Nurvita Indarini)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi