parenting

Kata Suami Ayudia Bing Slamet Soal 'Ritual' Menemani Anak Pup

Radian Nyi Sukmasari Senin, 18 Sep 2017 12:01 WIB
Kata Suami Ayudia Bing Slamet Soal 'Ritual' Menemani Anak Pup
Jakarta - Sudah sewajarnya kalau istri bagi-bagi tugas sama suami dalam masalah mengurus anak. Ini juga yang dilakukan pasangan suami istri Ayudia Bing Slamet dan Ditto. Saat sang anak, Sekala Bumi buang air besar (BAB) alias pup, Ditto nggak segan memberi semangat sang putra lho, Bun.

Dalam salah satu unggahan foto di Instagram Ayudia, @ayudiac, ada multipel foto yang menunjukkan bagaimana Ditto menemani Sekala yang sedang berjuang 'menuntaskan hajatnya'. Kata Ayudia, biasanya Ditto bakal ngomong 'Ayo Nak, nggak apa-apa lupain aja. Semangat ya sayang. Yuk Nak'.

Kalau kata Ditto, menemani Sekala yang lagi pup udah jadi ritual Bun buat dirinya. Bahkan, ketika bonding identik dengan menghabiskan waktu bersama sambil main atau ngobrol, buat Ditto memberi semangat putranya yang lagi pup juga bisa jadi ajang bonding dirinya dengan Sekala. Wah, unik banget ya ayah Ditto ini.


"Itu jadi bonding orang tua sama anak. Biasanya gue bakal bilang 'Udah Nak, sabar Nak'. Boleh dicoba lho ini. Seru, beneran," kata Ditto di sela-sela Peluncuran Buku #TemanTapiMenikah2 di Gramedia Matraman, Jakarta, Minggu (17/9/2017).

Baca juga: Cerita Ayudia Bing Slamet Soal Sosok sang Suami Setelah Menikah

Nah, menurut Ayudia, Ditto memang sering melakukan itu. Ini nggak lepas dari apa yang dipesankan bidan pas Ayudia melahirkan, Bun. Jadi, waktu itu si bidan berpesan kalau urusan memberi makan, menyusui, itu urusan ibu. Tapi, kalau urusan buang air besar atau buang air kecil, itu urusan ayah. Hi hi hi.

Intinya sih, kata Ditto seorang suami juga harus 'melek' dalam merawat anaknya. Dalam artian, suami nggak segan juga membantu istri mengasuh si kecil. Karena, Ayudia dan Ditto sepakat kalau pengasuhan anak merupakan tanggung jawab suami dan istri, bukan pihak istri saja.

Sama-sama mengasuh Sekala juga dilakukan Ayudia dan Ditto dengan membuat kesepakatan harus ada salah satu pihak yang menemani Sekala setiap hari. Jadi, kalau Ayudia lagi bekerja, Sekala bakal sama ayahnya, begitu juga sebaliknya. Apalagi, kebetulan mereka kerja bareng dengan menulis buku, membuat lagu, dan menghasilkan karya-karya lainnya.

"Pokoknya salah satu harus free biar Sekala ada yang nemenin. Kalau Ayu lagi kerja, ya gue bawa Sekala. Apalagi sekarang beda ya, bahkan pas kerja tapi ada anak tuh menyenangkan. Atau pas gue lagi kerja, Ayu nggak bisa nemenin terutama pagi, karena dia harus masak dan ngurus Sekala dulu. Tapi, kalau pas siang Ayu selalu nemenin gue," tutur Ditto.

Baca juga: Ayudia Bing Slamet dan Ditto Rilis Buku '#TemanTapiMenikah2'

(rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi