parenting

5 Masker Rambut Alami untuk Rambut Anak, Mau Coba?

Asri Ediyati Sabtu, 05 Aug 2017 14:17 WIB
5 Masker Rambut Alami untuk Rambut Anak, Mau Coba?
Jakarta - Untuk menjaga kesehatan rambut, supaya nggak rontok, tebal dan berkilau, biasanya kita pakai masker rambut nih. Tapi jangan salah, nggak cuma orang dewasa, anak juga bisa dipakaikan masker rambut. Apalagi, Bunda bisa bikin masker rambut alami di rumah lho.

Seperti dirangkum HaiBunda, ini dia daftar masker rambut alami yang bisa Bunda bikin sendiri di rumah dengan bahan yang mudah didapat. Yuk disimak.

1. Masker Kuning Telur


Masker rambut alami buat anakMasker rambut alami buat anak Foto: Thinkstock
Kuning telur diperkaya protein sehingga bisa menguatkan akar rambut, Bun. Selain itu, ada juga kandungan vitamin A di kuning telur yang bisa membuat kulit kepala sehat, terus ada vitamin B yang berfungsi mensuplai oksigen untuk rambut.

Nggak cuma itu, di kuning telur ada juga vitamin D dan E, yang bisa memicu pertumbuhan rambut dan melancarkan peredaran darah. Caranya, campurkan kuning telur, minyak zaitun, dan sedikit madu. Lalu, oleskan bahan ini seperti memakai masker rambut.

2. Masker Lidah Buaya

Masker alami untuk rambut anakMasker alami untuk rambut anak Foto: Getty Images
Kalau bahan yang satu ini udah nggak asing lagi ya buat kita. Lidah buaya memang berkhasiat untuk menyuburkan rambut dengan kandungan asam amino plus vitamin dan mineral di dalamnya. Cara membuat masker rambut lidah buaya, Bunda tinggal menghaluskan bagian putih (daging) lidah buaya, terus saring dan oleskan di rambut si kecil setelah keramas.

Waktu lidah buaya dioles, kita bisa sambil memijat kepala anak, ya Bun. Diamkan beberapa menit, terus bilas pakai air bersih.

3. Minyak Kemiri

Masker rambut alami buat anakMasker rambut alami buat anak Foto: Citra Fitri Mardiana/detikFinance

Perubahan warna rambut menurut dokter spesialias anak di Atlanta, dr Jennifer Shu bisa disebabkan kekurangan pigmen rambut yaitu melanin, kekurangan vitamin B12, juga kelainan genetik. Nggak cuma itu, paparan sinar UV juga bisa bikin rambut berubah warna.

Kemiri ini, ampuh menebalkan dan menghitamkan rambut karena di kemiri terkandung asam linoleat dan linolenat yang merupakan jenis omega 3, dan keduanya mampu merangsang pertumbuhan rambut.

Untuk bikin minyak kemiri di rumah, Bunda bisa haluskan kemiri dan air, terus direbus. Tunggu sampai airnya udah mulai kering, di mana kemiri yang udah dihalusin tadi jadi kayak kerak. Nah, kalau udah kayak gitu, peras sehingga kita dapatkan minyaknya, Bun. Taraaa... jadilah masker rambut.

4. Masker Alpukat

Masker rambut alami untuk anakMasker rambut alami untuk anak Foto: iStock
Alpukat mengandung asam folat dan omega 3 yang baik untuk menjaga kelembapan rambut dan membuat rambut hitam serta berkilau. Kata Justina Elumeze, seorang personal trainer dari London, efek alpukat akan jauh lebih besar, ketika dipakaikan langsung ke rambut ketimbang kita memakannya. Nantinya, rambut akan lebih halus dan pastinya akan ternutrisi dengan baik.

Gimana cara bikinnya? Gampang banget, Bun. Haluskan alpukat terus campur sama minyak zaitun. Nah, pakaikan pasta ini di rambut anak yang sebelumnya udah dibasahi, lalu diamkan selama beberapa menit. Setelah itu, bilas rambut anak pakai air bersih.

5. Minyak Kelapa

Masker alami rambutMasker alami rambut Foto: thinkstock
Menurut pakar kesehatan Dr Joseph Mercola, rambut tipis juga kulit kepala kering bisa diatasi pakai minyak kelapa. Selain itu, kandungan vitamin E dan K yang banyak di minyak kelapa ampuh bikin akar rambut tetap sehat dan kuat.

Untuk membuat minyak kelapa di rumah, parut kelapa dan peras sampai jadi santan kental. Masukkan ke panci sambil disaring. Diamkan di suhu ruang semalaman sampai terpisah santan dan air.

Habis itu, ambil bagian atas yang mengeras atau coconut cream. Panaskan coconut cream sampai keluar minyaknya. Setelah itu, saring minyak dan taruh di wadah yang tertutup ya. Minyak kelapa untuk masker rambut sudah siap dipakai nih. (rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi