parenting

Kulit Anak Memar, Boleh Nggak Sih Diolesi Minyak Telon?

Nurvita Indarini Kamis, 03 Aug 2017 19:24 WIB
Kulit Anak Memar, Boleh Nggak Sih Diolesi Minyak Telon?
Jakarta - Minyak telon sudah jadi bagian perlengkapan sehari-hari si kecil ya, Bun. Nah, ketika anak kita kejedot dan memar, boleh nggak sih diolesi minyak telon?

"Minyak telon yang terbuat dari campuran minyak kelapa, kayu putih dan anisi itu sifatnya hangat. Biasanya memang bisa mengurangi keluhan pada memar, meskipun tujuan utama minyak telon bukan buat itu ya," ujar General Manager Brand Portfolio Strategy & Innovation My Baby, Dahlia Yolanda, dalam temu media di Serendipity, Jl Suryo, Jakarta Selatan, Kamis (3/8/2017).

Nah, dengan kandungan minyak kelapa, kayu putih dan anisi, sebenarnya minyak telon lebih bermanfaat untuk mencegah perut kembung pada bayi. Sebab anisi atau adas diyakini bisa membantu mengurangi gas di perut.


Selain itu juga bisa memberi kehangatan saat anak mengalami batuk dan pilek lho. "Kalau (minyak telon) mau dicampur sama bawang merah untuk pijit anak, bisa juga. Lebih ke menambah hangat jadi bisa membantu bikin nyaman. Bukan mengobati lho ya," imbuh Dahlia. Tapi pastikan juga Bun, kulit si kecil tidak sensitif sehingga aman-aman saja jika dibaluri dengan bawang merah.

Oh iya, ada minyak telon yang menambahkan kandungan citronella dan lemon grass yang memberi manfaat perlindungan dari gigitan nyamuk. Jika kulit anak sudah digigit nyamuk, olesan minyak telon dengan kandungan citronella ini diyakini bisa mengurangi iritasi yang ditimbulkan nyamuk nakal, Bun.

Dahlia menambahkan, saat memilih minyak telon untuk bayi bisa menerapkan 3C. Apa itu? 3C adalah cek halal, cek manfaat dan cek kualitas.

"Halal karena bebas dari kandungan yang non-halal dan tidak bersinggungan dengan non-halal. Jadi bisa membuat ibu percaya diri dan menjaga buah hati sebaik-baiknya," tambah Dahlia.

Lalu boleh nggak sih digunakan setiap saat? Kata Dahlia, minyak telon yang terbuat dari bahan alam bisa digunakan setiap saat, sesuai kebutuhan, dengan aman. Tapi jika menggunakan bahan kimia harus lebih hati-hati karena bisa menimbulkan iritasi pada kulit bayi yang sensitif.

"Bahkan kalau misal kita oles minyak telon di tangan anak, dan nggak sengaja tangannya masuk mulut juga masih aman," sambungnya. (Nurvita Indarini)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi